Tokoh Alkitab yang Tidak Berputus Asa

Tokoh Kristen yang Tak Mudah Menyerah

Bersamakristus.org – Tokoh Alkitab yang tidak berputus asa. Banyak orang berputus asa atas masalah yang ia hadapi. Bahkan tak jarang orang berpikir untuk mengakhiri hidup karena tak kuasa menanggung pencobaan.

Padahal, dalam ayat Alkitab tentang putus asa Tuhan sudah mejelaskan bahwa kita tidak boleh melakukannya. Kita harus tetap semangat dan meyakini bahwa Tuhan ada bersama kita untuk menolong di segala kesulitan.

Kita juga memahami bahwa menyerah bukan solusi, melainkan memperbanyak doa Kristen menghadapi masalah harus diperbanyak. Sebab dengan berdoa, Tuhan akan mengulurkan tangan-Nya membantu kita melewati kesulitan.

Selain itu kita juga bisa meneladani beberapa kisah dari tokoh-tokoh Alkitab yang tidak berputus asa dan bisa menjadi inspirasi. Siapa saja? Simak pembahasannya di bawah berikut ini.

Kumpulan Tokoh Alkitab yang Tidak berputus Asa

Tanpa banyak basa basi lagi, simak berikut ini beberapa tokoh Kristen yang memperjuangkan kebenaran dalam Alkitab serta tidak berputus asa dan patut untuk kita teladani dalam kehidupan kita sehari-hari.

1. Ishak

Ketika terjadi kelaparan di Kanaan, dia pergi ke Gerar, menemui Abimelekh, raja orang Filistin. Di Gerar penyertaan dan pemeliharaan Tuhan sungguh nyata dalam hidupnya. Ishak mulai menabur di situ dan dalam tahun itu juga dia mendapat hasil seratus kali lipat.

Ishak berhasil memiliki banyak ternak dan anak buah. Bahkan ia menjadi orang yang lebih berkuasa di Gerar. Hal ini membuat orang-orang Filistin iri hati kepada Ishak sehingga mereka mengusirnya dari negara mereka.

2. Abraham

Pasti sudah banyak yang mengenali tokoh Alkitab satu ini, dia memiliki banyak kisah di Perjanjian Lama. Salah satu kisahnya adalah dia dijanjikan oleh Allah keturunan seperti bintang yang ada di langit.

Tapi sampai usia lanjut, hal tersebut tak kunjung terjadi, tapi Abraham tak pantang menyerah dan terus berdoa. Sehingga suatu saat doanya dikabulkan dan Abraham benar-benar memiliki keturunan layaknya bintang di langit.

3. Daniel

Daniel juga dikenal kisahnya yang dilempar ke gua singa. Daniel tidak menyerah dan terus memuliakan Allah. Bahkan dia tak gentar sedikit saja sehingga apa yang dia lakukan ini diperhatikan Allah.

Setelah itu Allah menyelamatkannya terang-terangan di hadapan orang fasik. Daniel berhasil lolos dari gua singa dan membuat nama Allah dimuliakan di depan banyak orang. Maka dari itu kisahnya kini menjadi salah satu yang banyak menginspirasi kita di kala pergumulan.

4. Yusuf

Siapa yang tidak kenal Yusuf, dia dibuang saudara-saudaranya ke tanah Mesir. Meski demikian ia tetap percaya Allah menyertainya, bahkan ketika dipenjara dia pantang menyerah dan tidak putus asa.

Pada akhirnya, Yusuf berhasil menjadi tangan kanan Firaun dan menjadi orang yang dihormati di tanah Mesir. Semua mimpinya juga menjadi kenyataan dan dia menjadi dihormati oleh seluruh keluarganya.

5. Nuh

Nabi Nuh telah sering kita dengar kisahnya dalam Alkitab. Dia mendengarkan perintah Tuhan utnuk membangun bahtera pada akhirnya ia diselamatkan Allah karena imannya. Sementara itu banyak yang mencemooh apa yang Nuh kerjakan.

Tapi Nuh dan keluarganya tetap percaya akan perkataan firman Tuhan. Sehingga ketika murka Allah tiba, maka Nuh dna seluruh rumahnya menjadi satu-satunya umat manusia yang diselamatkan oleh Allah dari musibah air bah.

6. Musa

Ada juga Musa sebagai tokoh Alkitab yang tidak berputus asa membawa umat Israel keluar tanah Mesir menuju Kanaan seperti yang telah dijanjikan Allah. Meski bangsa Israel bersungut dan membangkang.

Namun Musa tidak pernah menyerah dan terus berjuang memimpin bangsa tersebut untuk memasuki tanah perjanjian yang diberikan Allah. Maka itu sebaiknya kita teladani karakter Musa, percaya bahwa Allah selalu menyertai umat-Nya.

7. Paulus

Lalu ada Paulus di masa Perjanjian Baru pantang menyerah memberitakan firman Allah. Sekalipun ada banyak kalangan dan rintangan, namun Paulus terus memberitakan firman Allah ke seluruh dunia.

Meski dicemooh, ditangkap, dan dianiaya, namun ia tidak menyerah. Keteladannya patut dicontoh, di mana Paulus berani selalu membela kebenarannya dinyatakan dalam firman Tuhan dan memberitakan Injil seperti apa yang Allah inginkan dalam hidup kita.

8. Daud

Selanjutnya ada tokoh Daud dalam Alkitab, siapa yang tidak ingat kisahnya saat kecil melawan Goliath yang besar. Pemikiran positif Daud sudah mengantarkan dia meraih kemenangan dan memuliakan nama Allah di tengah orang fasik. Ini menjadi bukai bahwa Allah tidak meninggalkan ornag percaya.

Tapi sebaliknya, Allah selalu senantiasa memberikan perlindungan pada siapa saja yang percaya serta bertahan dalam nama-Nya. Maka dari itu contohlah karakter Daud yang pantang menyerah dan tetap berani berusaha di dalam Tuhan.

9. Naomi

Naomi adalah perempuan Israel yang menjadi salah satu tokoh Alkitab yang tidak berputus asa. Ia pergi bersama keluarganya mengungsi dari Betlehem menuju Moab karena kelaparan yang terjadi di tanah Israel.

Teteapi di Moab, suaminya meninggal sehingga ia menjadi janda. Kedua anaknya menikah, dan kemudian meninggalkan Naomi sendirian. Ia hidup sebatang kara, meski demikian Naomi justru berusaha mencarikan suami bagi menantunya, Rut, sehingga ia mendapat cucu dari Rut.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian pembahasan mengenai tokoh alkitab kristen yang tak berputus asa. Semoga menjadi inspirasi kita untuk tetap semangat menatap kehidupan, meski badai datang silih berganti.

Baca: