Sakramen Baptis

Sakramen Baptis Adalah

Bersamakristus.org – Sakramen baptis. Dalam agama Kristen atau Katolik, baptis adalah sakramen inisiasi Kristen yang melambangkan pembersihan dosa. Baptisan juga melambangkan kematian bersama dengan Tuhan Yesus Kristus.

Dengan masuk ke dalam air, orang yang dibaptiskan tersebut juga dilambangkan bahwa dirinya sudah mati. Ketika dirinya keluar lagi dari air, hal tersebut kemudian digambarkan sebagai kebangkitannya kembali.

Tapi mungkin bagi beberapa orang, sakramen baptis masihlah awam untuk dikenali. Banyak yang belum mengetahui akan pengertian, makna, dan macam-macam sakramen baptis.

Pengertian Sakramen Baptis Adalah

Baptis berasal dari kata baptisma, artinya penyelamatan, yang dimaksud di sini adalah air sebagai unsur dasar. Yang mengartikan pembasuhan manusia dari segala dosa dengan menggunakan darah Kristus.

Sakramen baptis adalah salah satu bagian dari sakramen inisiasi sehingga orang bisa menjadi anggota gereja. Dengan mengikuti sakramen baptis, kita akan bebas dari dosa dan dilahirkan kembali menjadi putera putreri Allah sehingga bisa meninggalkan hidup yang lama dan masuk ke kehidupan baru.

Pembaptisan Yesus oleh Yohanes mengajarkan jika tidak perlu orang melakukan pembasuhan diri setiap minggunya. Satu kali pembersihan saja sudah cukup dalam mempersiapkan diri menyambut kedatangan juru selamat.

🔥 Trending:   Tri Tugas Gereja

Selama beberapa abad sebelum Kristus, umat dalam Perjanjian Lama percaya jika semua bentuk kontak engna dunia luar akan membuat mereka tercemar. Sebelum makan dan berdoa, mereka membersihkan diri dan berdoa pada hari Sabat.

Baptisan yang dilakukan Yohanes menjadi simbol perubahan dan baptisan ini tidak memiliki kuasa untuk melakukan perubahan, Yesus pun memberikan kuasa tersebut ketika Yohanes membaptis diri-Nya di Sungai Yordan.

Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu.

Matius 28:18-20

Makna Sakramen Baptis

Pada gereja perdana, pembaptisan dilakukan dengan berbagai cara dan yang dibaptis biasanya orang dewasa. Pembaptisan yang kerap dilakukan adalah membenamkan orang di dalam air, kemudian ntuk para bayi cara membaptisnya diubah dengan menuangkan air di atas kepala.

1. Tanda Pengampunan Dosa

Makna sakramen Baptis pertama adalah tanda pengampunan dosa, Alkitab juga sudah menjelasakn jika setiap orang yang sudah bertobat dan percaya pada Tuhan, maka dia akan diampuni. Pengampunan dengan simbol sakramen baptis yaitu air mewakili darah Kristus untuk menebus dosa manusia.

2. Tanda Milik Kristus

Sakramen ini juga menandakan jika kita adalah milik Kristus. Tanda jika kita sudah menjadi milik-Nya ini yang membuat Tuhan memberikan perintah supaya semua murid diberikan tanda baptis suci.

3. Karunia Hidup Baru

Yohanes sudah mengawali baptisan sebagai tanda hidup baru dan pada perbincandan Nikodemus, Yesus berkata sebagai berikut.

Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seseorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah. Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.

Yohanes 3:5,7

4. Diterima Gereja

Dengan dibaptis, juga menandakan orang yang sudha diterma dalam persekutuan gereja dan menjadi salah satu anggata gereja.

🔥 Trending:   Tujuan Sakramen Krisma

5. Dapat Materai Kekal

Sakramen ini membuat seseorang akan dimateraikan dengan kekal pada materai rohani. Tidak akan pernah bisa dihapus sebagai bagian dari Kristus.

Macam-macam Baptisan dalam Kristen

Ada beberapa gereja yang menolak baptis bayi, namun Katolik melaksanakannya. Berikut beberapa macam baptisan yang dikenal.

1. Baptis Dewasa

Baptis dewasa dilakukan untuk yang mau menjadi Kristen pada usia dewasa, secara jasmani dan rohani. Syaratnya adalah cukup umur, kepercayaan, dan bisa bertanggung jawab terhadap iman.

2. Baptis Anak

Baptis ini merupakan baptis yang dilakukan untuk bayi dan anak kecil yang baru dilahirkan dalam Kristen. Baptis ni tidak didasari ayat Alkitab langsung, melainkan dalam Perjanjian Baru bisa dilihat beberapa ayat yang tersirat tentang baptis yang juga diperuntukkan bagi anak atau bayi.

3. Baptis Darurat

Baptis ini diperuntukkan bagi mereka yang sedang kritis atau sakratul maut, namun pernah mengatakan jika dirinya ingin menjadi Katolik. Bila yang akan dibaptis adalah anak kecil, mereka bergantung pada keinginan orangtua.

Dalam baptiasn ini, bisa dilakukan siapa saja asal memperhatikan rumus trinitas, yaitu: aku membaptis engkau atas nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Setelah itu segera dilaporkan pada paroki tempat pembaptisan tersebut dilaksanakan.

4. Penerimaan

Penerimaan adalah seseorang yang sudah dibaptis di gereja Kristen, namun dia ingin masuk gereja Katolik. Mereka tidak akan dibaptis ulang, karena pembaptisan yang sudah diterima sebelumnya dianggap telah selesai.

🔥 Trending:   Syarat Mengikuti Perjamuan Kudus

Supaya bisa diterima di gereja Katolik, mereka harus ikut bimbingan tentang ajaran Gereja Katolik yang belum didapatkan dari Kristen. Di antaranya adalah sakramen, hierarki gereja, Bunda Maria, dan sebagainya. Penerimaan juga akan dilakukan pada perayaan ekaristi setiap Sabtu atau Minggu.

5. Baptis Darah

Baptis darah adalah baptis yang dilakukan ketika orang yang ingin dibaptis menjadi anggota gereja, dalam hal ini adalah gereja Katolik. Akan tetapi sebelum dibaptis, mereka sudah meninggal karena membela iman yang dimilikinya.

Dengan menerima baptis ini, Tuhan Yesus sudah memberikan kehidupan baru, mengangkat mereka menjadi anak-Nya. Yesus sudah menyebut kita dalam hidup dengan tiga pribadi ilahi, yaitu Allah Tritunggal Maha Kudus, Bapa, Putera, dan Roh Kudus.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan dari kami mengenai pengertian sakramen baptis. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan dapat membuat semuanya lebih paham pengertian apa itu sakramen baptis.

Baca: