Orang Kristen Harus Mengucap Syukur

Umat Kristiani Perlu Mengucapkan Syukur

Bersamakristus.org – Orang Kristen harus mengucap syukur. Pengucapan syukur dilakukan sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih atas berkat dan penyertaan yang diberikan Tuhan.

Berkat tersebut diberikan kepada setiap umat manusia, tanpa terkecuali. Misalnya nafas, bangun di pagi hari, tubuh yang sehat, sarapan, dan semuanya itu merupakan berkat dari-Nya.

Umat Kristiani juga mengucapkan syukur dengan doa ucapan syukur Kristen. Tidak hanya pada saat ibadah saja, doa itu juga harusnya diucapkan dalam berbagai kesempatan ketika kita diberi berkat.

Namun alasan orang Kristen mengucap syukur bukan cuma karena sudah diberi berkat oleh Tuhan saja. Melainkan ada banyak hal penting lainnya yang membuat kita perlu mengucapkan terima kasih.

Alasan Orang Kristen Harus Mengucap Syukur

Berikut ada beberapa alasan orang Kristen dan Katolik harus mengucap syukur. Rangkuman serta penjelasannya bisa dilihat pada pembahasan dari berbagai sumber di bawah ini.

1. Keselamatan Kekal

”Akan tetapi kami harus selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara, yang dikasihi Tuhan, sebab Allah dari mulanya telah memilih kamu untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai.”

2 Tesalonika 2:13

Anugerah terbesar yang diberikan kepada umat Kristiani adalah keselamatan lewat penyaliban Yesus, menebus dosa asal manusia. Maka seharusnya umat Kristiani bersyukur atas karunia yang begitu besar ini.

Setiap orang dalam kitab kehidupan dan memperoleh keselamatan kekal hendaknya bersyukur karena sudah dilepaskan dari ancaman maut dan memperoleh hidup kekal bersama Allah. Maka, senantiasalah bersyukur kepada Allah dengan perbuatan dan tindakan.

2. Pemeliharaan Allah

”Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?”

Matius 6:26

Alasan lain yang dilakukan adalah menegnai pemeliharaan Allah yang sempurna dalam hidup orang percaya. Seperti yang dinyatakan pada ayat di atas, maka dari itu jangan pernah khawatir akan ditinggalkan oleh Allah

Dengan bersyukur, umat Kristen sudah menyenangkan hati Allah dan Allah pun akan memberikan penyertaan maksimal kepada mereka. Bersyukur menjadi hal yang paling baik untuk dilakukan sebagai tanda rasa terima kasih kepada Allah.

3. Firman Allah

“Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.”

1 Tesalonika 5:18

Dalam firman Alkitab, Allah juga menginginkan semua umat Kristiani supaya tidak lupa mengucap syukur. Maka dari itu hendaknya hidup umat percaya selalu penuh ucapan syukur kepada Allah atas semua anugerah yang telah dilimpahkan.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai alasan orang kristen mengucap syukur. Mudah-mudahan kita memahaminya dan terus mengucapkan syukur sepanjang hari kepada Tuhan.

Baca: