Cara Mengatasi Depresi Menurut Kristen

Tips Mengusir Depresi dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Cara mengatasi depresi menurut Kristen. Setiap orang mungkin pernah mengalami depresi, merasa khawatir, was-was, dan takut akan suatu hal.

Padahal Allah telah menjelaskan kepada semua manusia, tidak perlu depresi. Allah tetap akan ada di samping kita, membantu menguatkan kita melewati pencobaan yang diberikan.

Kita pun juga bisa memanjatkan doa penenang hati dan pikiran, sehingga membuat kita menjadi lebih lega. Tidak hanya itu, ada beberapa cara mengatasi depresi menurut Alkitab dan Kristen.

Pada kesempatan ini kami akan membagikan kepada Anda tentnag beberapa cara mengatasi depresi menurut pandangan agama Kristen. Anda bisa menyimak ulasan dan rangkuman selengkapnya pada panduan berikut ini.

Cara Mengatasi Depresi Menurut Alkitab dan Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja kita lihat beberapa cara mengatasi depresi menurut Alkitab dan agama Kristen. Anda dapat melihat ulasannya lengkap di bawah ini.

1. Memuji Tuhan

Langkah menghilangkan depresi yang paling manjur yaitu dengan memuji nama Tuhan. Seperti firman Allah, hati yang gembira adalah obat. Maka itu menyembahlah dengan tujuan memuji Tuhan karena sukacita bisa membantu meredakan depresi yang kita alami.

2. Baca Firman

Hal berikutnya untuk meredakan depresi adalah dengan membaca firman Allah. Dengan membaca firman, maka akan menjadi lebih mudah memahami rencana Allah dalam hidup kita. Akibatnya, hati menjadi lebih tenang dan depresi menjadi lebih mudah hilang.

3. Berpuasa

Ketiga yaitu berpuasa, karena hal ini akan membuat kita menjadi semakin dekat dengan Allah dan makin memahami tujuan hidup menurut kehendak-Nya. Oleh karena itu dengan puasa, akan membantu meringankan depresi yang kita alami.

4. Berserah

Cara mengusir depresi menurut Kristen yang ampuh berikutnya sebaiknya kita serahkan kepada Tuhan, sebab manusia itu terbatas dan Tuhan tiada baas. Dengan berdoa dan berserah, beban depresi akan menjadi berkurang dan hati juga akan lebih lega.

5. Bersekutu

Apabila ingin terhindar dari depresi, maka sebaiknya juga untuk selalu bersekutu di dalam nama Tuhan. Contohnya memiliki waktu untuk mendatangi persekutuan doa atau acara ibadah keluarga dari rumah ke rumah. Hati tentunya akan menjadi lebih tenang dan gembira apabila bersekutu dengan teman seiman.

6. Berdoa

Agar bisa terhindar dari depresi, maka sebaiknya dekatkan diri kepada Allah dengan cara berdoa, karena doa membantu membangun keintiman bersama Allah. Jiwa dan roh dalam tubuh kita pun akan terhibur oleh Roh Kudus yang dikirimkan Tuhan untuk memberikan penyertaan kepada kita.

7. Beribadah

Mendatangi ibadah secra rutin juga bisa menjadi salah satu obat jiwa dan menyejukkan hati yang gundah gulana. Maka dri itu jangan pernah lewatkan ibadah mingguan, teruslah setia untuk beribadah karena dengan demikian depresi akan bisa lebih berkurang.

Akhir Kata

Mungkin itulah penjelasan tentang cara mengatasi depresi menurut agama kristen. Semoga bisa menjelaskan kepada Anda apa-apa saja yang perlu kita lakukan supaya tidak larut dalam suasana depresi.

Baca: