Bentuk Pelayanan Koinonia

Pengertian dan Contoh Koinonia dalam Kristen

Bersamakristus.org – Bentuk pelayanan koinonia. Umat Kristiani terbantu oleh gereja agar bisa memiliki pertumbuhan rohani yang semakin besar dan bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi ke depannya.

Ada banyak hal yang dilakukan gereja, dan hal-hal ini memilki beberapa bentuk pelayanan salah satunya adalah pelayanan koinonia atau persekutuan. Mungkin banyak orang akan menganggap untuk bisa melakukannya adalah dengan beribadah rutin di gereja.

Tapi ternyata tidak, bentuk pelayanan ini sebenarnya lebih fundamental dan menargetkan kita untuk melakukan hal-hal kecil yang bisa kita lakukan sehubungan dengan persekutuan. Gereja membuat transformasi sehingga umat bisa menjadi yang lebih baik dan tetap ada di jalan Tuhan.

Di sini kamia akn menjelaskan beberapa bentuk pelayanan koinonia dalam agama Kristen. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan lengkap di bawah berikut ini.

Bentuk Pelayanan Ibadah Koinonia dalam Gereja Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak beberapa bentuk pelayanan ibadah koinoia dalam gereja Kristen.

1. Mengikuti Doa Lingkungan

Doa lingkungan biasanya dilaksanakan rutin dari keluarga ke keluarga lain. Dengan mengikuti doa lingkungan, maka kita secara langsung dan sadar ingin ikut ambil bagian dalma persekutuan bersama-sama denga saudara seiman. Dengan berdoa juga kiat memuji, memuliakan nama Tuhan sehingga Tuhan hadir di tengah kita.

Dalam penyelenggaraannya, kita juga bisa ambil bagian untuk membantu menyiapkan segala persiapan. Mulai dari menyusun acara, menata tempat, hingga makna berasma dengan saudara seiman. Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat persekutuan terasa menjadi lebih dekat dan nyaman untuk dilakukan.

2. Mengikuti Acara Gereja

Gereja akan membantu umat untuk tumbuh dan berkembang dalam iman. Selain itu gereja juga membantu umat untuk menjadi pribadi yang lebih baik ke depannya. Ada eberapa bentuk pelayanan koinonia yang dislenggarakan oleh gereja dengan tujuan baik tersebut.

Sebagai umar Kristen, maka kita harus mengapresaisi dan mengetahui tujuan baik yang ingin gereja capai demi kebaikan kita semua. Dalam setahun, gereja bisa menyelenggarakan banyak acara, mulai dari retret, seminar, camping rohani, dan masih banyak lagi.

Dengan mengikuti acara yang diselenggarakan gereja, membuat kita tergerak aktif untuk bisa mengikuti persekutuan yang ada. Segala acara yang diselenggarakan oleh gereja juga akan membantu perkembangan iman dan kepercayaan karena akan ada khotbah atau bahan renungan yang disampaikan.

3. Mengikuti Kaum Muda Gereja

Banyak tantangan gereja masa kini, salah satunya adalah minat pemuda yang kurang untuk ambil bagian dalam perkembangan gereja. Banyak dari mereka yang cenderung memikirkan kepentingan pribadi dan seolah bisa menyelesaikan segala sesuatu sendiri.

Sebagian orang yang sangat peduli dengan keadaan gereja melihat hal ini untuk membuat pukulan kepada pemuda pemudi. Sehingga, akan banyak pemuda pemudi yang ikut ambil bagian mengembangkan gereja. Sebagai seorang pemuda atau pemudi, kita juga bisa mendapat manfaat dari adanya persekutuan tersebut karena kita sudah berhasil melakukan satu dari sekian banyak pelayanan koinonia.

Saat kita terjun dan ikut ambil bagian dalam kegiatan pemuda, maka hanya dengan memberikan ide akan acara apa yang dilakukan, selanjutnya kita sudah memberikan kontribusi pada pelayanan koinonia. Jadi, kita tak perlu berkecil hati bila tidak bisa menyelenggarakan persekutuan yang besar karena dengan ide kita saja sudah bisa memberikan kontribusi yang baik dengan niatan yang baik pula.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan mengenai bentuk pelayanan koinonia kristen. Mudah-mudahan dapat menjelaskan kepada Anda mengenai bentuk-bentuk pelayanan koinonia dalam agama Kristen.

Baca: