Pencemooh Menurut Alkitab

Pencemooh Menurut Alkitab

Bersamakristus.org – Pencemooh menurut Alkitab. Sudah jelas kita ketahui bersama bahwa cemooh merupakan perilaku tidak terpuji dan sudah sepatutnya jangan dilakukan atau ditiru oleh siapapun.

Makna cemooh di KBBI adalah: ejekan; hinaan. Contoh: cela dan cemooh angkatan muda. Mencemooh artinya menjelekkan atau menghina orang lain, bisa dari berbagai aspek seperti kehidupan, pekerjaan, fisik, dan lainnya.

Tuhan juga sudah banyak menjelaskan melalui firman-Nya bahwa sikap tersebut haruslah kita hindari. Kita tidak boleh mencemooh siapapun yang bersangkutan dengan kehidupan kita.

Di bawah ini kami memiliki beberapa ayat emas Alkitab atau firman Tuhan yang menjelaskan tentang buruknya pencemooh. Silahkan simak pembahasannya langsung di. bawah ini.

Pengertian Pencemooh Menurut Pandangan Alkitab

Pencemooh adalah orang yang menghina atau berkata buruk tentang sesama. Dikatakan dalam Alkitab bahwa pencemooh bukan sesuatu sikap yang disukai oleh Allah, melainkan ini adalah hal yang dibenci Allah.

Sebaiknya sebagai umat Kristen yang taat, perbanyaklah doa dan minta pimpinan Roh Kudus supaya tidak melakukan perbuatan yang kurang baik. Sehingga kita juga bisa lebih banyak mengisi waktu dengan yang jauh lebih bermanfaat.

Larangan Mencemooh Orang Lain

Ada banyak ayat emas Alkitab yang menjelaskan larangan terhadap pencemooh. Beberapa diutarakan dengan jelas namun ada juga bagian yang tersirat, berikut di antaranya.

“Pencemooh mengacaukan kota, tetapi orang bijak meredakan amarah.”

Amsal 29:8

“Memikirkan kebodohan mendatangkan dosa, dan si pencemooh adalah kekejian bagi manusia”

Amsal 24:9

Hukuman Pencemooh

Karena dilarang, tentu saja ada hukuman jika kita memilih menjadi pencemooh. Allah menyatakan hal ini lebih jelas dalam Alkitab. Beberapa ayat secara eksplisit menyinggung soal hukuman pencemooh, di antaranya sebagai berikut.

“Hukuman bagi si pencemooh tersedia dan pukulan bagi punggung orang bebal.”

Amsal 19:29

“Usirlah si pencemooh, maka lenyaplah pertengkaran, dan akan berhentilah perbantahan dan cemooh.”

Amsal 22:10

“Jikalau engkau bijak, kebijakanmu itu bagimu sendiri, jikalau engkau mencemooh, engkau sendirilah orang yang akan menanggungnya.”

Amsal 9:12

“Sebab orang yang gagah sombong akan berakhir dan orang pencemooh akan habis, dan semua orang yang berniat jahat akan dilenyapkan.”

Yesaya 29:20

Akhir Kata

🔥 Trending:   Makna Ibadah Rabu Abu

Itu saja pembahasan yang sudah kami uraikan di atas dari kami mengenai pencemooh menurut pandangan alkitab. Mudah-mudahan informasi di atas bisa membuat kita paham arti pencemooh menurut pandangan Alkitab.

Baca: