Cara Mendidik Anak Menurut Kristen

Tips Mendidik Anak dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Cara mendidik anak menurut Kristen. Ketika kecil seorang anak tidak tahu menahu tentang dunia luar, mana yang baik dan mana yang buruk pun mereka belum bisa membedakannya.

Maka dari itu seorang anak ketika masih dini harus diberi ilmu dan pengajaran. Khususnya kepada mereka yang sudah dewasa dan berpengalaman, wajib memberikan ilmu kepada anak.

Tapi dalam mendidik anak, seseorang guru tidak boleh melakukan dengan salah. Karena salah didik menyebabkan petaka, dampak buruk di masa depan bagi anak itu sendiri.

Dalam agama Kristen juga diketahui ada beberapa cara mendidik anak menurut Alkitab. Untuk lebih jelasnya di bawah ini kami akan mengulas uraian lengkapnya, silahkan disimak.

Cara Mendidik Anak Menurut Alkitab dan Kristen

Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja mari kita simak pembahasan mengenai cara mendidik anak menurut Alkitab dan Krisen. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Berdoa

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur.”

Filipi 4:6

Hal utama yang harus dilakukan anak dalam belajar yaitu berdoa, karena berkat dan hikmat tentunya datang dari tuntunan Roh Kudus yang tiba dari kedekatan dengan Allah. Deoa merupakan bentuk komunikasi manusia dengan Tuhan.

2. Sabar

Anda juga harus mendidik anak dengan kesabaran, karena memang anak membutuhkan pengajaran berulang sampai mereka sadar akan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan umat Kristen. Terutama ketika mendidik anak yang masih balita, meski tidak mudah dilakukan tapi dengan kesabaran tentunya pekerjaan akan menjadi ringan.

3. Lemah Lembut

“Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.”

Amsal 15:1

Mengajarkan anak sesuai firman tentu saja harus dilakukan dengan lemah lembut, karena dengan kelembutan maka akan berdeda penerimaannya dengan penuh amarah. Jangan pernah memarahi anak yang tak kunjung mengerti pelajaran, namun ingatlah akan kesabaran dan ajari ulang dia.

4. Tuntunan Roh Kudus

Semua bentuk pengajaran harus sesuai dengan tuntunanRoh Kudus yang berjalan dalam bentuk hikmat lewat perkatan dan ucapan orangtua dalam mendidik anak. Maka dari itu pastikan meminta peran roh kudus dalam menyampaikan diidkan Alkitabiah kepada anak.

Sehingga dengan demikian, anak akan menjadi semakn terbuka menerimanya serta mudah memahami apa maksud Tuhan melalui ajaran orangtuanya.

5. Jujur

Cara mendidik anak menurut iman agama Kristen berikutnya yaitu dengan penuh kejujuran serta tidak menakuti anak. Jangan pernah membohongi anak dengan akibat yang akan diterima, melainkan selalu beritahukan sesuai karakter Kristen sejati. Anak pun akan lebih paham apa yang harus dilakukannya.

6. Takut Tuhan

Mendidik anak juga harus didasari takut akan Tuha, karena dengan demikian anak akan menghindari keinginan duniawi dengan buah roh kudus meski tidak ada yang melihatnya. Dengan demikian anak akan menjadi terus ingat akan firman Allah.

Akhir Kata

Mungkin itulah penjelasan tentang cara mendidik anak menurut agama kristen. Mudah-mudahan kita bisa medidik seorang anak menjadi semakin lebih baik di masa depan.

Baca: