Ayat Alkitab Tentang Berbagi

Ayat dalam Alkitab Tentang Berbagi Berkat

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab tentang berbagi kepada sesama. Di kesempatan sebelumnya kami telah membagikan beberapa kumpulan ayat alkitab tentang memberi sumbangan kepada orang lain.

Perlu diingat bahwa memang benar jika sebagai orang yang tak bisa hidup sendiri di dunia ini, kita harus bersikap ramah terhadap orang lain. Jangan lupa untuk saling tolong menolong memberikan bantuan bagi orang membutuhkan.

Mulailah dari orang yang terdekat dulu. Misalnya ketika adik kita meminta diajari PR, maka bantulah dia. Kemudian berlanjut ke masyarakat, jika ada yang menjadi korban bencana, sumbanglah pakaian dan makanan. Begitu pula terhadap bangsa, negara, dan agama.

Seseorang yang kerap berbagi dan peduli kepada sesama tidak akan menjadi miskin. Justru sebaliknya, Tuhan akan semakin memberikan keleluasaan terhadap kita dengan cara memberikan berkat dan penyertaan yang semakin berlimpah.

Hal tersebut telah dijelaskan banyak di dalam ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang berbagi dan peduli. Di sini, kami akan membagikannya untuk Anda, silahkan disimak.

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Berbagi dan Peduli

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai kumpulan daftar ayat emas Alkitab atau firman Tuhan yang menjelaskan tentang pentingnya berbagi dan peduli.

1. Berbagi Kepada Sesama

Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga.Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Matius 6: 1-2

Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

Matius 6- 3-4

Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang.

Matius 23: 5

Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

Matius 6: 20-21

Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya.

1 Timotius 6: 17-19

Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

Lukas 6: 38

Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.

Amsal 19: 17

Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

Matius 25: 40

Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.

Amsal 22: 9

Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.

Amsal 3: 27

2. Berbagi Berkat

Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan meluputkan dia pada waktu celaka.

Mazmur 41: 1

Jika sekiranya ada di antaramu seorang miskin, salah seorang saudaramu di dalam salah satu tempatmu, di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau menegarkan hati ataupun menggenggam tangan terhadap saudaramu yang miskin itu,tetapi engkau harus membuka tangan lebar-lebar baginya dan memberi pinjaman kepadanya dengan limpahnya, cukup untuk keperluannya, seberapa ia perlukan.

Ulangan 15: 7-8

Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

2 Korintus 9: 6-7

Engkau harus memberi kepadanya dengan limpahnya dan janganlah hatimu berdukacita, apabila engkau memberi kepadanya, sebab oleh karena hal itulah TUHAN, Allahmu, akan memberkati engkau dalam segala pekerjaanmu dan dalam segala usahamu.Sebab orang-orang miskin tidak hentinya akan ada di dalam negeri itu; itulah sebabnya aku memberi perintah kepadamu, demikian: Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu.

Ulangan 15: 10-11

Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya.

Mazmur 24: 1

Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.

Ulangan 8: 18

Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

1 Korintus 4: 2

Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang.

Ibrani 6: 10

Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.

Matius 6: 24

Tiga ribu talenta emas dari emas Ofir dan tujuh ribu talenta perak murni untuk menyalut dinding ruangan,yakni emas untuk barang-barang emas dan perak untuk barang-barang perak dan untuk segala yang dikerjakan oleh tukang-tukang. Maka siapakah pada hari ini yang rela memberikan persembahan kepada TUHAN?

1 Tawarikh 29: 4-5

Daftar Ayat Alkitab Firman Tuhan Lainnya

Selain mengenai berbagi dan peduli, kami sebelumnya juga telah membahas banyak hal mengenai kumpulan ayat-ayat Alkitab penting lainnya selain mengenai berbagai kepada sesama.

Akhir Kata

Demikian ulasan dan pembahasan singkat mengenai ayat alkitab tentang berbagi kepada sesama. Semoga adanya ayat Alkitab tentang berbagi berkat kepada sesama ini bisa membuat kita semakin jadi orang yang murah hati untuk menglurkan tangan memberikan bantuan. Haleluya, amin.

Baca: