Hubungan Iman dengan Kesehatan Tubuh

Kaitan Iman Kristen dan Kesehatan

Bersamakristus.org – Hubungan iman dengan kesehatan tubuh. Mungkin kita tidak pernah berpikir, bahwa ada hubungan antara keperacyaan kepada Yesus Kristus dalam Kristen dengan sehatnya tubuh, benar demikian?

Seperti diketahui bahwa manusia tidak akan selamanya menjalani kehidupan dengan sehat. Pasti akan ada masanya di mana tubuh kita lemah serta mengalami sakit entah itu ringan atau parah.

Pada saat sakit, kita dianjurkan untuk memanjatkan doa Kristen untuk orang sakit. Dengan pertolongan Tuhan, Dia bisa mengangkat penyakit yang ada di dalam tubuh kita sehingga bisa keluar dan tidak lagi hinggap di tubuh.

Tapi, sebenarnya apa hubungan iman Kristen dengan kesehatan tubuh? Berdasarkan berbagai pandangan serta ayat emas Alkitab, berikut kaitan iman kepercayaan dalam Kristen dengan tubuh yang sehat.

Ini Hubungan Iman Kristen dengan Kesehatan Tubuh

Langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, berikut silahkan simak ulasan lengkap mengenai hubungan antara iman Kristen dengan kesehatan tubuh. Simak selengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

1. Kesehatan Bukti Iman Atas Dasar Kasih kepada Sesama

Mengasihi sesama juga terlihat sangat nyata bila diterapkan dalam kehidupan keluarga. Orang tua yang mengasihi anak-anaknya akan memberikan mereka makanan yang sehat. Itu semua merupakan pertahanan drii dari pencegahan penyakit.

Seorang anak yang sakit bisa menimbukan polemik di keluarga. Bahkan tidak jarang orangtua juga tertular penyakit yang dibawanya dari luar. Dalam kehidupan bertetangga, bergotong royong merupakan salah satu bukti nyata bahwa orang beriman benar-benar mengasihi sesamanya.

2. Kesehatan Bukti Iman Atas Dasar Kasih kepada Diri Sendiri

Setiap orang percaya diharapkan mampu mengontrol keinginan daging, misalnya dalam masalah makanan untuk memperolehnya dan meningkatkan kesehatan. Orang Kristen tidak boleh mencobai Tuhan, misalnya beralasan sudah mendoakan dan meminta Tuhan memberkati makanan yang dimakan, meskipun ia tahu bahwa itu adalah makanan pantangan bagi dirinya.

Orang Kristen yagn mengetahui cara mengobati penyakitnya juga harus menggunakan pengetahuan itu sebagai bukti ia mengasihi dirinya sendiri. Dalam konteks kesehatan, orang Kristen akan benar-benar beriman dan akan mengasihi dirinya sendiri demi mencerminkan karakter Kristen sejati.

3. Kesehatan Bukti Iman Atas Dasar Kasih kepada Allah

Hubungan iman Kristne dengan kesehatan tubuh ditunjukkan pada 2 Tawarikh 16:12. Dijelaskan bahwa ilmu pengobatan adalah karunia Allah, tapi hanya Allah sendiri, sebagai pencipta obat yang bisa memberikan kesembuhan. Tuhan tidak ingin manusia mengandalkan pikirannya sendiri. Tuhan mau supaya manusia selalu hidup bersandar kepada-Nya.

Bagi orang Kristen, kesehatan spiritual lebih penting dibandingkan kesehatan tubuh. Orang Kristen tidak dikendalikan oleh prinsip yang salah, yaitu prinsip yang menyatakan kebahagiaan sejati bsia ditemukan dalam hidup ini dan kesehatan adalah kunci kebahagiaan. Orang Kristen memelihara kesehatan hanya supaya mereka dapat mengasihi dan melayani Tuhan dengan lebih efektif.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan lengkap dari kami mengenai hubungan iman kristen dengan kesehatan. Semoga bisa menambah wawasan rohani kita tentang keterkaitan antara iman dalam agama Kristen dengan kesehatan.

Baca: