Keturunan Ismael Menurut Alkitab

Daftar Anak Ismael yang Disebutkan dalam Alkitab

Bersamakristus.org – Keturunan Ismael menurut Alkitab. Salah satu tokoh Alkitab yang menarik perhatian orang Kristen adalah Ismael. Dia dikenal sebagai putra Abraham dari Hagar.

Hagar merupakan hamba Sara, istri dari Abraham. Hal menariknya yaitu keturunan Ismael dianggap sebagai keturunan Abraham beragama Islam ketika keturunan Ishak dianggap sebagai keturunan Abraham beragama Kristen.

Pada dasarnya ada beberapa kisah tentang keturunan Ismael yang dijelaskan dalam Alkitab. Tentu saja untuk mengetahui siapa saja anak Ismael dan kehidupannya, kita harus tahu kehidupan Ismael terlebih dahulu.

Nah pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda secara lengkap tentang siapa saja keturunan Ismael dalam Alkitab. Anda bisa menyimak secara langsung lewat pembahasan di bawah ini.

Kehidupan Ismael yang Dijelaskan Firman Tuhan

Ismael adalah anak dari Abraham dan Hagar. Tapi setelah merasa mampu memberikan keturunan, Hagar memandang rendah Sarai, nyonyanya. Sarai tentu saja tidak senang dipandang seperti itu oleh hambanya sendiri.

Setelah berdiskusi dengan Abraham, kemudian Sarai memilih menindas Hagar. Sarai tidak bisa menahan amarahnya dan sepertinya apa yang dilakukan Sarai cukup buruk hingga Hagar memilih meninggalkan majikannya.

Lalu kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: “Kembalilah kepada nyonyamu, biarkanlah engkau ditindas di bawah kekuasaannya.” Kejadian 16:11-12 Selanjutnya kata Malaikat TUHAN itu kepadanya: “Engkau mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan akan menamainya Ismael, sebab TUHAN telah mendengar tentang penindasan atasmu itu. Seorang laki-laki yang lakunya seperti keledai liar, demikianlah nanti anak itu; tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya.”

Kejadian 16:9

Kehidupan Ismael dimulai saat Hagar bertemu dengan malaikat Tuhan di padang gurun. Kita bisa lelah dan tersiksanya Hagar dengan kandungan yang melarikan diri, ada di padang gurun. Hagar tentu saja membutuhkna pertologan dan di sana tuhan menyatakan bahwa Dia mendengar keluh kesah Hagar.

Dia memberikan nama Ismael yang artinya Dia mendengar kepada anak di kandungan Hagar. Tuhan juga memberi janji yang baik bagi Ismael. Banyak yang salah tentang arti keledai liar, sehingga istilah itu dianggap burul. Padahal yang dimaksud adalah orang merdeka, tidak bergantung pada siapapun.

Hagar mempercayai janji Allah, dia memiliki iman dan dengan imannya dia kembali kepada nyonyanya. Padahal dia tahu hidupnya tidak akan lagi biasa-biasa saja. Dia akan terus ditindas Sarai namun kehidupan Ismael akhirnya diberkati Allah sesuai janji-Nya.

Abram berumur delapan puluh enam tahun, ketika Hagar melahirkan Ismael baginya.

Kejadian 16:16

Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.

Kejadian 17:20

Tetapi keturunan dari hambamu itu juga akan Kubuat menjadi suatu bangsa, karena ia pun anakmu.

Kejadian 21:13

Dan Ismael, anaknya, berumur tiga belas tahun ketika dikerat kulit khatannya.

Kejadian 17:25

Pada waktu itu Sara melihat, bahwa anak yang dilahirkan Hagar, perempuan Mesir itu bagi Abraham, sedang main dengan Ishak, anaknya sendiri.

Kejadian 21:9

Berkatalah Sara kepada Abraham: “Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba ini tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anakku Ishak.”

Kejadian 21:10

Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: “Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak.

Kejadian 21:12

Allah menyertai anak itu, sehingga ia bertambah besar; ia menetap di padang gurun dan menjadi seorang pemanah.

Kejadian 21:20

Dan anak-anaknya, Ishak dan Ismael, menguburkan dia dalam gua Makhpela, di padang Efron bin Zohar, orang Het itu, padang yang letaknya di sebelah timur Mamre.

Kejadian 25:9

Umur Ismael ialah seratus tiga puluh tujuh tahun. Sesudah itu ia meninggal. Ia mati dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya.

Kejadian 25:17

Daftar Anak Keturunan Ismael Menurut Alkitab

Setidaknya terdapat 12 total keturunan Ismael yang disebutkan menurut Alkitab. Masing-masing daftarnya yaitu sebagai berikut, dirangkum dari berbagai sumber terpercaya.

  • Nebayot, anak sulung Ismael
  • Kedar
  • Adbeel
  • Mibsam
  • Misyma
  • Duma
  • Masa
  • Hadad
  • Tema
  • Yetur
  • Nafish
  • Kedma

Kehidupan Keturunan Ismael Menurut Alkitab

Keturunan Ismael juga banyak dibahas dalam Alkitab. Pada Alkitab tidak ada keterangan jelas bahwa Ismael memberikan garis keturunan kepada Nabi Muhammad. Keterangan pada Kitab Yobel lah yang menjadikan orang-orang memberi kesimpulan itu.

Berikut kisah keturunan Ismael yang dijelaskan dalam ayat-ayat Alkitab atau firman Tuhan.

1. 12 Anak Menjadi Raja

Tentang Ismael, Aku telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.

Kejadian 17:20

Itulah anak-anak Ismael, dan itulah nama-nama mereka, menurut kampung mereka dan menurut perkemahan mereka, dua belas orang raja, masing-masing dengan sukunya.

Kejadian 25:16

2. Mahalat Anak Ismael Menjadi Istri Esau

Esau sadar orangtuanya tidak suka dirinya punya istri orang Kanaan, sehingga dengan gelisah dia memilih untuk mengamil Mahalat sebagai istrinya. Dengan demikian Ismael dan keturunan Ishak menjadi satu dan tidak terpisah.

Sebab itu ia pergi kepada Ismael dan mengambil Mahalat menjadi isterinya, di samping kedua isterinya yang telah ada. Mahalat adalah anak Ismael anak Abraham, adik Nebayot.

Kejadian 28:9

3. Keturunan Ismael Membeli Yusuf

Ketika ada saudagar-saudagar Midian lewat, Yusuf diangkat ke atas dari dalam sumur itu, kemudian dijual kepada orang Ismael itu dengan harga dua puluh syikal perak Lalu Yusuf dibawa mereka ke Mesir.

Kejadian 37:28

4. Menyerbu Israel pada Zaman Gideon

Selanjutnya kata Gideon kepada mereka: “Satu hal saja yang kuminta kepadamu: Baiklah kamu masing-masing memberikan anting-anting dari jarahannya.” – Karena musuh itu beranting-anting mas, sebab mereka orang Ismael.

Hakim-hakim 8:24

5. Amasa Mengepalai Tentara pada Zaman Absalom

Absalom telah mengangkat Amasa menggantikan Yoab untuk mengepalai tentara. Amasa adalah anak seorang yang bernama Yitra, seorang Ismael yang telah memperisteri Abigal binti Nahas, saudara perempuan Zeruya ibu Yoab.

2 Samuel 17:25

6. Obil Mengawasi Unta Orang Israel

Yang mengawasi unta-unta ialah Obil, orang Ismael; yang mengawasi keleda-keledai betina ialah Yehdeya, orang Meronot.

1 Tawarikh 27:30

7. Orang Ismael Bergabung dengan Musuh Israel

Penghuni kemah-kemah Edom dan orang Ismael, Moab dan orang Hagar, Gebal dan Amon dan Amalek, Filistea beserta penduduk Tirus, juga Asyur telah bergabung dengan mereka, menjadi kaki tangan bani Lot. Sela.

Mazmur 83:7-9

8. Keturunan Ismael Anggota Jemaat

Baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah”.

Kisah Para Rasul 2:11

9. Keturunan Ismael Anak Perhambaan

Ini adalah suatu kiasan. Sebab kedua perempuan itu adalah dua ketentuan Allah: yang satu berasal dari gunung Sinai dan melahirkan anak-anak perhambaan, itulah Hagar.

Galatia 4:24

Akhir Kata

Cukup hingga saat ini dulu penjelasan dari kami mengenai keturunan anak ismael menurut alkitab. Semoga bisa menjelaskan kepada kita tentang siapa saja anak dan keturunan Ismael yang dijelaskan dalam firman Tuhan.

Baca: