Cerita Anak Sekolah Minggu Tentang Kenaikan Tuhan Yesus

Cerita Rohani Sekolah Minggu Tentang Kenaikan Tuhan

Bersamakristus.org – Cerita anak sekolah minggu tentang kenaikan Tuhan Yesus. Kenaikan Tuhan Yesus, dikenal juga dengan Kamis Kenaikan, Kamis Kudus, atua Hari Kenaikan, adalah sebuah hari peringatan kenaikan Yesus ke surga.

Hari tersebut adalah salah satu perayaan ekumenis dari gereja-gereja Kristen. Hari kenaikan secara tradisional dirayakan pada hari Kamis, hari keempatpuluh setelah perayaan ibadah paskah.

Meski demikian ada beberapa denominasi Kristen memindahkan perayaan tersebut pada hari Minggu berikutnya. Tentu saja perayaan penting ini harus diketahui oleh seluruh umat Kristiani, tak terkecuali anak-anak.

Biasanya anak mendapatkan pengajaran tentang kenaikan Tuhan Yesus di sekolah minggu. Dan guru pun bisa menyampaikan kisah kenaikan Tuhan Yesus Kristus lewat cerita rohani yang seru.

Untuk itu pada kesempatan ini kami ingin membagikan sebuah cerita rohani Kristen yang menarik tentang kenaikan Tuhan Yesus Kristus. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Cerita Sekolah Minggu Kenaikan Tuhan Yesus

Babak pelayanan yang dilaksanakan langsung oleh Tuhan Yesus ditutup dengan kenaikanNya ke surga. Namun itu bukan bermakna akhir dari penyertaan Tuhan kepada orang-orang percaya, dikarenakan Ia sendiri kemudian beri tambahan Roh Kudus sebagai penolong dan pembimbing bagi setiap orang yang beriman kepadaNya (ayat 4-5).

Pertanyaan perlu yang mungkin diajukan oleh anak-anak -bahkan orang dewasa- adalah mengapa Tuhan Yesus mesti naik ke surga? Tidakkah lebih baik jikalau Tuhan tersedia konsisten dengan manusia di bumi?

Kenaikan Tuhan Yesus ke surga merupakan hal perlu bagi kehidupan dan kedewasaan iman orang percaya dan melalui momen itu termasuk Ia beri tambahan jaminan berkenaan janji kehidupan kekal bagi setiap orang percaya.

Beberapa arti perlu yang di terima oleh orang percaya di dalam momen kenaikan Tuhan Yesus.

  • Maksud kehadiran Tuhan Yesus yakni untuk mendamaikan manusia dengan Allah melalui pengorbananNya di kayu salib sudah terlaksana, dengan demikianlah kenaikan Tuhan Yesus sendiri merupakan pengakuan Allah bahwa Ia di dalam kasih karuniaNya sudah berdamai dengan manusia. Sekaligus dengan hal ini beri tambahan pengakuan tegas bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah.
  • Dengan kenaikanNya ke surga, Tuhan Yesus sendiri membuktikan bahwa tersedia tempat yang sudah dihidangkan bagi orang percaya, tempat dimana tersedia kekekalan dan kesanalah Tuhan Yesus pergi (bnd. Yohanes 14: 2-3)
  • Tuhan beri tambahan ulang hak dan mandat istimewa kepada manusia sebagai citra Allah di bumi ini setelah sebelumnya dirusak oleh kejatuhan manusia di dalam dosa di taman Eden. Dengan kenaikan Tuhan Yesus, setiap orang percaya kemudian dikaruniakan penolong yakni Roh Kudus yang bakal memampukannya untuk menjalankan mandat istimewa dari Allah (ay 8). Dengan mandat istimewa dari Tuhan itu, setiap orang percaya dimampukan untuk menjadi saksi berkenaan kasih Allah melalui Tuhan Yesus.
  • Tuhan termasuk membuktikan / menjanjikan bahwa tersedia suatu sementara dimana Ia bakal datang ulang di dalam kemuliaan sebagaimana Ia pergi (ay 11) dengan demikianlah tersedia jaminan bahwa kapanpun waktunya nanti, kemuliaan Tuhan pasti dinyatakan melalui kedatanganNya ulang ke di dalam dunia ini.

Dari lebih dari satu arti kenaikan Tuhan Yesus ini, tersedia hal-hal yang harusnya menjadi respon orang percaya.

  • Kehidupan orang percaya adalah kehidupan yang sudah menang atas dosa dan sudah dijamin oleh Allah sendiri melalui pengorbanan Tuhan Yesus, dan termasuk Allah sendiri sudah mengembalikan mandat kepada setiap orang percaya untuk menjadi saksiNya, dikarenakan itu setiap orang percaya selayaknya merespon itu dengan selalu bersyukur dan menjadi saksi yang baik berkenaan kebaikan Tuhan melalui setiap kata dan perbuatannya. Dengan tidak menjadi saksi yang baik bermakna menolak kasih karunia yang sudah Tuhan berikan.
  • Ada jaminan yang pasti berkenaan surga yang dijanjikan Tuhan termasuk berkenaan kemuliaan dan keadilan Tuhan yang dinyatakan melalui kehadiran Tuhan Yesus kembali. Karena itu tidak mesti tersedia kegelisahan atau kesangsian bakal iman kepada Tuhan Yesus walau situasi dunia dan beragam tekanan kehidupan kerap menggoda dan menekan orang untuk meninggalkan iman kepada Tuhan Yesus, tetaplah beriman kepada Tuhan Yesus dikarenakan apa pun yang bakal berjalan nanti, bagi setiap orang percaya tersedia kepastian untuk mendapat tempat kekal dengan Tuhan Yesus.

Akhir Kata

Demikian pembahasan lengkap mengenai cerita rohani anak sekolah minggu tentang kenaikan tuhan yesus. Semoga cerita ini bisa menjadi salah satu hal seru yang disampaikan untuk anak-anak agar lebih mengetahui makna sekolah minggu sesungguhnya.

Baca:

Tinggalkan komentar