Hubungan Iman Kristen dengan Ilmu Pengetahuan

Kaitan Iman Kristen dan IPTEK Menurut Alkitab

Bersamakristus.org – Hubungan iman Kristen dengan ilmu pengetahuan. Kita sebagai umat Kristen harus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan yang tumbuh sangat cepat setiap waktu. Perkembangan ini ditandai juga dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Tuhan pun tak membatasi atau melarang manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Bahkan, Tuhan sudah memberikan karunia kepada manusia untuk selalu berkarya mengembangkan talentanya.

Teknologi juga menjadi berkat dari Tuhan, meski kadang disalahgunakan oleh manusia dan hal tersebut menimbulkan dosa. Maka dari itu teknologi harus dibuat untuk membantu menjalani kehidupan dan melewati pencobaan.

Kita tidak boleh dikuasai teknologi, melainkan kita yang harus menguasai teknologi supaya tetap bisa mencapai tujuan. Sangat penting bagi kita untuk membangun kehidupan atas dasar yang kokoh, sehingga tak hanyut ke pengaruh negatifnya.

Hubungan Iman Kristen dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan pertimbangan.
Amsal 1:5

Ayat di atas menjelaskan Tuhan memerintahkan manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan yang ada dalam dirinya dan mencari bahan pertimbangan agar manusia jadi lebih bijak. Tuhan juga memerintahkan manusia untuk menguasai dunia dan untuk menaklukannya pasti membutuhkan teknologi.

1. Bidang Pendidikan

Pada bidang pendidikan ada beberapa dampak adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dampak positif yang dihasilkan adalah adanya media massa dan elektronik. Media tersebut menjadi sumber ilmu pendidikan, muncul metode pembelajaran baru yang memudahkan guru dalam pembelajaran.

Namun di sisi lain juga ada dampak negatifnya, yaitu pelajar jadi malas untuk membaca dan belajar serta banyaknya pelanggaran asusial yang terjadi. Ada juga penyalahgunaan pengetahuan untuk keuntungan diri sendiri dengan cara macam-macam.

2. Bidang Informasi dan Komunikasi

Banyak dampak positif yang dihasilkan di bidang informasi dan komunikasi. Salah satunya adalah informasi bisa tersebar dengan cepat serta kita bisa berkomunikasi dengan jarak jauh dan waktu yang singkat.

Tidak hanya itu di masa sekarang kita juga bisa dengan mudah mencari informasi dan dengan cepat dan tepat, dengan teknologi pula kita bisa melakukantransaksi dengan cepat secara online. Adapun dampak negatifnya adalah adanya kelebihan informasi dan hilangnya privasi orang karena dengan teknologi semua bisa diakses.

3. Bidang Ekonomi dan Industri

Di bidang ekonomi dan industri, ada beberapa dampak yaitu dengan peningkatan kualitas dan kuantitas produk serta produksi barang yang makin cepat. Dampak negatifnya adalah maraknya terjadi PHK serta meningkatnya pengangguran dan meningkat pula polusi serta limbah pabrik yang bisa mencemari lingkungan.

4. Bidang Sosial dan Budaya

Terakhir dalam bidang sosial dan budaya, sikap konsumerisme, individualisme, dan merosotnya mental jadi salah satu dampak yang dihasilkan dari ilmu pengetahuan. Selain itu juga bisa menghilangkan sikap gotong royong yang menjadi tradisi banyak masyarakat di masa lampau.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan mengenai hubungan iman agama kristen dengan ilmu pengetahuan. Mudah-mudahan bisa menjelaskan lebih lengkap tentang kaitan antara iman dalam agama Kristen dengan IPTEK di masa sekarang.

Baca: