Apakah Orang Kristen Boleh Cerai

Bolehkah Umat Kristen Bercerai

Bersamakristus.org – Apakah orang Kristen boleh cerai. Dalam Alkitab sudah sangat jelas dikatakan bahwa setiap orang memiliki pasangan atau belahan jiwanya masing-masing.

Oleh karena itu, sesuai ayat Alkitab tentang perceraian, maka pemisahan hubungan suami-istri adalah hal yang dilarang. Bahkan Tuhan pun sangat membencinya.

Seseorang yang bercerai dianggap tidak percaya lagi kepada jodohnya. Padahal, jodoh merupakan bagian dari ketetapan dan penyertaan yang diberikan oleh Tuhan kepada umat manusia.

Untuk lebih jelasnya mengetahui apakah orang agama Kristen boleh bercerai atau tidak, kita bisa menyimak pembahasan di bawah ini. Mari kita lihat ulasan lengkapnya berikut.

Apakah Orang Agama Kristen Boleh Bercerai

Langsung saja ini dia pembahasan dan penjelasan lengkap tentang apakah orang agama Kristen boleh bercerai atau tidak. Simak seluruh ulasan dan pembahasannya di bawah ini.

1. Firman dalam Alkitab

“Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

Markus 10:9

Ayat tersebut telah menjelaskan kepada kita bahwa Allah tidak suka bila ada manusia yang sudah dipersatukan namun memilih berpisah. Hal ini sama saja manusia telah berbuat dosa, maka sebaiknya jangan sampai melakukan perceraian.

Ini memang bukan perbuatan yang sesuai dengan Roh Kudus, sebaiknya pertahankanlah pernikahan dari awal sampai akhir, usahakan tidak ada kata perpisahan. Sehingga, hidup kita pun akan menjadi cerminan kasih Allah yang sempurna.

2. Hukum Orang Bercerai

Allah memang tidak setuju bila ada perceraian, maka dari itu ada hukuman yang diberikan kepada yang melanggar. Hukuman tersebut telah tertuang dalam Alkitab sebagai berikut.

“Setiap orang yang menceraikan isterinya, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zhina; dan barangsiapa kawin dengan perempuan yang diceraikan suaminya, ia berbuat zhina”

Lukas 16:18

Dalam firman Tuhan di atas, dikatakan bial seseorang bercerai dan menikah lagi dengan orang lain, sama saja itu dengan zhina. Hal ini juga tidak disukai oleh Allah, jika memang keadaan memaksa karena KDRT atau semacamnya, hendaknya jangan menikah lagi supaya tidak menjadi zhina.

Berdoalah dan bergumul selalu kepada Allah jika ada hal yang berat, seperti memutuskan untuk bercerai. Sebab langkah ke depan yang dilakukan umat Kristen harus selaras dengan kehendak Alah dalam hidup kita.

Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan dari kami mengenai apa orang kristen boleh cerai. Jadi jangan sampai kita bercerai dengan suami atau istri, teruslah berusaha menjalin keharmonisan di antara keduanya.

Baca: