Contoh Kebudayaan yang Melanggar Firman Tuhan

Kebudayaan yang Tidak Sesuai dengan Alkitab

Bersamakristus.org – Contoh kebudayaan yang melanggar firman Tuhan. Di masa sekarang kita tidak bisa melepaskan kehidupan rohani dengan kebudayaan, adat istiadat, atau kebiasaan.

Pasalnya seperti kita tahu, kebudayaan sudah muncul terlebih dahulu sebelum agama Kristen masuk ke Indonesia. Kebudayaan juga terus diturunkan turun temurun sampai generasi sekarang.

Dalam hubungannya, kebudayaan memiliki dua dampak terhadap rohani. Pertama contoh kebudayaan yang sesuai dengan Alkitab, dan ada juga contoh kebudayaan yang melanggar firman Tuhan.

Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda beberapa contoh kebudayaan yang melanggar ayat Alkitab atau firman Tuhan. Anda dapat menyimak ulasannya di bawah berikut ini.

Contoh Kebudayaan yang Melanggar Ayat Firman Tuhan

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja kita simak pembahasan mengenai contoh kebudayaan yang melanggar firman Tuhan. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Memelihara Tradisi Nenek Moyang

Kita besar dan tinggal di Indonesia, tentunya sudah sering dihadapkan dengan banyak suku bangsa yang sampai saat ini masih memelihara tradisi nenek moyang. Mari kita ingat lagi bagaimana Allah menghancurkan Menara Babel yang saat itu didirikan sangat tinggi, sehingga mereka berpencar dan memiliki bahasa berbeda.

Sejak itu manusia menciptakan Tuhan yang tidak ada karakter Kristus di dalam kehiduapaannya sendiri. Hal ini terus berlanjut kepada keturunannya sampai sekarang, maka tidak heran bila banyak tradisi yang ada, tetap melekat kepada mereka yang melakukannya.

Tapi hal ini merupakan kesalahan besar yang tidak seharusnya dilakukan manusia, karena bisa menyakiti perayaan Tuhan. Meski demikian ada juga beberapa tradisi atau kebudayaan yang wajib dipelihara, contohnya menghormati orang yang lebih tua dari kita. Pada intinya, semua kembali ke diri kita masing-masing.

2. Pola Hidup Konsumtif

Tanpa disadari, setiap hari apa yang kita lakukan kadang bertentangan denagn firman Tuhan. Tak bisa dipungkiri bahwa globalisasi dan ide-ide inovasinya memberi dampak beasr bagi kita, tapi ada baiknya kita menyeleksi apa yang baik dan buruk terhadap kita di hadapan Allah.

Salah satu contoh kebudayaan yang melanggar firman Tuhan yaitu hidup konsumtif. Hidup seperti ini, dalam artian menggunakan suatu produk yang kita butuhkan, namun tidak bisa kita produksi sendiri secara berlebihan.

Bila seseorang sangat konsumtif, bukankah bisa berpengaruh terhadap kehidupannya? Contohnya jika orang yang setiap harinya memakan cepat saji dan tidak memperhatikan kesehatannya sendiri. Dalam janka waktu tertentu ini akan memicu kesehatannya terganggu atau bahkan memicu penyakit pada dirinya.

Apabila kita lihat dari sisi keuangan, orang tersebut melakukan pemborosan. Pemborosan juga melanggar ketetapan Tuhan akan berkat yang Dia berikan kepada kita. Tuhan memberikan kelimpahan kepada kita untuk bisa kita atur sebaik mungkin.

Dia ingin kita bisa mengatur ekonomi sendiri, sehingga apa yang sudah diberikan kepada kita, juga bisa diberikan kepada orang lain yang mungkin lebih membutuhkan. Dengan cara ini, kita juga dapat menjadi orang bijak menurut Alkitab.

3. Penggunaan Barang Elektronik Berlebihan

Banyak remaja hingga orang dewasa masa kini membutuhkan alat elektronik, terutama handphone dan gadget. Hp bagi beberapa kalangan merupakan benda yang tidak bisa dipisahkan sehari-hari, benda ini juga semakin hari semakin dilengkapi beberapa fitur serta layanan yagn membuatnya menjadi sulit dilepaskan.

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap iman, penggunaan Alkitab, fitur Alkitab di hp kadang mempermudah umat Kristiani dan tentunya ini bukan masalah. Tapi jika ketika ibadah mendengarkan firman Tuhan kita mmebawa hp, konsentrasi kita bisa buyar.

Tuhan ingin orang yang percaya kepada-Nya untuk selalu dekat dan menuntut hidup sejalan dengan kehendak-nya. Sebagai manusia, hal ini tidak bisa kita lakukan apabila tidak memiliki fokus dan tekad untuk melaksanakan penyembahan dan pujian kepada diri-Nya.

Akhir Kata

Sekian pembahasan dari kami mengenai contoh kebudayaan yang melanggar ayat firman tuhan. Mudah-mudahan kita bisa menyikapi kebudayaan yang melanggar tersebut dengan lebih baik.

Baca: