Manfaat Berdoa bagi Orang Kristen

Fungsi Memanjatkan Doa bagi Orang Kristen

Bersamakristus.org – Manfaat berdoa bagi orang Kristen. Pada kesempatan yang lalu kami telah menjelaskan pengertian doa kristen, yakni sebuah doa yang dipanjatkan orang percaya melalui perantara Tuhan Yesus kepada Bapa.

Kami juga telah mengulas banyak hal mengenai fungsi doa kristen, sebab doa yang dipanjatkan tidak hanya merupakan komunikasi antara kita dengan Tuhan saja, melankan banyak yang lainnya.

Nah pada kesempatan ini kami ingin menjelaskan mengenai manfaat berdoa bagi orang Kristen. Seperti diketahui Abraham berdoa kepada Allah dan Allah menyembuhkan Abimelekh serta istri maupun budaknya.

Manfaat Berdoa bagi Umat Kristen

Sebagai orang Kristen, doa merupakan hal yang penting dengan membaca firman. Doa merupakan napas hidup orang percaya dan tentu memiliki manfaat sehingga dilakukan. Berikut beberapa manfaat berdoa bagi orang agama Kristen.

1. Memberi Penyembuhan

Lalu Abraham berdoa kepada Allah, dan Allah menyembuhkan Abimelekh dan isterinya dan budak-budaknya perempuan, sehingga mereka melahirkan anak.

(Kejadian 20 : 17)

Ada kisah antara Abraham dan Abimelekh. Berawal dari ketika Abimelekh mendekati Sara ia berbohong bahwa dia adalah saudara laki-laki Abraham dan bukan wanita-Nya, sehingga mereka berdua bisa bertahan hidup saat menetap di Gerar. Jika kita saat ini mengalami penyakit, bacalah doa untuk orang sakit sekarang dan Tuhan akan bertindak dengan memberikan penyembuhan.

2. Memberi Pengampunan

Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada Tuhan! Kataknlah kepada-Nya : “Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.”

(Hosea 14:3)

Jika kita kini menyadari kecacatan kerana Roh Kudus yang bekerja dalam gangguan dan mahkota, segeralah panjatkan doa pengampunan dosa. Tuhan yang penyayang akan memberi kita pengampunan dan pelepasan. Datang dengan keberanian yang besar untuk tahta kerana tidak banyak dosa yang tidak sanggup memaafkannya.

3. Melawan Godaan dan Cobaan

Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetap daging lemah.

(Matius 26:41, Markus 14:38)

Cobaan bisa datang silih brganti, maka berdoalah dan jangan sampai termakan hasutan iblis. Saat begitu banyak godaan datang meghampiri, berodalah agar Anda tidak jatuh ke dalamnya melalui doa Kristen menghancurkan roh jahat.

4. Memenuhi Keperluan

Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.

(Matius 21 : 22)

Mungkin pada saat ini Anda memiliki sesuatu yang dibutuhkan. Jika hal tersebut merupakan sesuatu yang sulit diterima, maka berdoalah dengan iman penuh kepada Bapa karena Dia tak ada batasnya.

5. Memberi Ketenangan

Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam makna berdoa bagi orang Kristen dan permohonan dengan ucapakan syukur.

(Filipi 4:6)

Kadang kita bisa didatangi masalah tiba-tiba, seperti ujian dadakan, panggilan kerja dadakan, penagih hutang dadakan, dan sebagainya. Tetapi Paulus di Filipi dan juga memberitahu kami untuk bertenang. Jangan risau! Berdoalah dengan kesyukuran kepada Bapa.

6. Mengetahui Kehendak Allah

Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu, di bumi seperti di sorga.

(Matius 6:10)

Makna doa bagi orang Kristen berikutnya adalah dalam doa, kita tidak hanya mengungkapkan masalah kita, tetapi juga mendengarkan suara-Nya. Bukankah itu seorang Kristen, lakukan kehendak Tuhan adalah keinginan kita? Karena itu tidak mungkin bagi kita untuk melakukannya tanpa menemukannya. Karena itu, berdoa!

7. Membuat Orang Bertumbuh dalam Kristus

Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, Ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

(Yohanes 15:5)

Bila Kristus diibaratkan sebagai pohon maka kita adalah rantingnya Tuhan, kita harus hidup di dalam dirinya. Bukan kehidupan yang singkat, melainkan kehidupan selamanya yang memiliki keterkaitan erat dengan hidup Tuhan.Tuhan yang adalah Roh membuat kita hanya dapat membawanya berelasi dengan-Nya. Manikmati Allah dalam doa-doa kita membuat kita tumbuh lebih jauh dalam pengenalan sejati bagi-Nya.

8. Mengajarkan Arti Mengasihi

Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

(Matius 5:44)

Mungkin di sekitar kita ada orang yang membuat kesal dan marah, bisa jadi mereka adalah keluarga sendiri yang perbuatannya sulit dimaafkan. Ini juga yang telah dijalani Tuhan Yesus saat berada di dunia. Caci maki, penghinaan lain, Dia harus menanggung bahkan jika tidak ada dosa yang ada di bagian-Nya. Bahkan salib penderitaan harus dilewati. Tapi Dia memilih untuk tutup mulut dan mengasihi mereka yang melakukannya seperti itu.

9. Mengusir Setan

Jenis ini tidak dapat diusir kecuali dengan manfaat berdoa bagi orang Kristen dan berpuasa.

(Matius 17:21)

Apakah kita lupa bahwa pengalaman Yesus telah menyembuhkan seorang anak kecil yang sakit? Pemuda itu telah banyak menderita dan dia sering jatuh ke dalam api dan sering di dalam air. Ayahnya membawanya kepada Yesus, yang sudah dibawa ke para murid Yesus, tetapi mereka tidak bisa menyembuhkannya. Inilah yang harus membuat Yesus menegur para murid-Nya.

Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabra terhadap kamu?

(Matius 17:17)

10. Menjaga Persahabatan dengan Tuhan

Salah satu manfaat doa sehari-hari Kristen adalah mempertahankan persahabatan dengan Tuhan. Persahabatan dapat erat karena selalu berkomunikasi dengan-Nya. Dengan berdoa juga, kita dapat mengenali karakter Allah dan bereksperimen dengannya. Jaga persahabatan dengan Tuhan berarti kita memiliki hubungan intim dengan Tuhan. Mari berdoa dengan rajin sehingga kita dapat mempertahankan persahabatan kita dengan Tuhan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat megenai manfaat berdoa bagi orang agama Kristen. Semoga informasi mengenai manfaat dan keutamaan berdoa bagi umat Kristen ini bisa menjadi penambah wawasan yang baik dan meningkatkan kedewasaan rohani.

Baca:

Tinggalkan komentar