Perbedaan Keuskupan dengan Keuskupan Agung

Bedanya Keuskupan Biasa dan Agung dalam Kristen

Bersamakristus.org – Perbedaan keuskupan dengan keuskupan agung. Umat Katolik tentu sudah tidak asing dengan keuskupan atau dioses. Keuskupan adalah wilayah gerejawi yang diatur oleh seorang uskup.

Namun kadang orang tidak hanya mengucapkan keuskupan saja melainkan juga ada yang agung. Mungkin banyak orang Kristen yang sudah paham tentang perbedaan keduanya tapi tidak demikian dengan orang awam.

Sebenarnya kkduanya memiliki pengertian yang berbeda. Mulai dari artinya, definisi, hingga gambaran umumnya. Bagi yang tidak mengetahui bedanya, pasti akan menganggap keduanya sama.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin membagikan artikel yang menjelaskan tentang perbedaan keuskupan biasa dan agung dalam agama Katolik. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

Perbedaan Keuskupan dan Keuskupan Agung Menurut Katolik

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak penjelasan lengkap mengenai perbedaan antara yang biasa dan yang agung. Simak pembahasannya di bawah berikut ini.

1. Pengertian

Secara umum, keuskupan adalah istilah dalam gereja Katolik untuk menyatakan wilayah administratif tertentu. Agar lebih mudah dipahami, Anda bisa membayangkan bahwa keuskupan seperti daerah kabupaten, kota, atau negara. Namun di sini yang menjadi rakyatnya adalah umat Katolik dan pengatur wilayahnya adalah uskup.

Sedangkan dalam Gereja Katolik Roma, umumnya ada persatuan keuskupan yang daerahnya berdekatan menjadi satu wilayah dalam provinsi gerejani. Inilah yang dinamakan dengan keuskupan agung, pemimpinnya dikenal dengan uskup agung.

Di Indonesia, contohnya ada di Jakarta yang merupakan pemersatu keuskupan Bogor dan Bandung.

2. Gambaran Umum

Hukum Gereja Katolik menjelaskan fungsi keuskupan adalah mempersatukan atau mengelompokkan umat Katolik dalam suatu daerah yang ada pada batas-batas wilayah tertentu. Uskup bertugas mengatur keuskupan dan berperan sebagai wakil Tuhan Yesus dalam menjadi guru iman dan memberikan pengajaran.

Uskup juga bertugas sebagai imam dalam ibadat dan pelayanan dalam kepemimpinan. Keuskupan juga sering dikenal dengan nama gereja partikular. Sebab, keuskupan memiliki hubungan dengan gereja semesta. Maksud gereja semesta adalah gereja secara keseluruhan yang dipimpin oleh Paus.

Paus ini menjadi satu-satunya pihak yang berwenang mendirikan suatu keuskupan berdasarkan saran, pendapat, dan alasan yang diajukan oleh para uskup daerah. Umumnya, keskupan akan dibagi menjadi wilayah yang lebih kecil dan dikenal dengan paroki. Uskup akan bekerja sama dengan pastor paroki untuk menjadi pemersatu, imam dalam ibadat di gereja, pelayan dalam kepemimpinan, dan memberikan ajaran karakter Kristus.

Sedangkan dalam keuskupan agung, memiliki peran mempersatukan keuskupan yang wilayahnya berdekatan. Dengan demikian kedudukannya menjadi lebih spesial dan dipandang memiliki keduudkan lebih tinggi dari yang lainnya.

Hubungan di antara keduanya dinamakan keuskupan sufragan. Hubungan ini membentu suatu gugus atau kelompok dan berperan me njadi penggembalaan umat berdasarkan budayanya dan ini memiliki kedudukan yang sama.

Hubungan keduanya tidak saling membawahi, bahkan bisa dibilag ini memiliki hubungan mitra dalam menjalin kerja sama untuk menggembalakan umat yang cakupannya lebih luas.

Akhir Kata

Sekian pembahasan lengkap dari kami mengenai perbedaan keuskupan dan keuskupan agung. Semoga bisa membantu Anda untuk membedakan antara kedua jenis keuskupan tersebut.

Baca: