Cara Bertobat Orang Kristen

Cara Memohon Ampun Umat Kristiani

Bersamakristus.org – Cara bertobat orang Kristen. Dalam agama Kristen dan Katolik, kita mengenal istilah tobat, yaitu cara yang dilakukan untuk memohon ampun atas dosa yang dilakukan.

Tobat biasanya dikerjakan dengan memanjatkan doa pengakuan dosa Kristen. Dengan mengakui dan berjanji tak mengulangi dosa, kita bisa dimaafkan dan mendapat berkat lagi dari Tuhan.

Tapi sebenarnya cara bertobat orang Kristen tidak hanya melalui doa saja, melainkan juga berbagai hal lainnya. Mungkin ini tidak disadari, namun mestinya dilakukan oleh umat Kristen.

Di bawah ini akan kami jelaskan beberapa cara bertobat orang agama Kristen yang benar. Langsung saja simak pembahasan lengkapnya pada uraian dan ulasan berikut ini.

Cara Bertobat Orang Agama Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja kita simak pembahasan lengkap tentang cara bertobat orang Kristen. Ini dia ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengakui Dosa

Cara bertobat orang Kristen pertama adalah mengakui dosa yang dusdah diperbuat. Dengan demikian Tuhan akan mengampuni dosa kita karena kita sudah mengakui dan takut mengulanginya kembali.

“Aku berkata: `Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku,’ dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku.” Sebab itu, engkau juga patut mengakui dosa-dosamu sendiri”

2. Singkirkan Emosi

Singkirkanlah perasaan marah, emosi, dan dendam yang ada dalam hati kita. Sebab hanya dengan itu maka dosa yang sudah kita perbuat juga akan diampunni Allah, jika Anda mengampuni kesalahan orang lain, Bapa juga akan mengampuni kesalahan Anda.

🔥 Trending:   Rabu Abu

3. Tinggalkan Cara Hidup Lama

Dalam pertobatan, kita harus meninggalkancara hidup lama yang penuh dosa. Caranya dengan kembali kepada Tuhan sambil terus menjalani kehidupan yang baru, hal ini juga biasa dilakukan orang yang baru berhasil melewati cobaan hidup.

4. Ubah Perilaku

Hal penting lainnya dalam mengakui dosa adalah mengubah perilaku tidak baik yang sudah dilakukan sehingga menyebabkan dosa tersebut. HAl itu memang terasa sulit untuk dilakukan, namun harus dan wajib dikerjakan sehingga Anda bisa bersungguh-sungguh bertobat.

5. Perbaiki Masalah

Perbaikilah juga masalah yang ditimbulkan akibat perbuatan dosa kita. Contohnya jika dosa kita adalah berbohong maka segeralah mengatakan kebenarannya kepada yang bersangkutan, lakukan segala cara yang bisa Anda kerjakan sehingga dapat membuat hati Tuhan kembali senang.

6. Ambil Hikmah

Cara bertobat orang Kristen berikutnya, ingat bahwa semua perbuatan ada aspek yang bisa kita pelajari. Buatlah kesalahan tersebut menjadi bermakna sehingga akan membantu Anda supaya terhindar dari dosa lainnya.

7. Hidup pada Jalan Menyenangkan Tuhan

Bertobat juga dapat dilakukan dengan memulai hidup di jalan yang menyenangkan hati Tuhan, menjauhi segala larangan Tuhan. Bertobat tak hanya mengartikan kita mengakui kesalahan, namun juga memulai hidup baru yang lebih positif.

8. Bergabung dengan Komunitas Gereja

Cara lainnya adalah bergabung dan berperan aktif dalam komunitas gereja. Coba lakukan pelayanan secara rutin dan bicara dengan para jemaat tentang jalan kebenaran yang sudah diberikan Tuhan.

🔥 Trending:   Perbedaan Talenta dan Karunia Roh

9. Baca Alkitab

Mulailah membaca Alkitab supaya bisa memperoleh cahaya penerangan dan jalan terbaik yang sudah Tuhan berikan. Dengan rajin membaca Alkitab, bias menjadi pengingat dan penguat supaya tidak jatuh kembali ke dalam dosa, serta melakukan pertobatan itu dengan sebaik-baiknya.

10. Mengaku Dosa

Dalam Katolik, dan juga agama lainnya, sebelum kita mengakui kesalahan maka dosa tersebut tidak akan diampuni. Sakramen pertobatan akan memberikan pengampunan dengan cara mengakui semua kesalahan dan dosa yang sudah diperbuat kepada Tuhan melalui perantara pastur.

11. Berdoa

Bertobat juga tak lepas dari doa, memperbanyak doa sangat baik dalam pertobatan sebagai bukti bahwa kita mau bertobat. Lebih sering berdoa akan membuat kita mendalami apa yang sudah Tuhan perintahkan untuk kita jalani.

12. Ubah Lingkungan

Bila perbuatan dosa dan kesalahan dilakukan karena pengaruh lingkungan, ubahlah lingkungan itu supaya Anda tidak melakukannya kembali. Ini juga menjadi cara bertobat dalam agama Kristen, yaitu membantu sesama yang jatuh ke dalam dosa seperti kita.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami mengenai cara bertobat orang agama kristen. Mari segerakan bertobat jika sadar telah melakukan kesalahan, sehingga kita tak semakin jauh dari Tuhan.

Baca: