Doa Makan Katolik

Doa Sebelum dan Sesudah Mengonsumsi Makanan

Bersamakristus.org – Doa makan Katolik. Makanan yang kita santap sepanjang hari, baik sarapan, makan siang, dan makan malam merupakan berkat Tuhan Yesus Kristus yang kuasa.

Oleh karena itu, setiap suap makanan dan minuman yang masuk ke mulut kita harus kita syukuri dengan betul-betul. Salah satunya melalui doa sebelum dan sesudah makan dalam agama Katolik.

Doa sebelum makan dimaksudkan untuk memohon kepada Tuhan agar makanan yang kita santap bisa menjadi berkah. Selain itu kita juga mengucap syukur atas nikmat dari-Nya yang telah memberikan santapan nikmat di depan mata kita.

Kemudian doa sesudah makan dimaksudkan untuk berterima kasih kepada Tuhan karena telah membiarkan nutrisi dan energi masuk ke tubuh kita. Sehingga, kita bisa memiliki energi dan kesehatan untuk menjalani aktivitas.

Di sini, kami ingin memberikan beberapa contoh doa Katolik yang singkat, pendek, ringkas, dengan bahasa yang baik dan benar, spontan, untuk anak, dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

Contoh Doa Makan Katolik Singkat

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, berikut adalah contoh doa mengonsumsi makanan dalam agama Katolik yang singkat, bagus, dengan bahasa yang baik, mudah dipahami.

1. Doa Katolik Sebelum Makan Singkat

Ya Yesus yang maha agung, kami di sini bermaksud mengucap syukur atas apa yang Engkau berikan di hadapan kami. Makanan yang sungguh nikmat dan masih hangat adalah sesuatu yang kami butuhkan untuk memulihkan energi yang telah habis.

Semoga dengan makanan pemberian-Mu ini dapat membuat tubuh kami menjadi kuat kembali, sehingga bisa menjadi penguat pengabdian kami, agar kami dapat meningkatkan pelayanan kepada-Mu dan kepada sesama manusia.

Kami mohon berkat-Mu kepada saudara-saudara kami yang belum berkesempatan untuk merasakan kenikmatan seperti kami, mudah-mudahan mereka dapat menikmati apa yang kami nikmati atas berkat dari-Mu. Terpujilah nama Yesus, Maria dan Yosef, selamanya. Amin.

2. Doa Katolik Sesudah Makan Singkat

Bapa yang maha pengasih, terima kasih atas rezeki yang baru saja kami nikmati. Semoga tanda kemurahan-Mu dapat menjadi peningkat kekuatan sehingga kami bisa meningkatkan pengabdian kepada-Mu juga kepada sesama manusia.

Semoga makanan yang kami santap hari ini juga menumbuhkan kerinduan terhadap Yesus Kristus, sang roti hidup yang turun dari surga. Semoga makanan dan minuman yang telah kami konsumsi bisa menjadi kebaikan bagi sesama.

Dengan segala kerendahan hati kami mohon kepada-Mu bagi saudara-saudara yang tidak makan karena puasa, sakit, miskin, tidak punya uang dan karena alasan lainnya, berkatilah mereka supaya dapat makan sebagaimana usaha pemerataan manusia.

Semua ini kami mohon dengan pertolongan Yesus, rezeki rohani yang bertahan dari hidup hingga mati. Haleluya, Amin.

Akhir Kata

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh doa makan katolik. Semoga apa yang kami bagikan di kesempatan ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan Anda mengenai contoh doa Katolik.

Baca: