Cara Memperoleh Keselamatan Menurut Iman Kristen

Cara Diselamatkan dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Cara memperoleh keselamatan menurut Kristen. Tuhan Yesus turun ke bumi untuk menyelamatkan manusia dari dosa, kesalahan, dan kegelapan.

Dengan demikian manusia-manusia di muka bumi bisa menjalani kehidupan yang lebih baik. Mulai dari kehidupan di dunia sampai kehidupan setelah mati nantinya.

Tapi bagaimana cara memperoleh keselamatan itu sendiri? Bagaimana seseorang Kristen dianggap layak untuk memperoleh keselamatan dalam agama Kristen?

Dalam penyaliban, Tuhan Yesus pernah menyebut 7 perkataan Tuhan Yesus di kayu salib. Kata-kata yang dijelaskan tersebut tentunya bisa menjadi pedoman bagaimana cara memperoleh keselamatan menurut iman Kristen.

Cara Memperoleh Keselamatan Menurut Agama Kristen

Di bawah ini kami memiliki penjelasan lengkap tentang cara memperoleh keselamatan menurut agama Kristen. Anda dapat menyimak ulasan dan panduan lengkapnya berikut.

1. Kasih Karunia

“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah.”

Efesus 2:8

Keselamatan bukan hasil usaha manusia, melainkan merupakan karunia roh Kudus. Keselamatan menjadi pemberian Allah, tidak bisa diusahakan dan tidak bisa dicari, melainkan diberikan kepada yang percaya pada-Nya.

Umat Kristen yang tidak seharusnya susah payah berbuat baik dan tidak melanggar dosa untuk selamat, karena umat Kristen sudah selamat berkat kasih karunia dipilih Allah untuk diselamatkan. Peruatan baik yang tidak melanggar dosa dikerjakan sebagai ucapan terima kasih karena sudah diselamatkan.

2. Percaya Yesus

“Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

Yohanes 14:6

Keselamatan didapatkan dengan jalan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. Jelas disebutkan bahwa untuk mendapatkan keselamatan maka satu-satunya cara yaitu percaya Yesus.

3. Penyaliban

Penyaliban juga menjadi cikal bakal munculnya keselamatan itu sendiri, di situ Allah dalam rupa manusia mengorbankan dirinya di atas kayu salib. Makna dna peristiwa penting ini harus diingat oleh umat Allah, yakni peristiwa penyaliban Yesus yang merupakan akar dari keselamatan yang ditawarkan Allah pada umat-Nya.

4. Penebusan Dosa

Tuhan Yesus mati di kayu salib, tidak lain yaitu untuk menebus dosa, sehingga dengan jalan inilah maka umat Kristen diselamatkan serta memperoleh hidup kekal. Iman kepada Yesus yang sudah disalibkan sangat penting, ini menadi dasar umat Allah memperoleh keselamatan. Percaya penebusan dosa oleh Yesus berarti menerima keselamatan.

5. Pertobatan

“Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan, tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan kematian.”

2 Korintus 7:10

Cara mendapatkan keselamatan berikutnya ditandai dengan bertobat. Seperti yang sudah dijelaskan dalam ayat Alkitab tentang pertobatan, siapa yang memohon ampun maka dia sudha diselamatkan.

Jelas dinyatakan dalam ayat di atas, Allah menyebut pertobatan seseorang akan mmebawa pada keselamatan. Dengan bertobat, maka hati akan beriman kepada Kristus serta mempercayai penyaliban-Nya sebagai upaya penebusan dosa.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan dari kami mengenai cara memperoleh keselamatan menurut agama kristen. Mari kita terapkan cara-cara di atas sehingga bisa memperoleh keselamatan dari Tuhan.

Baca: