Cara Memilih Pasangan Hidup Menurut Kristen

Tips Pilih Pasangan Hidup dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Cara memilih pasangan hidup menurut Kristen. Setiap orang sudah diketahui memiliki belahan jiwanya masing-masing. Tuhan yang mengatakan itu sendiri dalam Alkitab.

Masalahnya, kadang kita kesulitan menemukan pasangan hidup. Sudah memanjatkan doa minta jodoh Kristen setiap hari, namun tak kunjung dipertemukan oleh Tuhan.

Kadang kita juga dihadapkan dengan dua pilihan jodoh. Dua-duanya merupakan pilihan baik, mereka mencintai kita apa adanya, sehingga membuat kita bimbang memilih yang mana.

Dalam Alkitab sudah dijelaskan cara memilih pasangan hidup yang seiman, baik, setara, dan sesuai dengan kita. Mungkin ulasan atau renungan di bawah ini bisa membantu kita.

Cara Memilih Pasangan Hidup Menurut Alkitab dan Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja kita simak penjelasan tentang cara memilih pasangan hidup menurut agama Kristen dan Alkitab. Ini dia ulasannya.

1. Berdoa

Cara utama yang harus dilakukan untuk memilih pasangan hidup sepadan yaitu dengan berdoa atau bergumul tentnag pasangan hidup, bahkan jika perlu lakukan puasa minta jodoh Kristen. Karena dengna demikian maka Anda bisa lebih peka dengan tuntunan Allah.

Dengan berdoa, maka akan menjadi lebih mudah memahami apa yang Tuhan inginkan dalam hidup kita. Termausk ketika menentukan pasangan ihdup yang diberikan Tuhan untuk selama hidup, tentunya bukan hal yang mudah dilakukan namun kerjakan dengan konsisten.

2. Mencari Kehendak Allah

Jangan pernah gegabah dan hanya menentukan keinginan diri sendiri, sangat penting untuk mencari tahu kehendak Allah dalam hidup kita. Termasuk soal siapa pasangan hidup yang Tuhan berikan untuk kita.

Maka dari itu dekatkan diri kepada Allah agar paham apa yang menjadi keinginan atau kehendak Allah di dalam hidup supaya memperoleh pasangan hidup yang lebih tepat. Dengan iman, kita bisa memiliki cara menentukan pasangan hidup yang jauh lebih mudah.

3. Tuntunan Roh Kudus

Anda juga tidak boleh melepaskan tuntunan buah-buah roh Kudus ketika menentukan siapa yang akan menjadi pasangan hidup selamanya. Karna Tuhan akan memberikan pasangan yang sesuai dengan iman, karakter, serta pertumbuhan yang ada.

Jangan sampai yang satu tidak bisa menopang kehidupan yang lain. Padahal sudah jelas dikatakan firman berkata bahwa sebaiknya pasangan hidup atau suami istri saling membantu satu sama lain supaya keluarga yang dibina cukup baik.

4. Sepadan

Terakhir selalu pilih pasangan hidup yang sepadan. Seperti yang jelas tertulis pada ayat Alkitab tentang jodoh di bawah berikut ini.

“Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?”

2 Korintus 6:14

Hal tersebut menunukkan dengan jelas, carilah pasangan yang seiman supaya sesuai kehendak Allah. Tapi bisa jadi ini bukan hal yang mudah dilakukan.

Maka dari itu sebaiknya teruslah dekatkan diri pada Tuhan dan seperti kata firman, bergaullah dengan teman yang baik sehingga perbuatan kita akan mengikuti. Jika ingin mendapatkan pasangan seiman, maka sebaiknya berada dalam lingkungan yang seiman juga.

Akhir Kata

Mungkin itulah penjelasan tentang cara memilih pasangan hidup menurut agama kristen. Semoga bisa menjelaskan kepada Anda siapa jodoh yang seharusnya kita pilih.

Baca: