Tokoh Kristen yang Memperjuangkan Kebenaran

Tokoh Kristiani yang Perjuangkan Kebenaran

Bersamakristus.org – Tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran. Di dalam Alkitab ada banyak sekali kisah tentang tokoh Alkitab, ada yang baik ada pula yang bersifat jahat.

Selain di Alkitab, di masa sekarang juga banyak tokoh-tokoh Kristen yang terkenal. Terutama karena mereka berjuang di jalan yang benar seperti memperjuangkan kebenaran.

Tentu saja itu adalah contoh sikap yang baik dan sudah sepatutnya kita tiru. Di masa sekarang, perbuatan kecil yang bersifat positif bisa saja berdampak besar bagi masa depan.

Untuk itu di kesempatan ini akan kami bagikan beberapa kisah tokoh agama Kristen yang memperjuangkan kebenaran. Kisah teladan mereka bisa kita contoh dan aplikasikan pada masa sekarang.

Tokoh Agama Kristen yang Memperjuangkan Kebenaran

Langsung saja ini dia pembahasan lengkap mengenai tokoh agama Kristen yang memperjuangkan kebenaran. Simak pembahasannya di bawah ini dirangkum dari berbagai sumber.

1. Martin Luther

Dia adalah ahli teologi dan pendiri gereja Lutheran. Luther dikenal memperjuangkan kebenaran agar gereja kembali mengikuti ajaran yang ada dalam Alkitab. Dia juga dikenal sebagai sosok yang memulai reformasi gereja dan menyebarkan Alkitab dalam berbagai bahasa.

🔥 Trending:   Nabi Yang Meramalkan Kelahiran Yesus

Gebrakannya yang paling terkenal adalah penjualan indulgensia, yaitu surat pengampunan dosa. Imam Roma di zaman dulu menjual indulgensia untuk merenovasi Basilika St. Petrus di Roma.

Mereka berkata ketika uang diberikan, mereka akan diampuni dosanya. Hal ini tentu saja tidak sesuai dalam ajaran Alkitab yang mengatakan keselamatan hanya datang dari kasih Allah. Luther memperjungkan kebenaran dalam hal ini.

2. Ignatius Joseph Kasimo

Tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran lainnya adalah Ignatius Joseph Kasimo. Dia merupakan pelaku sejarah pergerakan awal Kemerdekaan Indonesia. Sebagai Katolik, dia ikut berjuang atas nama pluralisme dan Pancasila.

Kasimo berpolitik dengan etika bermartabat. Dia menjadi teladan pemimpin yang jujur, berani, serta konsisten. dia bahkan sering menjadi menteri dan merupaakn tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran di golongan politik.

Berkat Ignatius Joseph Kasimo, bangsa Indonesia percaya Katolik adalah bagian dari bangsa Indonesia, tidak lekat pada kolonalisme. Dia pun juga pernah membelai buruh pertanian yang ditindas ketika menjadi mandor perkebunan karet.

3. John Wesley

Dia adalah orang Inggris, dikenal sebagai pendiri gereja Metodis dan memperjuangkan kebenaran lewat adanya jaminan manusia yang sudah kembali kepada Allah mengenai keselamatan. Tapi meski sudah mendapat keselamatan, manusia tetap perlu berjuang dalam proses pengudusan.

Melalui perjuangan ini, John Wesley memberikan tiga dasar pemikiran, di antaranya sebagai berikut.

  • Manusia perlu memiliki transformasi kehidupan bahkan setelah menerima keselamatan.
  • Transformasi kehidupan hanya dapat dilakukan melalui anugerah Kristus.
  • Transformasi kehidupan menghasilkan kasih sebagai esensi kehidupan yang baru.
🔥 Trending:   Kristen Ortodoks

4. Ulrich Zwingli

Ulrich Zwingli merupakan pendiri gereja reformasi Swiss. Dia mendalami agama Kristen secara terpisah dengan Luther. Meski demikian Ulrich Zwingli mendapat kesimpulan yang sama, kemudian menjadi tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran.

5. John Calvin

John Calvin adalah tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran melalui reformasi selain Luther. Dia adalah teolog dari Prancis yang kemudian dikaitkan dengna sistem teologi Kristen Calvinisme. Salah satu bentuk perjuangan kebenarnnya adalah menuliskan tafsiran dari beberapa kitab dalam Alkitab.

6. John Knox

Di Skotlandia, ada John Knox seorang tokoh reformasi, dia merupakan murid John Calvin sehingga ikut memperjuangkan teologi Calvinisme. John Knox berjuang kebenaran bahwa kekristenan tidak menjadi bagian terpisah dari kemerdekaan nasional.

7. Albertus Soegijapranata

Dia memperjuangkan kebenaran yang awalnya dikenal sebagai Soegija, dia adalah uskup agung dari Indonesia pertama. Meski Katolik, dia juga dikenal sebagai orang yang pro-nasionalis. Sebenarnya dia berasal dari keluarga muslim.

Tapi ketertarikannya dengan Katolik memmbawa dia pada kebenaran dan kemudian dibaptis. Sikap pro-nasionalis Albertus Soegijapranata membawanya pada umat Katolik untuk memberikan peran.

8. Romo Kurris

Romo Kurris adalah romo yang berasal dari Belanda dan dikirim ke Indonesia. Setelah itu dia pun menjadi imam di Yogyakarta.

9. Thomas dari Aquino

Thomas dari Aquino merupakan tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran lewat filsafatnya. Dia adalah tokoh skolastik, dan melalui sistem metafisika, dia berusapa memperjuangkan kebenaran lewat keberadaan Allah.

🔥 Trending:   Makna Doa Aku Percaya

10. Paus Yohanes Paulus II

Paus Yohanes Paulus II berasal dari Polandia dan menjadi Paus, Uskup Roma, dan kepala Gereja Katolik Roma. Dia juga memimpin negara Kota Vatikan, dan merupakan Paus pertama yang tidak berasal dari Italia. Dia memperjuangkan kebenaran lewat cara menghilangkan komunisme dan kapitalisme yang tak terkendali.

Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan dari kami mengenai tokoh agama Kristen yang memperjuangkan kebenaran. Kita bisa meniru sikap dan keteladanan tokoh-tokoh tersebut serta mengaplikasikannya dalam kehidupan.

Baca: