Ayat Alkitab Tentang Adat Istiadat

Ayat Firman Tuhan Mengenai Adat Istiadat

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab tentang adat istiadat. Indonesia merupakan negara yang kaya akan adat istiadat dan kebudayaan, bahkan di satu daerah mungkin bisa memiliki lebih dari satu adat.

Masalah yang mungkin membingungkan orang Kristen adalah bagaimana jika adat tersebut ternyata bertentangan dengan iman atau kepercayaan kepada Tuhan Yesus?

Sebenarnya hal ini sudah cukup sering dibahas dalam sikap Kristen terhadap kebudayaan. Hal penting yang harus dipahami yaitu kita perlu mengutamakan agama lebih dari apapun.

Di bawah ini juga terdapat beberapa ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang adat istiadat. Mungkin dapat menambah pengetahuan kita mengenai bagaimana cara menyikapinya.

Ayat Emas Alkitab Tentang Adat Istiadat

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja kita simak pembahasan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang adat istiadat. Berikut ulasan dan rangkumannya dari berbagai sumber.

“Lalu kata Rahel kepada ayahnya: “Janganlah bapa marah, karena aku tidak dapat bangun berdiri di depanmu, sebab aku sedang haid.” Dan Laban mencari dengan teliti, tetapi ia tidak menemui terafim itu.”

Kejadian 31:35

“Setelah lewat kedua bulan itu, kembalilah ia kepada ayahnya, dan ayahnya melakukan kepadanya apa yang telah dinazarkannya itu; jadi gadis itu tidak pernah kenal laki-laki. Dan telah menjadi adat di Israel,”

Hakim – hakim 11:39

“ataupun batas hak para imam terhadap bangsa itu. Setiap kali seseorang mempersembahkan korban sembelihan, sementara daging itu dimasak, datanglah bujang imam membawa garpu bergigi tiga di tangannya”

1 Samuel 2:13

“Mereka juga mengadakan hari raya Pondok Daun, sesuai dengan yang ada tertulis, dan mempersembahkan korban bakaran hari demi hari menurut jumlah yang sesuai dengan peraturan, yakni setiap hari menurut yang ditetapkan untuk hari itu. “

Ezra 3:4

“Kiranya raja maklum, bahwa jikalau kota itu sudah dibangun dan tembok-temboknya sudah selesai, orang tidak lagi membayar pajak, upeti atau bea, sehingga kota itu akhirnya mendatangkan kerugian kepada raja-raja.”

Ezra 4:13

“Lagipula kami beritahukan kepadamu, bahwa tidaklah sah bila para imam, orang Lewi, penyanyi, penunggu pintu gerbang, budak di bait Allah dan para hamba rumah Allah dikenakan pajak, upeti atau bea.”

Ezra 7:24

“Lalu aku mengambil surat pembelian yang berisi syarat dan ketetapan itu, baik yang dimeteraikan maupun salinannya yang terbuka;”

Yeremia 32:11

“Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia.”

Matius 9: 9

“Jawabnya: “Memang membayar.” Dan ketika Petrus masuk rumah, Yesus mendahuluinya dengan pertanyaan: “Apakah pendapatmu, Simon? Dari siapakah raja-raja dunia ini memungut bea dan pajak? Dari rakyatnya atau dari orang asing?”

Matius 17:25

“Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: “Ikutlah Aku!” Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia.”

Markus 2:14

“Sebab ketika diundi, sebagaimana lazimnya, untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Suci dan membakar ukupan di situ.”

Lukas 1:9

“Ia datang ke Bait Allah oleh Roh Kudus. Ketika Yesus, Anak itu, dibawa masuk oleh orang tua-Nya untuk melakukan kepada-Nya apa yang ditentukan hukum Taurat,”

Lukas 2:27

“Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.

Lukas 2:42

“Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.”

Lukas 4:16

“Kemudian, ketika Yesus pergi ke luar, Ia melihat seorang pemungut cukai, yang bernama Lewi, sedang duduk di rumah cukai. Yesus berkata kepadanya: “Ikutlah Aku!”

Lukas 5:27

“Tetapi pada kamu ada kebiasaan, bahwa pada Paskah aku membebaskan seorang bagimu. Maukah kamu, supaya aku membebaskan raja orang Yahudi bagimu?”

Yohanes 18:39

“Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.”

Roma 13: 7

“Tetapi jika ada orang yang mau membantah, kami maupun Jemaat-jemaat Allah tidak mempunyai kebiasaan yang demikian.”

1 Korintus 11:16

Kumpulan Ayat Emas Alkitab Lainnya

Berikut ini kami juga memiliki beberapa kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang hal lainnya yang memotivasi dan menginspirasi. Anda bisa memyimaknya pada artikel-artikel ini.

Kesimpulan

Mungkin itu saja pembahasan dari kami mengenai ayat emas alkitab tentang adat istiadat. Mari amalkan dan renungkan ayat-ayat di atas agar kita bisa menyikapi adat istiadat dengan lebih baik.

Baca: