Euthanasia Menurut Agama Kristen

Euthanasia dalam Pandangan Kristen

Bersamakristus.org – Euthanasia menurut agama Kristen. Di masa lalu atau di masa sekarang, praktik euthanasia masih cukup sering terjadi bahkan di negara berkembang dan maju.

Euthanasia adalah tindakan yang dilakukan dengan cara mengakhiri hidup seseorang secara sengaja. Tujuan perbuatan tidak terpuji tersebut tidak lain adalah untuk menghilangkan penderitaannya.

Dalam ilmu apapun, euthanasia jelas bukan merupakan perbuatan yang bisa dimaklumi. Dalam ayat Alkitab tentang euthanasia, hal ini juga ditentang keras menurut banyak firman Tuhan.

Namun menurut agama Kristen atau Katolik, euthanasia memiliki pengertian maupun pandangan yang berbeda. Bila Anda ingin mengetahuinya, lebih baik simak pembahasan dan penjelasan di bawah ini.

Pengertian Euthanasia Menurut Agama Kristen

Berikut beberapa pengertian dan definisi euthanasia menurut pandangan agama Kristen. Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

1. Keluaran 20: 13

“Jangan Membun*h”

Firman yang jelas dikatakan Allah pada setiap orang percaya, apapun alasannya sebaiknya hindari perbuatan menghilangkan nyawa. Euthanasia adalah tindakan yang tidak dikehendaki, berdoalah dan minta yang terbaik kepada-Nya.

Jika Allah memandang orang itu waktunya berpulang, pasti Tuhan akan mengambil nyawanya. Jika Tuhan pandang hidup seseorang masih harus menjadi berkat, maka Tuhan akan memperjanjang hidupnya. Bagaimanapun, ingatlah rancangan Tuhan adalah yang terbaik.

2. 1 Korintus 10:23

“Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.”

Di kalangan medis, memang susah untuk menentukan mana jalan terbaik, maka dari itu sebaiknya banyak berdoa dan meminta pertolongan. Jangan memaksakan kehendak, karena pada dasarnya iman Kristen bertumpu.

Ada baiknya menunggu sampai Tuhan mengambil nyawa sehingga beban kesalahan dalam hati akibat dosa bisa dilepaskan. Di satu pihak lain, dengan demikian maka orang yang menderita tidak perlu terlalu lama merasakan sakit.

3. Amsal 16:3

“Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu”

Euthanasia menurut agama Kristen jelas dilarang, manusia tidak memiliki kuasa apapun akan hal ini. Tapi langkah Tuhan yang menenutkan apa yang terbaik untuk dikerjakan. Bila Tuhan berencana membiarkan pasien hidup, maka Tuhan sendiri yagn akan bekerja.

Tidak perlu khawatir apa keputusan doker, karena dokter hanya panjangan tangan dari Allah. Pada dasarnya hidup dan mati ada di tangan Tuhan, ukan manusia, jadi jangan terkecoh iblis untuk melakukan perbuatan yang keji.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan yang bisa kami ulas yaitu pengertian euthanasia menurut kristen. Mudah-mudahan informasi yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat terutama bagi yang belum benar-benar paham soal euthanasia.

Baca: