Pilates dalam Kristen

Pandangan Mengenai Pilates Menurut Agama Kristen

Bersamakristus.org – Pilates dalam Kristen. Pilates dipahami dan diyakini sebagai versi modern dari yoga. Pertama kali dikembangkan pada abad ke-20 oleh seorang atlet veteran asal Jerman,

Metode pilates yaitu memfokuskan untuk membentuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagina tubuh. Kegunaan pilates yaitu untuk melatih otot inti tubuh, seperti punggung bawah, otot pinggul dan lainnya.

Dalam pandangan agama Kristen, ada penjelasan khusus tentang pilates. Apakah boleh dilaksanakan atau justru dilarang untuk diterpakan oleh manusia, khususnya para wanita yang kerap menjalaninya.

Untuk merenungkannya, kita bisa melihat beberapa penjelasan yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Simak selengkapnya pada panduan di bawah berikut ini secara lengkap.

Ajaran dan Pandangan Pilates dalam Kristen

Langsung saja mari kita simak penjelasan dan pembahasan lengkap tentang pilates dalam agama Kristen, Alkitab, serta. Injil. Anda bisa menyimak seluruh ulasan dan rangkumannya di bawah berikut ini.

1. Pilates Bukan Agama

Pilates dalam agama Kristen bisa dianggap sebagai salah satu sarana atau alat yang digunakan dalam membantu manusia mengontrol pikiran. Orang percaya yang melakukan pilates atau semacamnya seperti yoga bukan berarti menjadikan mereka sesat.

Memang benar yoga merupakan awal kemunculan pilates dari India yang kita ketahui masyarakat di sana menganut kepercayaan Hindu dan Budha. Tapi pilates atau yoga bukan serangkaian ritual agama atau ritual dalam kepercayaan, melainkan berutjuan untuk melatih tubuh dan pikiran dari orang yang melakukannya supaya lebih dekat dengan pencipta.

Bagi orang yang melakukan kegiatan ini, bagi mereka hal ini merupakan alat atau sarana yang bisa menampung orang yang ingin melatih pikiran dan tubuhnya secara bersamaan. Tapi ada juga beberapa cara menenangkan hati dan pikiran menurut Alkitab. Paham yang bisa diajarkan kepada orang lain supaya menjadi lebih baik dan mendatangkan kebaikan.

2. Tujuan Pilates

Dalam agama Kristen pilates dapat bertujuan untuk menjaga serta memelihara tubuhnya sebagai bait suci Allah. Kemudian ada juga beberapa tujuan dan manfaat yang bisa disarakan ketika melakukan pilates, yaitu sebagai berikut.

  • Meningkatkan keseimbangan, latihan dalam pilates memfokuskan kekuatan bagian otot perut sehingga keseimbangan tubuh juga dapat ditingkatkan.
  • Meningkatkan energy dalam tubuh, fokus dari pilates terletak pada sistem pernafasan sehingga suplai oksigen yang masuk ke dalam tubuh juga menjadi lebih baik
  • Pasokan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh juga dapat terpenuhi, terutama pada bagian jaringan otot yang bisa meningkatkan kekuatan tubuh.
  • Tubuh menjadi lebih fleksibel, aktivitas rutin dalam waktu yang lama seperti duduk di depan komputer dapat membuat tubuh kaku dan letih, dengan pilates hal ini dapat diatasi.
  • Menjaga kesehatan tubuh, dampak yang paling besar adalah kepada tubuh itu sendiri, yaitu kesehatan tubuh akan terjaga dengan baik serta kita bisa menjadi seimbang.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh Termasuk Kehendak Tuhan

Pilates dalam agama Kristen juga bertujuan supaya manusia tetap menjaga serta memperhatikan dan menghargai tubuh yang dimilikinya. Sebagaimana seperti tertuang dalam ayat-ayat Alkitab di bawah ini.

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”.

1 Korintus 6:19-20

“Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat”.

Efesus 5:29

“Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu adalah kamu”.

1 Korintus 3:17

“Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: Itu adalah ibadahmu yang sejati”.

Roma 12:1

Akhir Kata

Cukup sampai di sini terlebih dahulu penjelasan dari kami mengenai pandangan pilates dalam kristen. Mudah-mudahan dapat menjadi penambah wawasan yang mendewasakan rohani tiap-tiap umat Kristen.

Baca: