Alasan Orang Kristen Tidak Wajib Disunat

Mengapa Umat Kristiani Tidak Wajib Sunat

Bersamakristus.org – Alasan orang Kristen tidak wajib disunat. Sunat merupakan kegiatan memotong sebagian kuncup alat vital laki-laki yang biasanya dilakukan ketika masih muda atau beranjak dewasa.

Sudah dijelaskan bahwa hukum sunat dalam Kristen itu tidak wajib. Bagi yang mau disunat boleh, tidak juga tidak masalah, namun ditinjau dari segi kesehatan, ada banyak manfaat dari sunat.

Dahulu mungkin sunat menjadi sebuah hal yang wajib, namun setelah masa Perjanjian Baru hal itu tidak lagi demikian. Tentu saj aada alasan mengapa sunat menjadi tidak lagi wajib.

Alasan orang agama Kristen tidak wajib disunat bisa disimak pada pembahasan di bawah ini. Silahkan baca dan jadikan tambahan wawasan rohani bagi diri sendiri dan orang lain.

Alasan Orang Agama Kristen Tidak Wajib Disunat

Ini dia beberapa alasan orang beragama Kristen tidak wajib sunat. Berikut penjelasannya yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya, inilah alasannya.

1. Sunat Merupakan Perjanjian Lama

Sunat adalah salah satu perjanjian umat Israel dengan Allah yang ada di Perjanjian Lama, sebagai bagian dari kitab Taurat. Maka dari itu awalnya sunat menjadi tanda bangsa Israel yang dipilih Allah, dan siapa yang beriman maka hendaknya disunat.

“Dan semua orang dari isi rumah Abraham, baik yang lahir di rumahnya, maupun yang dibeli dengan uang dari orang asing, disunat bersama-sama dengan dia.”

Kejadian 17:27

2. Bukan Kewajiban Mutlak

“Kalau seorang dipanggil dalam keadaan bersunat, janganlah ia berusaha meniadakan tanda-tanda sunat itu. Dan kalau seorang dipanggil dalam keadaan tidak bersunat, janganlah ia mau bersunat.”

1 Korintus 7:18

Pada ayat itu dikatakan Tuhan tidak memaksa kondisi seseorang yang ingin menjadi Kristen harus melakukan sunat. Apapun kondisi fisiknya, maka Tuhan akan bersedia menerima dengan sepenuh hati.

Maka dari itu tidak perlu tawar hari, yang terpenting adalah berusaha melakukan yang terbaik sesuai kehendak Allah. Jangan lupa juga untuk selalu berusaha dan berdoa meminta pimpinan Allah dalam hidup.

3. Ciptaan Baru yang Ditebus Yesus

“Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak ada artinya, tetapi menjadi ciptaan baru, itulah yang ada artinya.”

Galatia 6:15

“Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa.”

Kolose 2:11

Allah mengungkapkan lebih jelas lagi kepada umat Kristen, yang terpentign adalah memmperbaharui hidup yang jauh dari dosa. Selalu berusaha menaati ketetapan Allah, karena kita ditebus dari maut oleh Yesus untuk mmeberikan keselamatan yang kekal, sehingga tidak perlu mencari jalan keselamatan selain Yesus.

Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan dari kami mengenai alasan umat kristen tidak wajib disunat. Semoga alasan yang dipaparkan di atas bisa dipahami baik-baik oleh umat Kristiani.

Baca: