Doa Belajar Katolik

Doa Sebelum dan Sesudah Memulai Pelajaran

Bersamakristus.org – Doa belajar Katolik. Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China, adalah sebuah peribahasa yang menjelaskan bahwa kita harus menuntut ilmu dan belajar di mana pun serta kapan pun.

Bahkan sampai dewasa hingga tua, kita tetap terus belajar. Meski tidak pada pendidikan formal, pelajaran bisa kita peroleh ketika bekerja, berkarya, berbisnis, atau bermasyarakat dan beragama.

Namun khusus pendidikan formal di sekolah, tempat les, atau bimbel, ketika hendak belajar seyogyanya kita ucapkan doa terlebih dahulu kepada Tuhan. Mohon supaya diberi kelancaran dalam menerima materi pelajaran.

Usai belajar pun kita juga dianjurkan memanjatkan doa kepada Tuhan Yesus Kristus. Tujuannya ialah untuk mengucap syukur atas ilmu bermanfaat yang kita peroleh tentunya atas izin Tuhan.

Nah di sini, kami ingin memberikan contoh doa sebelum dan sesudah belajar dalam agama Katolik bahasa Indonesia, Inggris, Jawa, singkat, pendek, spontan, menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Contoh Doa Belajar Katolik Singkat

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap mengenai contoh doa belajar dalam agama Katolik untuk anak, pelajar, mahasiswa, guru, dosen, tenaga pendidik, dan sebagainya.

1. Doa Katolik Sebelum Belajar

Selamat pagi Tuhan, terima kasih telah mengumpulkan kami bersama pada satu ruangan belajar ini. Ya Allah, Bapa kami menyiapkan diri dengan sungguh untuk memenuhi tugas perutusan-Mu. Dan para murid-Nya pun demikian belajar sebelum diutus ke seluruh dunia.

Maka dari itu kami juga hendak belajar untuk mempersiapkan diri menjadi pribadi lebih baik. Kami mohon, terangilah akal budi kami, tingkatkan konsentrasi dan pemahaman kami, mudahkan dalam hal menerima materi pelajaran, dan kuatkan ingatan agar kami selalu hafal materi pelajaran.

Bantulah kami pada saat proses belaajar agar mampu memfokuskan diri pada pelajaran sehingga tidak mudah terseret ke hal-hal yang membuat kami tidak bisa belajar dengan tenang yang melemahkan semangat. Bapa, dampingilah kami dalam hal ini. Amin.

2. Doa Katolik Sesudah Belajar

Puji Tuhan kami bersyukur kepada-Mu atas berkat serta penyertaan-Mu selama belajar tadi. Banyak ilmu bermanfaat yang saya dapatkan, banyak pelajaran lain di luar materi pelajaran yang dapat membuka pintu hati kami.

Semoga apa yang telah kami pelajari dapat berguna bagi kehidupan kami dan sesama manusia. Ajarkanlah kami untuk tidak menjadi orang yang begitu sombong atau congkak karena hasil belajar yang kami peroleh hari ini.

Kami mohon maaf apabila ada kelalaian yang diperbuat. Semoga kesulitan atau kegagalan yang terjadi selama proses belajar tidak mematahkan semangat kami dan menjadikan kami putus asa, semua ini kami serahkan kepada-Mu sebagai perencana yang adil melalui pengantaran Kristus, ya Tuhan, Amin.

Akhir Kata

Demikian ulasan lengkap mengenai contoh doa belajar katolik singkat. Mari kita sama-sama jangan lupa untuk memanjatkan doa sebelum dan setelah selesai pelajaran agar ilmu yang kita peroleh bisa bermanfaat.

Baca:

Tinggalkan komentar