Makna Sabtu Suci

Maksud dan Tujuan Perayaan Sabtu Suci

Bersamakristus.org – Makna Sabtu Suci. Dalam agama Kristen, setiap tahunnya ada perayaan Sabtu Suci yang dirayakan pada hari-hari berbeda, namun memiliki makna yang sangat mendalam di baliknya.

Sabtu Suci dalam agama Kristen adalah hari tepat setelah Jumat Agung dan tepat sebelum Minggu Paskah. Hari Sabtu Suci merupakan hari terakhir yang terdapat dalam Pekan Suci yang dirayakan oleh orang Kristen.

Tujuan perayaan atau peringatan Sabtu Suci yaitu sebagai persiapan perayaan Paskah. Hari Sabtu Suci juga dilaksanakan untuk memperingati pada saat tubuh Tuhan Yesus Kristus dibaringkan di kubur setelah pada hari Jumat Agung mati di atas kayu salib.

Terdapat banyak sekali makna Sabtu Suci dalam agama Katolik dan Kristen. Di sini kami akan menjelaskannya kepada Anda, silahkan simak pembahasannya secara lengkap.

Makna Sabtu Suci dalam Agama Katolik

Ini dia sederet kumpulan makna Sabtu Suci dalam agama Katolik. Makna-makna ini sepatutnya dipelajari dan diteladani, sehingga perayaan hari tersebut jadi makin bermakna.

1. Yesus Bekerja pada Sabtu Suci

Pada saat Jumat Agung sudah terlewati, Minggu Paskah sedang dinantikan, Yesus bekerja di antara dua hari tersebut. Inilah yang dilakukan Dia dalam hidup kita, bekerja, dan selalu bekerja untuk kita.

2. Setia Berdoa

Pada saat kita menemukan kesulitan atau pencobaan, kita bisa berpikir dari waktu ke waktu bahwa Tuhan sudah meninggalkan kita atau Tuhan tidak lagi mau menolong kita. Tapi kita harus terus berdoa supaya Tuhan menyertai dan menguatkan kita dalam setiap cobaan.

3. Hari Merenung

Pada Sabtu Suci, kita bisa menggunakan sebagian waktunya untuk merenung dan bersyukur pada-Nya, untuk segala pekerjaan yagn sudah dilakukan Dia. Hasilnya mungkin belum bisa dilihat dan dinikmati pada masa sekarang, tapi hasil itu tengah disempurnakan sementara kita menunggu.

4. Gunakan untuk Bekerja

Selama kita menunggu hasil yang sempurna itu, kita bisa tetap bekerja dan tiadk berpangku tangan. Hal itu sama seperti Yesus yang tetap mau bekerja untuk kita. Kita tidak boleh menyerah pada cobaan yang terjadi.

Akhir Kata

Cukup sekian pembahasan dari kami mengenai makna perayaan sabtu suci. Mudah-mudahan dengan informasi di atas, bisa membuat kita semakin memaknai perayaan Sabtu Suci dengan rohani.

Baca: