Cara Memelihara Iman Kristen

Tips Pelihara Iman bagi Umat Kristiani

Bersamakristus.org – Cara memelihara iman Kristen. Iman dalam agama Kristen Protestan atau Katolik artinya percaya akan Tuhan Yesus Kristus, Roh Kudus, dan Allah sebagai Bapa di surga.

Iman tumbuh karena kita meyakini bahwa mereka tidak hanya ada, melainkan terlibat dalam segala aspek kehidupan kita. Kepercayaan juga tidak akan muncul bila kita tidak mendekatkan diri dengan mereka.

Oleh karena itu salah satu cara memelihara iman dalam agama Kristen adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Salah satunya dengan memperbanyak pajatan doa Kristen.

Tapi tidak hanya itu saja, melainkan ada banyak cara memelihara iman dalam agama Kristen lainnya. Untuk mengetahuinya, kami memiliki pembahasan khusus di bawah ini.

Tata Cara Memelihara Iman Menurut Agama Kristen

Silahkan langsung saja simak pembahasan di bawah ini emngenai tata cara memelihara iman menurut agama Kristen secara lengkap. Dirangkum dari berbagai sumber literasi.

1. Membaca Firman

Pertama-tama tentunya untuk bisa memahami bagaimana iman yang benar di dalam Tuhan yaitu dengan rajin membaca firman Tuhan. Dengan membaca Alkitab maka kita bisa dibukakan tentang iman akan kesleamatan serta kasih karunia yang sudah Tuhan berikan.

Ini menjadi dasar kepercayaan umat Kristen, yakni bahwa Tuhan sudah mati di kayu salib untuk mengampuni dan menebus dosa manusia. Sehigga manusia bisa memperoleh kerajaan Allah yang sudah dijanjikan sejak awal kehidupan.

2. Doa puasa

Setiap orang beriman juga sebaiknya ambil waktu untuk berdoa dan berpuasa. Sebab dengan demikian maka Tuhan akan memberikan penyertaan sepenuhnya serta membantu memelihara iman kepada Allah.

Dengan berpuasa umat Kristen akan lebih dekat dengan Allah serta bisa memahami makna iman yang dipercaya dengan lebih baik. Iman dalam hati pun akan terpelihara maksimal serta bisa terus meningkat seiring berjalannya waktu.

3. Bersekutu

Sebaiknya kita juga selalu menyempatkan bersekutu dengan Allah. Caranya yaitu dengan beribadah datang ke gereja setiap minggunya. Usahakan datang berkumpul dengan teman-teman seiman.

Hal tersebut akan membantu supaya lebih menguatkan iman kita serta tidak terpengaruh oleh hal lain yang duniawi atau godaan iblis. Bersekutu dengan Allah juga akan membuat kita lebih dekat dengan-Nya, dan selalu mempunyai iman yang jauh lebih baik di kemudian hari.

4. Menjauhi Kejahatan

Cara memelihara iman Kristen berikutnya yaitu menjauhi dosa dna kejahatan. Kita harus selalu meminta bantuan Roh Kudus untuk bisa melalui berbagai pencobaan yang sulit kita lewati sendiri.

Dengan mendapat kekuatan tersebut kita akan memiliki iman yang teguh terhadap Allah. Dengan tuntunan Roh Kudus, maka hati umat Kristen bisa semakin didekatkan kepada Allah.

5. Saat Teduh

Terakhir kita harus selalu memiliki waktu untuk komunikasi kepada tuhan lewat saat teduh. Caranya dengan mengambil waktu dan meluangkan sejenak supaya kita bisa memiliki kualitas hubungan pribadi yang lebih baik dengan Tuhan.

Melalui cara saat teduh pula iman kita sebagai orang Kristen akan semakin dikuatkan dan selalu diperbaharui. Selain itu juga akan membantu untuk melawan hawa nafsu ataupun kuasa roh kegelapan.

Akhir Kata

Cukup hingga saat ini dulu penjelasan dari kami mengenai tata cara memelihara iman kristen. Dengan adanya renungan ini, semoga kita bisa semakin baik dalam memelihara iman kepada Tuhan maupun Bapa.

Baca: