Orang Kristen Membaca Al-Quran

Apa Boleh Umat Kristen Baca Al-Quran

Bersamakristus.org – Bolehkan orang Kristen membaca Al-Quran. Dalam agama Kristen atau Katolik, kita mengenal Alkitab sebagai kitab suci. Sedangkan dalam Islam, kitab sucinya adalah Al-Quran.

Al-Qur’an, Qur’an, atau Quran merupakan sebuah kitab suci utama dalam agama Islam, seluruh umat Muslim percaya bahwa kitab tersebut diturunkan oleh Allah SWT, kepada Nabi Muhammad.

Kitab Al-Quran ini terbagi ke dalam beberapa surah, setiap surahnya terbagi ke dalam beberapa ayat. Total jumlah surah yang ada di dalamnya adalah 114, sedangkan jumlah ayatnya mencapai 6.666 ayat.

Apakah orang Kristen boleh membaca Al-Quran? Sebab itu merupakan kitab suci agama lain? Mungkin penjelasan berikut bisa sedikit memberi pencerahan kepada Anda.

Bolehkah Orang Kristen Membaca Al-Quran

Berikut penjelasan dan pembahasan mengenai bolehkah orang agama Kristen baca Al-Quran? Ini dia ulasannya dirangkum dari berbagai sumber yang terpercaya.

1. Untuk Menambah Pengetahuan

Kita harus mengerti dulu sebenarnya kenapa kita membaca Al-Quran. Ada banyak alasannya, ada yang ingin belajar bahasa Arab di tempat kursus dan diminta membaca Al-Quran, ada yang ingin mengetahui ajaran Islam, tapi ada juga yang ragu dengan KRisten.

Sebenarnya tidak ada salahnya membaca, namun yang perlu diperhatikan adalah cara kita menyikapi bacaan tersebut. Kitab suci seharusnya dibaca dengan sepenuh hati oleh orang beriiman. Kita tidak bsia membaca Alkitab untuk hiburan seperti baca novel.

Sebagai umat Kristiani, kita juga tidak bisa membaca Alkitab hanya untuk sekedar tahu isinya seperti apa layaknya buku pengetahuan umum. Pada saat kita membaca Alkitab, karena kita ingin mengenal hadirat Allah dalam hidup kita.

Orang Kristen yang membaca Al-Quran tentu saja boleh, asal memiliki sikap yang benar dengan bacaan Al-Quran tersebut. Jika kita hanya ingin menambah pengetahuan, tidak salah. Justru orang Kristen diminta untuk mencari pengetahuan yang luas.

2. Menjaga Iman Percaya

Orang Kristen tidak bisa membaca Al-Quran jika memiliki iman yagn lemah dan mudah goyah. Mungkin ada perkara yang tidak kita mengerti dalam ajaran Kristen, kemudian setelah membaca perkata itu dalam Al-Quran dan merasa ada benarnya, kita tergugah.

Hal ini seharusnya membuat kita waspada, jika tidak bisa menjaga iman. Maka dari itu jika kita masih ragu dengan iman kita, sebaiknya urungkan dulu niat membaca Al-Quran. Jangan sampai keputusan yang kita buat malah menjauhkan kita dari Kristen.

3. Hadits dalam Al-Quran

Meskipun tidak dosa, namun kita perlu mengetahui apa yang diminta orang Islam sebagai pemili kitab suci tersebut. Dalam Islam, ada hadits yang membahas terkait umat non-Islam yang menyentuh Al-Quran.

“Jangan menyentuh Al-Qur’an selain orang yang dalam keadaan suci.”

Sunan Ad-Daruquthni: 1/122 dan Sunan Al-Baihaqi: 1/87-88

Hadits itu melarang orang yang tidak dalam keadaan suci untuk menyentuh Al-Quran, artinya orang harus wudhu dulu untuk boleh menyentuhnya, apalagi orang Kristen. Suci yang dimaksud di sini berdasarkan pandangan Islam, bukan secara umum.

Tapi kita tahu bahwa dunia sudah berkembang, kita bisa membaca Al-Quran elektronik. Sama seperti Alkitab yang juga sudah ada versi elektroniknya. Tentu saja perangkat elektronik bisa membantu kita membaca Al-Quran tanpa melanggar hadits.

4. Menghargai Pendapat Orang Islam

Ktia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Setiap hari, setiap saat, kita perlu berinteraksi dengan orang lain. Terutama di Indonesia kita juga harus berinteraksi dengan orang lain tak terkecuali umat Islam.

Hukum kasih bisa umat Kristen terapkan dengan menghormati dan menghargai pendapat orang lain. Jika orang Islam di sekitar kita tidak merasa masalah ketika kita membaca Al-Quran, maka tidak menjadi persoalan.

Tapi jika orang Isalm tidak setuju dan melarangnya, maka kita sebaiknya jangan melakukan hal tersebut. Bagaimanapun, tidak ada untung atau ruginya bagi kita jika tidak membaca Al-Quran. Menghargai dan menghormati mereka adalah hal penting.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai bolehkah orang agama kristen membaca al-quran. Anda bisa mengikuti penjelasan yang sudah diutarakan, sehingga terhindar dari kesalahan.

Baca: