Tokoh Alkitab yang Bersikap Adil

Tokoh Firman Tuhan yang Punya Sikap Adil

Bersamakristus.org – Tokoh Alkitab yang bersikap adil. Tidak hanya memuat petunjuk hidup bagi manusia yang ada di muka bumi, namun dalam Alkitab juga banyak diterangkan mengenai kisah atau cerita tokoh-tokoh.

Salah satunya adalah tokoh Alkitab yang berisikap adil. Terdapat sejumlah kisah mengenai keadilan yang terjadi di masa lalu, namun tetap dapat diaplikasikan pada masa sekarang ini.

Kata adil mengandung arti tidak berat sebelah atau memihak salah satu pihak. Demokrasi merupakan pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak, kewajiban, sekaligus perlakuan yang sama bagi semua negara warga negara di depan hukum.

Lalu siapa saja tokoh-tokoh Alkitab yang bisa diteladani karena sikap adilnya? Di bawah ini kami akan menjelaskan kepada Anda secara lengkap pembahasannya, silahkan disimak.

Tokoh Kristen dalam Alkitab yang Bersikap Adil

Langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, mari kita bahas satu per satu tokoh dalam agama Kristen atau Alkitab yang bersikap adil. Berikut kisah mereka yang bisa dijadikan teladan.

1. Salomo

Salomo dikenal sebagai salah satu tokoh Alkitab yang bersikap adil. Suatu hari ada dua perempuan datang kepadanya. Keduanya sama-sama melahirkan anak dan diam di dalam rumah, namun pada pagi hari salah satu anak mati.

🔥 Trending:   Perbedaan Kristen dan Advent

Keduanya mengakui anak yang hidup sebagai anaknya, Salomo kemudian memutuskan untuk memenggal anak itu menjadi dua. Salah satu perempuan menerima keputusan itu, namun yang lain menolak dan memilih memberikan anak itu ke perempuan lain.

Melalui pendapat itu, Salomo memutuskan pemilik anak itu adalah perempuan yang kedua.

2. Amos

Amos merupakan orang biasa, bekerja sebagai penggembala dan pemungut buah ara. Dia diutus Tuhan untuk memberitakan firman-Nya, menyampaikan kebenaran atas ketidakadilan sosial di Israel. Tuhan tentu tidak sembarangan memilih, karena dia merupakan sosok yang bisa bersikap adil.

3. Daud

Dari awal, Daud sudah dikenal memiliki karakter yang selalu mengandalkan firman Tuhan. Dia adalah raja yang diagungkan, dan bukan raja biasa. Berkat Tuhan selalu tuurn tangan atasnya selama dia memerintah Israel, Allah juga memberkatinya untuk selalu menegakkan keadilan dan kebenaran.

4. Debora

Tokoh Alkitab yang bersikap adil lainnya adalah Debora, dia merupakan hakim bangsa Israel. Ketika ingin mengalahkan Sisera, Allah memintanya untuk maju melawan bangsa itu. Tapi Barak ingin membantu Debora, kita mungkin berpikir sudah sepantasnya Barak mendapatkan bagiannya.

Tapi Debora tetap menyatakan Sisera adalah bagiannya karena Allah sendiri yang sudah menetapkannya. Debora menampilkan diri sebagai tokoh Alkitab yang bersikap adil, bukan berdasarkan keadilan manusia melainkan keadilan Allah.

5. Yakobus

Yakobus adalah sosok yang bersikap adil. Sepanjang masa pelayanannya, dia merupakan orang yang sangat adil, dia terus berdoa untuk setiap jemaat yang ada. Dia dikenal melalui keadilannya pertama kali bersama Yohanes.

🔥 Trending:   Tokoh Misionaris Kristen di Indonesia

Pada saat dia mendngar orang Samaria menolak Yesus, Yakobus dan Yohanes berusaha tetap bersikap adil. Mereka berpikir orang Samaria ini perlu mendapatkan hukuman. Tapi keadilan ini ternyata merupakan keadilan manusia, bukan keadilan Allah.

6. Zakharia

Zakharia adalah ayah dari Yohanes Pembaptis, bukan sembarangan Allah memilihnya dan istrinya, Elisabet untuk menjadi orangtua Yhanes. Keduanya benar di hadapan Allah, mereka hidup sesuai ketetapan Tuhan, artinya mereka adalah tokoh Alkitab yang bersikap adil.

7. Yusuf dari Arimatea

Yusuf dari Arimatea juga menjadi sosol yang bersikap adil dan bisa diteladani. Keadilannya ditunjukkan dengan ketidaksetujuan atas putusan tindakan majelis tentang Yesus. Dia pada akhirnya memilih untuk menguburkan Yesus.

8. Rahab

Rahab adalah perempuan sundal, dia juga menjadi tokoh Alkitab yang bersikap adil. Suatu hari ketika Yosua, pemimpin Israel ingin mengintai Yerikho, dia mengirimkan dua orang pengintai.

Kedua pengintai itu bermalam di rumah Rahab. Pada saat raja Yerikho memerintahkan Rahab untuk menyerahkan kedua pengintai itu, dia menolak. Dia memberikan jalan bagi pengintai untuk meloloskan diri, hal ini dianggap benar, tindakan adil untuk kemenangan Israel.

9. Yesus Kristus

Yesus Kristus sebenarnya merupakan pribadi yang bisa marah, namun kemarahannya didasarkan pada keadilan. Yesus ingin emnghapus ketidakadilan yang terjadi di bait Allah.

Imam di bait Allah kemudian melakukan transaksi jual beli dan merugikan orang-orang miskin, yang ingin memberikan persembahan korban. Kemarahan Yesus menunjukkan diri-Nya sebagai tokoh Alkitab yang bersikap adil.

🔥 Trending:   Peran Nilai Nilai Kristiani

10. Allah Bapa

Allah Bapa juga jadi sosok yang sangat adil, kita mengenal-Nya sebagai yagn maha adil. Dia menghakimi dunia penuh keadilan. Tidak pernah sekalipun Dia membeda-bedakan orang, termasuk dalam penghakiman yang akan terjadi di akhir dunia nanti.

Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan dari kami mengenai tokoh dalam alkitab yang bersikap adil. Kita juga harus bersikap adil dalam berbagai hal di kehidupan, supaya mendapatkan berkat dari-Nya.

Baca: