Pengaruh IPTEK Terhadap Iman Kristen

Pengaruh IPTEK pada Kepercayaan Umat Kristiani

Bersamakristus.org – Pengaruh IPTEK terhadap iman Kristen. Tidak bisa dipungkiri seiring perkembangan zaman kita tidak bisa memisahkan kehidupan agama dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam ayat Alkitab tentang IPTEK juga sudah banyak disinggung mengenai hal tersebut. Maka, seharusnya yang kita lakukan bukanlah menolak IPTEK, melainkan meleburkannya dengan kehidupan rohani.

Salah satu caranya mengetahui pengaruh IPTEK terhadap iman agama Kristen. Dengan mengetahuinya tentu saja kita bisa meminimalisir apabila ada dampak yang kurang sesuai dengan kehidupan agama.

Meski demikian, banyak pula dampak positif dari IPTEK terhadap kehidupan agama Kristen. Anda bisa langsung menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

Pengaruh IPTEK Terhadap Iman Agama Kristen

Di bawah ini akan kami jelaskan apa saja pengaruh IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi) terhadap iman agama Kristen. Berikut rangkuman lengkapnya hanya untuk Anda.

1. Memuliakan Tuhan

Pengaruh IPTEK terhadap iman Kristen yaitu di kehidupan kita sebagai manusia adalah untuk memuliakan Tuhan. Tuhan sudah memberikan pengetahuan serta rasa penasaran untuk membuat sesuatu yang bisa dipakai oleh manusia.

Seperti diketahui, lewat pandangan iman, kita bisa mengerti segala pengetahuan akan alam semesta berasal dari Tuhan. Perkembangan teknologi membuat pelayanan kita menjadi makin mudah, terutama untuk orang yang mungkin tidak bisa kita jangkau dalam waktu singkat.

IPTEK juga membantu manusia, terutama kaum beriman untuk menyebarkan Injil. Dengan demikian setiap telinga bisa mendengar sekaligus mengetahui kebenaran akan Tuhan.

2. Takut Akan Tuhan

Dengan adanya pengaruh IPTEK terhadap kehidupan agama Kristen, tentu kita semakin sadar bahwa Tuhan ada di atas segalanya. Rasa takut akan Tuhan pun bisa kita rasakan kembali.

Bila kita melihat pengaruh IPTEK secara mendasar, bisa membuat kita merasakan betapa besarnya kuasa Tuhan. Tuhan tidak hanya bertindak pada 2.000 tahun lalu, melainkan masih tetap ada sampai sekarang dan bekerja.

Sekiranya kaum beriman haruslah tetap mengutamakan Tuhan serta pelayanan meskipun di samping itu kita bisa menghindari dari penggunaan IPTEK. Kita harus menjadi contoh terang dan garam dunia di kehidupan manusia.

3. Pemberian Tuhan

Saat manusia pertama kali diciptakan oleh Tuhan, semua yang terbaik diberikan oleh-Nya kepada manusia ciptaan-Nya. Mulai dari wajah, rupa, hayat, sampai dengan fasilitas yang dipakai, termasuk ilmu pengetahuan.

Tuhan memberikan ilmu pengetahuan kepada manusia yang dikasihani karena Tuhan tahu apa yang dibutuhkan manusia setiap hati. Hal ini juga sudah diterangkan dalam ayat Alkitab.

“Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan”

Amsal 1:5

Tuhan mau kita terus mencari ilmu, bahkan tidak hanya dalam 12 tahun di masa pendidikan formal saja, melainkan seumur hidup. Belajar bukan untuk mengetahui ilmu saja, melainkan juga belajar untuk mengerti keadaan kita setiap harinya.

4. Tidak Menyalahgunakan IPTEK

Adanya IPTEK membuat kita bisa memastikan terdapat dua efek yang ditimbulkan, yaitu negatif dan positif. IPTEK bila dipandang dari nilai baiknya maka bertujuan untuk memuliakan serta takut akan Tuhan.

Tapi hal tersebut juga bisa diperdaya oleh iblis untuk mengikat manusia lebih banyak lagi. Contohnya sekarang penggunaan hp menyita waktu kita sepanjang hari, iblis tahu waktu merupakan sebuah hal yang berharga bagi manusia, terutama remaja.

Pemanfaatan waktu yang baik ini yang Tuhan inginkan serta menggunakan lebih banyak waktu untuk mencari dan melayani Tuhan. Dengan demikian kita bisa menjadi bagian orang bijak yang disukai oleh Tuhan.

5. Firman Tuhan Tolak Ukur IPTEK

Sebagai orang beriman, tentu kita berkewajiban menggunakan firman Tuhan sebagai tolak ukur segalanya, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk mempelajari semua firman Tuhan yang ada di dalam Alkitab, bukan perkara mudah dan bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Kita harus memiliki hati yang rindu untuk menuntut kesegaran dari Tuhan. Tuhan mau sipaya kita bijak dalam menghadapi kehidupan di tengah masyarakat dan perkembangan IPTEK.

“Kenakanlah seluruh perlengkapan senjaya Allah supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis”

Efesus 6:11

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai pengaruh iptek terhadap iman agama kristen. Mudah-mudahan kita bisa menyikapi dengan bijak adanya IPTEK di lingkungan keagamaan.

Baca: