Peran Nilai Nilai Kristiani

Kedudukan Nilai-nilai Kristen dalam Kehidupan

Bersamakristus.org – Peran nilai nilai Kristiani. Ada banyak sekali nilai-nilai yang diajarkan di dalam agama Kristen, tentu saja nilai tersebut merupakan perbuatan dan makna yang baik bagi kehidupan

Mulai dari kehidupan pribadi, bersama keluarga, teman, kehidupan berumah tangga, dan lain sebagainya. Peran atau manfaat nilai-nilai dalam agama Kristen tersebut dapat membuat hidup kita menjadi lebih baik.

Dan di dalam kehidupan ini kita harus selalu menyertakan nilai-nilai Kristiani terutama yang berkaitan dengan Alkitab. Pasalnya Alkitab merupakan petunjuk agar kita dapat menjalani kehidupan yang baik.

Bila tidak menyertakan nilai-nilai ajaran Kristen dalam Injil, bukan tidak mungkin kita terjerumus di dalam roh jahat. Kehidupan kita pun menjadi semakin buruk dan bisa saja tidak selamat.

Di sini, kami ingin mengulas tentang peran nilai nilai Kristiani dalam kehidupan agama Kristen di masa modern atau masa kini. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan berikut.

Peran Nilai Nilai Kristiani dalam Kehidupan Masa Kini

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap tentnag peran nilai Kristiani dalam kehidupan di masa kini. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kasih

Peran nilai Kristiani yang pertama adlah buah roh, ini juga menjadi hukum utama dalam Alkitab (1 Korintus 13:13, Matius 22:37-39). Alkitab menyarankan kita untuk mengasihi Tuhan bersama segenap hati, jiwa, dan akal budi serta mengasihi orang lain seperti diri sendiri. Mengasihi seseorang bermakna menekankan orang tersebut. Sudahkah Anda lebih menekankan Tuhan dan orang lain dibandingkan diri sendiri?

2. Sukacita

Dalam kondisi tidak mungkin kita harus bergembira, inilah yang dinamakan sukacita. (Habakuk 3:17-19). Kata sukacita didalam bahasa aslinya adalah chara yang bermakna sukacita yang berasal berasal dari dalam, bukan terpengaruh oleh kondisi dan kondisi. Sukacita inilah yang perlu menjadi pegangan bagi kita didalam merintis hari. Di setiap situasi, baik itu menggembirakan atau tidak, belajarlah untuk bersukacita.

3. Damai Sejahtera

Pada dasarnya kita tinggal di zaman penuh peluang, namun juga kekhawatiran. Harga bahan pangan yang tetap naik, kriminalitas, dan kesulitan hidup lainnya tidak mampu dipungkiri mempengaruhi hati kita untuk menjadi kuatir.

Cara kita melihat seluruh masalah akan menentukan damai sejahtera dalam hidup. Melihat yang benar bakal sebabkan kita berpikir secara benar lantas bakal sebabkan kita yakin bakal kebenaran. Inilah iman yang bakal membangkitkan damai sejahtera.

4. Kesabaran

Pada kehidupan masa kini segalanya berubah begitu cepat, namun firman Tuhan menyuruh kita untuk memiliki kesabaran. Sabar bukan bermakna lamban, kompromi, bahkan menyerah, tapi tenang, tidak terburu-buru dan tahan hadapi segala sesuatu.

Misalnya, maukah kita bersabar untuk tidak melakukan hubungan badan sebelum menikah, terutama bagi anak muda? Sebagai pekerja, maukah kita belajar bersabar hadapi bos yang kerap memperlakukan kita secara semena-mena?

Dengan segala akses di dunia modern yang ada, kita mampu saja melakukan hal-hal instan seperti orang-orang lain, tapi dikala kita berkomitmen untuk bersabar, maka bakal ada hadiah besar untuk kesabaran kita di era yang bakal datang.

5. Kemurahan

Masyarakat modern memiliki penyakit umum yakni cuek, fenomena ini sangat terlihat ketika kita naik kendaraan umum di perkotaan. Kebanyakan orang bakal cuek kalau lihat ibu hamil, orang tua, ataupun orang cacat yang tidak kebagian tempat duduk.

Bagaimana kalau kita lihat perihal tersebut? Disinilah Tuhan mengajarkan kita sebagai orang Kristen untuk bermurah hati bersama tidak membeda-bedakan dan juga tidak menunda kebaikan itu.

6. Kebaikan

Kebaikan datang dari keikhlasan, juga menjadi hal yang sangat jarang dimiliki oleh orang-orang pada masa sekarang. Bahkan, keliru satu normalitas tidak baik umat Kristen adalah cuma berbuat baik pada orang-orang seagama saja.

Namun, bukan seperti itu kebaikan yang Tuhan ajarkan. Tuhan mengajarkan kebaikan tanpa pamrih yang mampu sebabkan orang lain merasakan kasih Allah.

7. Kesetiaan

Amsal 20:6 Banyak orang menyebut diri baik hati, tapi orang yang setia, siapakah menemukannya? Begitu langkanya orang yang setia sehingga Alkitab mencatat perihal ini, tidak kalau juga di dunia modern. Perceraian, perselingkuhan, dan pengkhianatan telah benar-benar kerap kita dengar pemberitaannya melalui media.

Di sini lah kita sebagai orang Kristen perlu menunjukkan perbedaan selanjutnya gara-gara nilai kristiani ada didalam diri kita. Tunjukkan bersama teladan untuk tidak bercerai, bahkan ketahui juga apa itu poligami menurut Alkitab.

8. Kelemahlembutan

Sikap dan perbuatan kita harus menunjukkan kesejukan serta kedamaian di hati orang lain, inilah yang dinamakan dengan kelemahlembutan. Saat kita belajar untuk mempunyai kelemahlembutan, maka kita sedang belajar menjadi seseorang yang kuat.

9. Penguasaan Diri

Hidup kita jelas akan hancur bila kita tidak bisa menguasai diri sendiri. Nilai ini yang perlu kita tanamkan dan praktekkan didalam seluruh tempat hidup.

Mungkin kita akan berpikir benar-benar mustahil untuk memiliki seluruh nilai kristiani. Terkadang bahkan kita menjadi bahwa nilai-nilai selanjutnya membatasi kebebasan hidup kita. Untuk apa perlu mempunyai nilai-nilai tersebut? Jawabannya ada pada ayat selanjutnya ini.

5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging. 5:17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging karena keduanya bertentangan sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki. 5:18 Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.

Galatia 5:16-18

Pada zaman ini memang benar kita diberi kebebasan. Namun, satu perihal yang perlu kita tanamkan didalam hati, bahwa kebebasan selanjutnya perlu dimotivasi oleh Tuhan. Di situlah kita bakal secara otomatis memilih untuk melakukan nilai kristiani selanjutnya didalam kehidupan yang menjadi ukuran perkembangan rohani kita.

Akhir Kata

Mungkin cukup sampai di sini pembahasan mengenai peran nilai nilai kristiani dalam kehidupan. Semoga hal tersebut dapat menjadi renungan dan wawasan tentang rohani Kristen agar kita bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik lagi.

Baca: