Tanggung Jawab Jemaat Terhadap Gereja

Kewajiban Umat Kristen kepada Gereja

Bersamakristus.org – Tanggung jawab jemaat terhadap gereja. Setiap umat Kristen memiliki gereja tersendiri yang biasa dipakai untuk keperluan ibadah dan penyembahan.

Tapi bukan hanya ibadah saja yang bisa kita lakukan untuk mendekatkan diri dan semakin serupa dengan Tuhan. Ada banyak tanggung jawab lainnya yang perlu kita laksanakan juga.

Kewajiban jemaat Kristen atau Katolik terhadap gereja ini bersifat mutlak. Artinya bila Anda mengaku sebagai orang Kristen, tentunya hal ini perlu dituruti ataupun dilakukan.

Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda apa saja tanggung jawab yang perlu dilakukan jemaat umat Kristen terhadap gereja. Silahkan langsung simak pembahasannya di bawah ini.

Tanggung Jawab Jemaat Kristen Terhadap Gereja

Langsung saja ini dia informasi lengkap mengenai tanggung jawab umat Kristen terhadap gereja. Anda bisa menyimak rangkuman dari berbagai sumber di bawah berikut ini.

1. Memberikan Diri untuk Dipabtis

Baptisan adalah tanda pertobatan seseorang, juga menjadi pernyataan iman dan penerimaan Yesus sebagai juru selamat. Selain itu, baptis juga menyatakan kesediaan bergabung menjadi anggota jemaat gereja, baptis yang bisa dilakukan yaitu baptis selam dan baptis percik.

2. Aktif Bersekutu

Persekutuan menjadi upaya penting untuk memelihara gereja. Jemaat bertanggung jawab secara rutin menghadiri kebaktian gereja. Persekutuan di sini bukan hanya mengenai kebaktian, melainkan juga melakukan kunjungan, berdoa, pengajaran firman Allah, dan saling menasehati.

3. Menaati Firman Tuhan

Tanggung jawab jemat terhadap gereja berikutnya yaitu menaati firman Tuhan. Percuma saja jika kita rajin datang ke kebaktian, melakukan doa, menyanyikan lagu rohani gereja, atau pengajaran Alkitab, namun tidak menaatif irman Tuhan.

4. Menghormati Firman Tuhan

Melayani Tuhan, termasuk bersaksi mengenai Tuhan Yesus sang juruselamat juga perlu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab. Selain itu juga perlu memajukan gereja, melakukan pekerjaan Tuhan, serta menaruh kepercayaan terhadap gembala gereja serta mengikuti Firman Tuhan yang diajarkan di Alkitab.

5. Memajukan Gereja

Tanggung jawab lainnya yang perlu dilakukan adalah turut memajukan gereja. Caranya bisa dilakukan dengan mencoba mengajak orang lain ke gereja. Serta memberikan persembahan dan persepuluhan yang menjadi milik Tuhan.

6. Rela Berkorban

Sebagai jemaat gereja, baik Protestan dan Katolik, kita juga harus rela berkorban, artinya, kita menjadi anggota gereja yang setia dan rela berkorban demi kemuliaan Allah.

7. Melakukan Pengawasan Gereja

Caranya dengan menegor dan menasehati sesama anggota gereja jika mereka bersalah. Menyambut kembali ketika mereka sadar akan kesalahannya dan bertobat. Melakukan pengawasan terkait kesalahan, seperti ajaran sesat, dosa terbuka, dan lainnya.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan dari kami mengenai tanggung jawab jemaat kepada gereja. Semoga kita bisa melaksanakan tanggung jawab tersebut dengan baik, ikhlas, dan penuh sukacita.

Baca: