Larangan Menyembah Patung dalam Kristen

Dilarang Menyembah Berhala Menurut Kristen

Bersamakristus.org – Larangan menyembah patung dalam Kristen. Sudah jelas bahwa menyembah patung atau berhala dalam kepercayaan agama apapun pasti dilarang, tak terkecuali Kristen.

Penyembahan berhala menurut Kristen merupakan salah satu dosa besar yang harus dihindari. Karena dengan menyembah berhala, artinya seseorang mengakui ada yang memiliki kuasa mirip dengan Tuhan.

Jika kita melihat orang lain melakukan penyembahan kepada patung atau benda mati, kita wajib mengingatkan dia. Tujuannya agar dia segera bertobat dan kembali ke jalan yang lurus.

Bila dia masih bebal, ada baiknya kita juga menjelaskan larangan menyembah berhala menurut agama Kristen. Seperti yang sudah kami rangkum pada penjelasan di bawah ini.

Larangan Menyembah Patung dalam Agama Kristen

Langsung saja tanpa basa basi lagi, mari kita simak pembahasan tentang larangan melakukan penyembahan patung menurut agama Kristen. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Menyembah Patung adalah Dosa

“Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, jauhilah penyembahan berhala!”

1 Korintus 10:14

Jelas dikatakan bahwa murid Yesus membawa amanah dari Allah agar pengikut Tuhan tidak melakukan penyembahan patung berhala yang berujung pada dosa.

2. Larangan pada Israel

“Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.”

Keluaran 20:4

Allah memberi larangan kepada orang Israel untuk menjauhi kegiatan membuat berhala. Karena Allah memandang hal tersebut sebagai kekejian dan hal ini menjadi salah satu bentuk menyembahan kepada iblis.

3. Larangan Membuat Patung

”Janganlah kamu membuat berhala bagimu, dan patung atau tugu berhala.”

Imamat 26:1a

Pada ayat ini Allah menekankan larangan membuat patung yang merupakan berhala. Karena itu, maka kita sebaiknya menghindarinya.

4. Mengutuk Pembuat Berhala

“Terkutuklah orang yang membuat patung pahatan atau patung tuangan, suatu kekejian bagi TUHAN, buatan tangan seorang tukang, dan yang mendirikannya dengan tersembunyi. Dan seluruh bangsa itu haruslah menjawab: Amin!”

Ulangan 27:15

Allah mengutuk semua orang yang membuat dan menyembah patung berhala. Allah tidak akan menurunkan berkat-Nya dan membuat susah kehidupan mereka. Sebab itu tidak ada buah-buah roh kudus dalam hidup mereka.

5. Doa Membawa Maut

“Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.”

Roma 6:23

Orang yang membuat patung kemudian menyembahnya maka dia sudah melakukan dosa yang membawa kepada maut. Sebaiknya hindari perbuatan itu dan jangan pernah membuat patung apapun untuk disembah karena Tuhan tidak menyukainya.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan dari kami mengenai larangan menyembah patung dalam agama kristen. Semoga bisa menjadi penambah wawasan kita agar tidak mudah terjerumus ke dalam dosa berhala.

Baca: