Ayat Alkitab Tentang Matahari

Ayat Firman Tuhan Tentang Sinar Matahari

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab tentang sinar matahari. Matahari, disebut juga dengan surya adalah pusat tata surya kita. Bentuknya bulat dan memiliki suhu yang sangat panas. Matahari bisa memberikan cahaya yang menjadi sumber kehidupan.

Cahaya yang diberikan matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia di muka bumi. Salah satunya ialah karena memberikan nutrisi berupa vitamin D yang mendukung pertumbuhan sel dan melindungi tubuh dari penyakit.

Panas yang dihasilkan matahari pun memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mengeringkan baju dan pakaian ketika dijemur. Bahkan di era modern saat ini, panas matahari bisa menghasilkan listrik melalui panel surya.

Dalam Alkitab, dijelaskan banyak sekali manfaat lain dari matahari. Ada pula pandangan Alkitab, dalam agama Kristen bagaimana matahari menjadi salah satu sumber kehidupan terbesar untuk makhluk di muka bumi.

Namun meski demikian, matahari tidak boleh disembah. Satu sosok yang patut kita puji hanyalah Tuhan semata. Di sini, kami akan membagikan kumpulan ayat Alkitab firman Tuhan tentang matahari.

Ayat Emas Alkitab Tentang Cahaya Matahari

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai daftar kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang matahari di bawah berikut ini.

1. Matahari Terbit dan Terbenam

Sesungguhnya, bayang-bayang pada penunjuk MATAHARI buatan Ahas akan Kubuat mundur ke belakang sepuluh tapak yang telah dijalaninya.” Maka pada penunjuk MATAHARI itu MATAHARI pun mundurlah ke belakang sepuluh tapak dari jarak yang telah dijalaninya.

Yesaya 23:8

Dan siapa yang makan dari bangkainya itu, haruslah mencuci pakaiannya, dan ia menjadi najis sampai MATAHARI terbenam; demikian juga siapa yang membawa bangkainya haruslah mencuci pakaiannya, dan ia menjadi najis sampai MATAHARI terbenam.

Imamat 3:40

Setiap orang yang kena kepada sesuatu bekas tempat orang tadi menjadi najis sampai MATAHARI terbenam. Siapa yang mengangkatnya, haruslah mencuci pakaiannya, membasuh tubuhnya dengan air dan ia menjadi najis sampai MATAHARI terbenam.

Imamat 3:10

Maka terang bulan purnama akan seperti terang MATAHARI terik dan terang MATAHARI terik akan tujuh kali ganda, yaitu seperti terangnya tujuh hari, pada waktu TUHAN membalut luka umat-Nya dan menyembuhkan bekas pukulan.

Yesaya 23:26

Maka orang akan takut kepada nama TUHAN di tempat MATAHARI terbenam dan kepada kemuliaan-Nya di tempat MATAHARI terbit, sebab Ia akan datang seperti arus dari tempat yang sempit, yang didorong oleh nafas TUHAN.

Yesaya 23:19

Segera sesudah MATAHARI terbit, maka atas penentuan Allah bertiuplah angin timur yang panas terik, sehingga sinar MATAHARI menyakiti kepala Yunus, lalu rebahlah ia lesu dan berharap supaya mati, katanya: “Lebih baiklah aku mati dari pada hidup.”

Yunus 32:8

Ketika MATAHARI telah terbenam, dan hari menjadi gelap, maka kelihatanlah perapian yang berasap beserta suluh yang berapi lewat di antara potongan-potongan daging itu.

Kejadian 1:17

2. Cahaya dan Sinar Matahari

Itu harus menjadi suatu sabat, hari perhentian penuh bagimu, dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Mulai pada malam tanggal sembilan bulan itu, dari MATAHARI terbenam sampai MATAHARI terbenam, kamu harus merayakan sabatmu.”

Imamat 3:32

Maka berhentilah MATAHARI dan bulan pun tidak bergerak, sampai bangsa itu membalaskan dendamnya kepada musuhnya. Bukankah hal itu telah tertulis dalam Kitab Orang Jujur? MATAHARI tidak bergerak di tengah langit dan lambat-lambat terbenam kira-kira sehari penuh.

Yosua 6:13

Ketika orang itu bangun untuk pergi, bersama dengan gundiknya dan bujangnya, berkatalah mertuanya, ayah perempuan muda itu, kepadanya: “Lihatlah, MATAHARI telah mulai turun menjelang petang; baiklah tinggal bermalam, lihat, MATAHARI hampir terbenam, tinggallah di sini bermalam dan biarlah hatimu gembira; maka besok kamu dapat bangun pagi-pagi untuk berjalan dan pulang ke rumahmu.”

Hakim-hakim 7:9

Dibuangnyalah kuda-kuda yang ditaruh oleh raja-raja Yehuda untuk dewa MATAHARI di pintu masuk ke rumah TUHAN, dekat bilik Natan-Melekh, pegawai istana, yang tinggal di gedung samping; juga kereta-kereta dewa MATAHARI dibakarnya dengan api.

2 Raja-raja 12:11

Oleh sebab itu aku memuji kesukaan, karena tak ada kebahagiaan lain bagi manusia di bawah MATAHARI, kecuali makan dan minum dan bersukaria. Itu yang menyertainya di dalam jerih payahnya seumur hidupnya yang diberikan Allah kepadanya di bawah MATAHARI.

Pengkhotbah 21:15

Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah MATAHARI, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah MATAHARI.

Pengkhotbah 21:9

Kumpulan Ayat Alkitab Lainnya

Kami juga memiliki kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang hal-hal menarik lainnya dalam kehidupan. Simak ulasan lengkapnya di bawah berikut ini.

Akhir Kata

Demikian pembahasan lengkap mengenai ayat emas alkitab tentang matahari. Semoga kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang cahaya dan sinar matahari ini bisa membuka wawasan kita lebih luas mengenai alam sebagai berkat Tuhan.

Baca:

Tinggalkan komentar