Ciri Orang Bijak Menurut Alkitab

Karakteristik Manusia Bijak Berdasarkan Alkitab

Bersamakristus.org – Ciri orang bijak menurut Alkitab. Ketika menjalani kehidupan di dunia, kita harus menjadi orang yang bijak. Bukan malah sebaliknya menjadi orang jahat ataupun bebal.

Tentu saja untuk menjadi bijak, kita tidak bisa melakukannya dalam satu malam saja, apalagi jika semasa hidup kita terus dirasuki roh jahat. Kita harus membiasakan diri, belajar, dan terus berusaha.

Misalnya, kita bisa mencontoh kebijaksanaan Salomo yang sangat terkenal di dalam Alkitab. Selain itu, kita juga bisa mencontoh orang-orang bijak yang ada di sekitar kita.

Tapi jangan sampai salah contoh, makanya kita perlu mengetahui beberapa ciri orang bijak menurut pandangan alkitab. Di bawah ini akan kami paparkan penjelasan lengkapnya.

Ini Ciri Orang Bijak Menurut Pandangan Alkitab

Langsung saja ini dia pembahasan mengenai ciri orang bijak menurut pandangan Alkitab. Anda dapat melihat ulasan lengkapnya pada pembahasan serta penjelasan berikut ini.

1. Mendengarkan Firman Allah

Orang yang bijaksana kerap mendengarkan firman Allah dan melakukannya, meski hal itu bertentangan dengan apa yang kita inginkan. Dijelaskan pula menurut Alkitab bahwa orang yagn mendengarkan firman dan melakukannya ibarat orang yang membangun kehidupan dengan Kristus.

Dengan demikian, pada saat pencobaan datang dalam hidupnya, pencobaan itu justru akan membuatnya makin kuat. Dia juga akan menjadi semakin tangguh dalam melayani Allah, membuatnya memiliki karakter Kristus.

2. Menyikapi Keadaan dengan Baik

Salah satu ayat Alkitab menceritakan tentang semut, yang tidak dipimpin tapi bisa mempersiapkan dan memenuhi kebutuhannya pada waktunya. Sebagai orang bijak, manusia juga harus bisa menyikapi apa yang akan kita hadapi ke depan.

Manusia juga perlu menyiapkan segala yang dibutuhkan untuk menghadapinya. Sama halnya yang dilakukan oleh Yusuf, dia mengumpulkan bahan makanan sebagai persiapan masa kelaparan yang akan melanda bangsa Mesir pada masa yang akan datang.

3. Memperhatikan Langkah

Orang bijak memperhatikan langkahnya, manusia yang tidak berkuasa juga menentukan jalannya sekaligus menetapkan langkahnya, tapi Tuhan Yesus yang berkuasa. Maka dari itu orang bijak akan mengusahakan supaya hidupnya berkenan di hadapan Allah supaya bisa mengikuti jalan yang sudah disiapkan oleh-Nya.

4. Mengasihi Didikan

Orang bijak akan menerima dan mengasihi teguran, serta didikan. Teguran tersebut diberikan kepadanya dan akan membuatnya semakin menjadi bijak di masa depan.

5. Bertumbuh dalam Hikmat

Seseorang yagn bijak mendengarkan serta menambah pengetahuan setiap waktu. Dia akan terus bertumbuh serta semakin bertambah bijak sampai ke depan.

6. Takut Akan Tuhan

Permulaan pengetahuan yaitu takut akan Tuhan, serta dengan mengenal Tuhan kita bisa memperoleh pengertian. Dengan menjadi takut akan Tuhan, orang bisa terhindar dari jeratan maut.

7. Membenci Apa yang Tidak Benar

Sudah dikatakan bahwa orang bijak takut akan Tuhan. Takut akan Tuhan yaitu membbenci kejahatan, kesombongan, tipu muslihat, serta tingkah laku jahat lainnya. Dengan kata lain, orang bijak membenci apa yang tidak benar menurut Allah.

8. Melakukan Apa yang Benar

Ciri orang bijak menurut Alkitab berikutnya yaitu senantiasa melakukan apa yang benar. Sebab kebenaran akan menjaganya supaya tetap berjalan di jalan yang benar, yaitu jalan keadilan.

9. Menghindari Kejahatan

Orang bijak itu takut akan Allah, dan dia pun menjauhi kejahatan. Mereka akan terus memanjatkan doa supaya terus mendapatkan perlindungan terhadap roh kegelapan.

10. Rendah Hati

Dikatakan pula dalam Alkitab ahwa hikmat ada pada setiap orang yang rendah hati. Kerendahan hati mendahului kehormatan, dan kerendahan hati juga menjadi salah satu karakter Kristen sejati.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai ciri-ciri orang bijak menurut alkitab. Semoga dengan adanya pembahasan di atas, kita bisa menjadi orang yang lebih bijak lagi ke depannya.

Baca: