Kegiatan Sekolah Minggu

Kegiatan Mengajar Menarik Sekolah Minggu

Bersamakristus.org – Kegiatan sekolah minggu. Sekolah minggu merupakan salah satu tempat terbaik untuk anak-anak mempelajari ilmu agama. Mereka akan diajar oleh guru berpengalaman.

Guru-guru sekolah minggu ibarat guru PAUD, TK, dan sekolah dasar. Untuk kelas kecil, kadang mereka mengiringi sesi belajar dengan bermain, sementara untuk kelas besar kadang lebih serius.

Tentunya ada berbagai bentuk cara belajar mengajar di sekolah minggu yang diterapkan. Sehingga anak-anak tidak merasa bosan dan mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru.

Tapi, bagi guru baru atau pengurus sekolah minggu baru, mungkin akan sedikit merasa kebingungan untuk menentukan ide kegiatan sekolah minggu yang kreatif, menarik, asik, dan bagus.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami ingin membagikan beberapa contoh daftar kegiatan mengajar di sekolah minggu. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Daftar Kegiatan di Sekolah Minggu

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai daftar kumpulan kegiatan di sekolah minggu yang menyenangkan. Simak dalam ulasan berikut.

1. Liwetan

Biasanya kebiasaan ini tetap bertahan di pedesaan. Kakak guru bisa memanfaatkannya sambil memberitakan firman Tuhan kepada keluarga yang hadir. Salah satu caranya ialah bisa dengan tiap-tiap keluarga membawa lauk yang bakal disantap saat bancakan atau liwetan.

Sebelum makan, kakak dan anak-anak bisa mementaskan drama Alkitab yang telah anak pelajari sebelumnya. Setelah itu tiap-tiap keluarga bisa mendoakan pergumulannya dengan sebelum akhirnya menyantap makanan beramai-ramai.

2. Game Membangun Komunitas

Kakak termasuk bisa membaut sebuah kartu domino berukuran 1×2 meter dari karton. Buatlah garis di sedang karton dan berikan lebih dari satu lingkaran kecil di masing-masing sisinya. Misalnya tersedia yang di sisi kanannya 6 lingkaran, dan di sisi lainnya 3 lingkaran. Buatlah lebih dari satu domino dan menyediakan domino yang punya sisi kosong (tidak tersedia lingkarannya).

3. Memasak Bersama

Kakak bisa menyediakan bahan masakan yang gampang dimasak keluarga di sekolah minggu. Lalu, kakak bisa mengajak tiap-tiap keluarga memasak dengan dengan bahan-bahan tersebut. Setelah itu sambil makan, kakak atau gembala/pendeta bisa menyampaikan firman Tuhan yang terjalin dengan makan bersama. Misalnya mengeenai Perkawinan di Kana, Perjamuan Terakhir, atau cerita Alkitab lainnya.

4. Talent Show

Ajaklah tiap-tiap anak untuk mempersiapkan talent show dengan keluarga. Contohnya seperti menyanyi, menari, darma, panggung boneka, dan lainnya. Setelah itu mereka bakal mempersembahkannya dan keluarga lainnya menikmati.

5. Fun Run

Kakak guru sekolah minggu termasuk bisa mengajak anak-anak beserta keluarga untuk berolahraga dengan sambil menolong service penginjilan di generasi ini.

Akhir Kata

Demikian pembahasan lengkap mengenai kegiatan di sekolah minggu. Semoga artikel yang membahas mengenai kegiatan-kegiatan seru di sekolah minggu ini bisa menjadi referensi untuk Anda, para guru di sekolah minggu.

Baca:

Tinggalkan komentar