Peranan Orangtua Mendidik Anak Menurut Alkitab

Peran Ortu dalam Mendidik Anak Menurut Firman Tuhan

Bersamakristus.org – Peranan orangtua mendidik anak menurut Alkitab. Dalam kehidupan ini, setiap manusia dituntut untuk selalu belajar dan menuntut ilmu di mana saja dan kapan saja.

Menuntut ilmu tidak melulu dilaksanakan di sekolah atau universitas saja. Di rumah pun sebenarnya seorang anak juga mendapat pendidikan, khususnya dari orangtua.

Peranan orangtua dalam mendidik anak menurut Alkitab itu sangatlah besar. Justru, peran mereka lebih besar dari guru yang memberikan materi pelajaran umum di sekolah.

Ingat pula untuk mengajari anak doa belajar Kristen sebelum dan sesudah memulai pelajaran. Supaya Tuhan memberkati kegiatan anak dalam pembelajaran agar lebih lancar.

Peranan Orangtua dalam Mendidik Anak Menurut Alkitab

Berikut beberapa peranan orangtua dalam mendidik anak menurut pandangan Alkitab dan agama Kristen. Silahkan simak pembahasan dan penjelasannya dari berbagai sumber terpercaya.

1. Mengajarkan Konsep Takut Akan Tuhan

Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

Amsal 1:7

Amsal menyebutkan permulaan dari segala pengetahuan adalah takut akan Tuhan. Artinya, peranan orangtua dalam mendidik anak menurut Alkitab harus diawali dengan rasa tersebut. Jika tidak mampu meneruskan perasaan itu kepada anaknya, maka ddikan lainnya juga akan sulit dilakukan.

🔥 Trending:   Poligami Menurut Alkitab

2. Mendidik Tanpa Amarah

Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.

Efesus 6:4

Hai bapa-bapa, janganlah sakiti hati anakmu, supaya jangan tawar hatinya.

Kolose 3:21

Paulus mengingatkan para orangtua untuk mendidik anaknya dalam ajaran dan nasihat Tuhan. Mendidik anak bukan hal mudah, namun orangtua juga tak boleh meledakkan amarahnya. Sebab hal itu akan menyakiti hari anak dan berbahaya ke depannya.

Bila anak menjadi tawar hati, dia tidak akan lagi mau menerima didikan orangtua. Peranan orangtua di sini haruslah berupa mengasihi. Orangtua bisa belajar mengendalikan amarah dengan lebih dulu memahami beberapa ayat Alkitab tentang amarah.

3. Ajarkan untuk Mengasihi Tuhan

Kasihilah TUHAN, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu. Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun.

Ulangan 6:5-7

Tidak hanya mendidik dengan mengasihi anak, orangtua juga harus mendidik anak untuk mengasihi Tuhan. Allah memberikan perintah ini bukan untuk dilakukan sendiri, melainkan juga untuk diajarkan kepada anak-anak.

Bahkan Allah mengingatkan supaya orangtua tidak hanya mengajarkan hal ini sekali-kali, namun setiap saat. Anak tidak bisa cuma tahu perintah ini, melainkan juga harus bisa menerapkannya dalam keseharian.

🔥 Trending:   Cara Sukses Menurut Kristen

4. Membantu Anak untuk Bersyukur

Tetapi waspadalah dan berhati-hatilah, suapaya jangan engkau melupakan hal-hal yang dilihat oleh matamu sendiri itu, dan supaya jangan semuanya itu hilang dari ingatanmu seumur hidupmu. Beritahukanlah kepada anak-anakmu dan kepada cucu cicitmu semuanya itu.

Ulangan 4:9

Salah satu peranan orangtua dalam mendidik anak menurut Alkitab yaitu membantu mereka bersyukur dengan doa ucapan syukur Kristen. Orangtua mendidik anak untuk melaihat kebaikan Tuhan dalam kehidupannya dan bersyukur untuk itu. Selain itu kebaikan Tuha harus selalu diingatkan supaya mereka tetap bersyukur di masa sulit.

Kitab Ulangan juga sudah mengingatkan orangtua untuk membagikan kebaikan Tuhan dalam kehidupan yang sudah lebih dulu mereka alami. Orangtua mengajarkan anak untuk menjadikan rasa syukur sebagai bentuk penyembahan.

5. Mendidik Sesuai Kepribadian Anak

Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

Amsal 22:6

Orangtua harus memahami kepribadian anak, ini akan membantu mereka menentukan pola didik yang baik bagi anak.

Dengan pola didik yang tepat, orangtua bisa mendidik anak secara efektif dan efisien. Hal ini juga akan membantu anak mengembangkan hal yang baik dalam kepribadiannya. Dia juga akan semakin mengenal dirinya sendiri.

6. Mengajarkan Anak dengan Disiplin

Siapa tidak menggunakan tongkat, benci kepada anaknya; tetapi siapa mengasihi anaknya, menghajar dia pada waktunya.

Amsal 13:24

Orangtua perlu mendidik anak dengan kasih, namun kasih juga berarti mendisiplinkan. Mereka harus mendidik anak dengan disiplin, jika anak melakukan kesalahan berikan saja hukuman yang pantas.

🔥 Trending:   Hukum KB dalam Agama Kristen

Orangtua perlu bijak menentukan perilaku anak supaya mereka tidak menjadi pribadi yang manja dan berperilaku seenaknya. Setiap orangtua bisa belajar berbagai kisah kebijaksanaan dalam Alkitab, seperti kebijaksanaan Salomo.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai peran orangtua dalam mendidik anak menurut alkitab. Mari kita berperan layaknya orangtua yang baik, khususnya pada saat mendidik anak.

Baca: