Pandangan Alkitab Tentang Lingkungan Hidup

Firman Tuhan Mengenai Lingkungan Hidup

Bersamakristus.org – Pandangan Alkitab tentang lingkungan hidup. Kita hidup di bumi, di mana manusia bukan satu-satunya merupakan makhluk yang hidup melainkan ada hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar.

Maka dari itu kita harus memahami bahwa melestarikan alam adalah tugas kita sebagai orang yang menguasai bumi. Seperti yang dijelaskan dalam renungan Kristen tentang lingkungan hidup.

Dalam Alkitab juga banyak sekali petunjuk-petunjuk penting mengenai menjaga lingkungan hidup. Agar lingkungan tetap lestari, aman, dan bisa bertahan selama-lamanya.

Kita juga dilarang merusak alam, kita tidak boleh menghancurkan apa yang Allah berikan kepada kita. Jangan sampai citra-Nya menjadi jelek hanya karena kesalahan dan keegoisan kita.

Ini Pandangan Alkitab Tentang Lingkungan Hidup

Di bawah ini, ada beberapa pandangan dalam Alkitab mengenai lingkungan hidup yang dapat menjadi renungan dan saat teduh bagi kita. Simak selengkapnya pada uraian dan ulasan di bawah ini.

1. Semua Ciptaan-Nya Berharga

Kebesaran Tuhan tampak dalam Mazmur 104, disebutkan dengan emnggambarkan ketakjuban pemazmur yang telah menyaksikan Tuhan yang tidak hanya mencipta, namun juga mengembangkannya dan terus memelihara ciptaan-Nya.

Ayat 13, 16, 18, dan 17, menjelaskan penggambaran pohon yang diberi makan oleh Tuhan, termasuk semua ciptaan menantikan makanan dari Tuhan. Menariknya, bukan hanya manusia yang menanti kasih dan berkat Allah, tapi juga seluruh ciptaan-Nya yang ada di lingkungan hidup.

Selain itu, penonjolan kedudukan dan kekuasaan manusia atas ciptaan lainnya tidak tampak. itu berarti bahwa manusia atau ciptaan lainnay tunduk pada kemahakuasaan Allah. Dalam ayat 30 dijelaskan secara khusus: Apabila Engkau mengirim roh-Mu, mereka tercipta, dan Engkau membaharui muka bumi.

Kata roh di situ seringkali dikaitkan dengan unsur kehidupan, dan ayat ini jelas menunjukkan bahwa bukan hanay manusia yang diberi kehidupan melainkan juga ciptaan lainnya. Betapa berharganya seluruh ciptaan di hadapan Tuhan. Roh Allah terus berkarya dan memberikan kehidupan.

Singkatnya, bisa disimpulkan bahwa sebagai pencipta, Allah sesuai rencana-Nya yang agung telah menciptakan sesuatu sesuai dengan maksud dan fungsinya masing-masing. Jadi, sikap eksploitatif terhadap alam adalah bentuk penodaan dan perusakan terhadap karya Allah yang agung itu.

2. Semua Ciptaan Diselamatkan Melalui Kristus

Dimensi kosmologis (ciptaan Allah) yang terkait erat dengan hal keutamaan Kristus, khususnya karya pendamaian, penebusan, serta penyelamatan-Nya atas semua ciptaan Allah. Dalam ayat 23 dijelaskan bahwa Injil diberitakan kepada seluruh alam.

Melalui Kristus diciptakan dan melalui Kristus pula llah berinisiatif melakukan pendamaian dengan ciptaan-Nya. Saat ni alam berada di bawah kuasa-Nya dengan demikian kosmos mengalami pendamaian. Bagian ini juga menekankan arti universal tentang peristiwa Kristus melalui penampilan dimensi kosmosnya melalui pembicaraan tentang keselamatan di seluruh dunia, termasuk ciptaan-Nya.

Kristus membawa pendamaian dan keharmonisan bagi semua ciptaan melalui kematian serta kebangkitan-Nya. Penebusan kristus juga dipahami sebagai penebusan kosmos yang mencakup seluruh alam dan ciptaan-Nya. Penyelamatan juga mencakup pendamaian atau pemulihan hubungan yang telah rusak antara manusia dan ciptaan lainnya.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan lengkap dari kami mengenai pandangan alkitab kristen tentang lingkungan hidup. Semoga bisa menjelaskan kepada Anda mengenai pandangan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan mengenai menjaga lingkungan.

Baca: