Cara Mengajar Anak Sekolah Minggu

Tips Mengajar Anak Sekolah Minggu

Bersamakristus.org – Cara mengajar anak sekolah minggu. Kita tahu, anak-anak perlu dimasukkan ke sekolah untuk belajar. Namun mungkin masih ada yang belum tahu mengapa mereka harus belajar?

Jawabannya adalah agar anak-anak bisa melihat dunia ini lebih luas. Supaya mereka bisa mempelajari apa yang selama ini tak mereka temui di rumah. Sebuah hal baru, pengalaman, dan kekayaan wawasan.

Begitu pula dalam agama Kristen, anak-anak juga perlu diajari untuk mengetahui mengenai agamanya sendiri. Cara yang paling mudah dan tepat adalah memasukkannya ke dalam sekolah minggu.

Sebagai guru, tentunya ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh mereka. Terutama bagaimana cara mengajar anak sekolah minggu yang baik dan benar. Sebab, mengajar anak kecil butuh kesabaran dan ketelitian.

Untuk itu pada kesempatan ini kami ingin memberikan sedikit informasi mengenai bagaimana cara mengajar anak sekolah minggu yang baik dan benar. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengajar di Sekolah Minggu

Langsung saja tanpa banyak basa basi kembali, silahkan simak ulasan lengkap mengenai cara mengajar anak sekolah minggu yang baik dan benar. Simak ulasannya pada pembahasan berikut.

1. Membuat Komitmen

Menjadi guru sekolah minggu merupakan komitmen, meski cuma sehari Anda harus menjadi pengajar yang luar biasa. Guru yag baik bukan hanya dikehendaki dengan cara mengajarnya yang bagus, melainkan juga berkomitmen agar apa yang ingin diajarkan tersampaikan kepada murid-murid. Guru harus bisa hadir pada waktu yang ditentukan dan berkomunikasi dengan anak secara baik.

2. Membangun Hubungan

Guru sekolah minggu perlu juga perlu membangun hubungan yang kuat dengan murid, orang tua, dan anggota keluarga yagn lain. Guru harus bersedia berkunjung ke anak di rumahnya, dekat dengan keluarga mereka, melayani mereka lebih dari seharusnya, ingat ulang tahun mereka, dan semacamnya. Selain itu guru juga harus menunjukkan kasih sayang kepada anak-anak dan selalu ada untuk mereka.

3. Membuat Persiapan

Guru yang baik juga harus membuat persiapan apa yang mau diajarkan. Tidak meraba-raba materi dan menjunjung kelakuak baik membuat mereka menjadi guru yang patut dicontoh, guru bisa menggunakan alat peraga sekolah minggu bila perlu.

Guru juga bisa mengikuti teladan Tuhan Yesus dan mengemukakan peradaan penuh makna. Tujuannya supaya anak-anak bisa mudah sadar dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Guru sekolah minggu juga diminta bisa menggunakan waktu setiap minggunya untuk memohon petunjuk, mendapatkan anjuran Tuhan, mengumpulkan hingga membuat persiapan seluruh kebutuhan anak sebelum kelas dimulai.

4. Fleksibel

Menjadi fleksibel adalah bagian dari membuat persiapan. Saat Tuhan terlibat, rencana terbaik pun yang sudah kita rancang bisa mudah berubah. Terkadang ada peluang untuk mengajarkan sesuatu yang lebih baik dibandingkan apa yang kita rencanakan.

Karenanya, guru sekolah minggu yang baik harus bersedia mengikuti anjuran dan jalan yang Tuhan berikan kepada mereka, agar senantiasa dapat membuat persiapan yang matang.

Akhir Kata

Demikian pembahasan lengkap mengenai cara mengajar anak sekolah minggu di gereja. Semoga artikel ini memberi sedikit wawasan tentang bagaimana cara mengajar di sekolah minggu.

Baca:

Tinggalkan komentar