Ayat Alkitab Tentang Rentenir

Ayat Firman Tuhan Mengenai Rentenir

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab tentang rentenir. Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah rentenir, karena memang di masa sekarang ada banyak orang yang menjadi rentenir.

Rentenir adalah seseorang yang melakukan kegiatan peminjaman uang, harta, atau modal kepada pihak lagin. Namun cara yang dilakukan terlalu berlebihan dan membebankan bunga yang sangat tinggi sehingga menyusahkan peminjam.

Renten atau kegiatan renten merupakan suatu aktifitas yang dilakukan seseorang meminjamkan uang dengan bunga yang berlipat-lipat ganda. Hal tersebut memungkinkan bunga tersebut melebihi utang pokoknya jika cicilannya terlambat.

Dalam ayat-ayat Alkitab berikut, dijelaskan bahwa seorang manusia dilarang menjadi rentenir. Bagi yang masih nekat, coba baca lagi beberapa penjelasan firman Tuhan yang ada di bawah ini.

Ayat Emas Alkitab Tentang Rentenir

Berikut ini beberapa kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang rentenir. Silahkan simak ulasannya yang kami rangkum dari berbagai sumber di bawah ini.

Tidak memungut bunga uang atau mengambil riba, menjauhkan diri dari kecurangan, melakukan hukum yang benar di antara manusia dengan manusia, hidup menurut ketetapan-Ku dan tetap mengikuti peraturan-Ku dengan berlaku setia ialah orang benar, dan ia pasti hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Yehezkiel 18:8-9

“Janganlah engkau membungakan kepada saudaramu, baik uang maupun bahan makanan atau apapun yang dapat dibungakan. Dari orang asing boleh engkau memungut bunga, tetapi dari saudaramu janganlah engkau memungut bunga supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau dalam segala usahamu di negeri yang engkau masuki untuk mendudukinya.”

Ulangan 23:19-20

Orang yang memperbanyak hartanya dengan riba dan bunga uang, mengumpulkan itu untuk orang-orang yang mempunyai belas kasihan kepada orang-orang lemah.

Amsal 28:8

Memungut bunga uang dan mengambil riba, orang yang demikian tidak akan hidup. Segala kekejian ini dilakukannya, ia harus mati; darahnya tertimpa kepadanya sendiri.

Yehezkiel 18:13

Jika engkau meminjamkan uang kepada salah seorang dari umat-Ku, orang yang miskin di antaramu, maka janganlah engkau berlaku sebagai seorang penagih hutang terhadap dia: janganlah kamu bebankan bunga uang kepadanya.

Keluaran 22:25

Janganlah engkau mengambil bunga uang atau riba dari padanya, melainkan engkau harus takut akan Allahmu, supaya saudaramu dapat hidup di antaramu. Janganlah engkau memberi uangmu kepadanya dengan meminta bunga, juga makananmu janganlah kauberikan dengan meminta riba.

Imamat 25:36-37

Yang tidak meminjamkan uangnya dengan makan riba dan tidak menerima suap melawan orang yang tak bersalah. Siapa yang berlaku demikian, tidak akan goyah selama-lamanya.

Mazmur 15:5

Menjauhkan diri dari kecurangan, tidak mengambil bunga uang atau riba, melakukan peraturan-Ku dan hidup menurut ketetapan-Ku orang yang demikian tidak akan mati karena kesalahan ayahnya, ia pasti hidup.

Yehezkiel 18:17

Padamu orang menerima suap untuk mencurahkan darah, engkau memungut bunga uang atau mengambil riba dan merugikan sesamamu dengan pemerasan, tetapi Aku kaulupakan, demikianlah firman Tuhan ALLAH.

Yehezkiel 22:12

Setelah berpikir masak-masak, aku menggugat para pemuka dan para penguasa. Kataku kepada mereka: “Masing-masing kamu telah makan riba dari saudara-saudaramu!” Lalu kuadakan terhadap mereka suatu sidang jemaah yang besar. Kataku: “Tidaklah patut apa yang kamu lakukan itu! Bukankah kamu harus berlaku dengan takut akan Allah kita untuk menghindarkan diri dari cercaan bangsa-bangsa lain, musuh-musuh kita?

Nehemia 5:7 dan 9

Kumpulan Ayat Alkitab Lainnya

Kami juga masih punya banyak ayat emas Alkitab atau firman Tuhan mengenai selain rentenir. Anda bisa menyimaknya pada pembahasan di bawah dijadikan renungan dan saat teduh.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai ayat emas alkitab tentang rentenir. Semoga kita terhindar dari rentenir dan dijauhkan dari sikap seperti seorang rentenir yang telah dijelaskan di atas.

Baca: