Karakter Kristus

Karakteristik Kristus Menurut Pandangan Alkitab

Bersamakristus.org – Karakter Kristus. Dalam agama Kristen, umat percaya tentu saja mengenal apa itu Kristus, karena Kristus hidup dan tumbuh pada tubuh Tuhan Yesus.

Kristus merupakan kata yang berasal dari terjemahan Yunani serta kata Ibrani Masyiakh atau Mesias (Kristos dari bahasa Yunani). Arti dari kata Kristus yang dikenal yaitu “diurapi oleh Tuhan”.

Yesus disebut Kristus karena Dia merupakan sosok yang dipilih Allah menjadi Penyelamat dan Tuhan. Pada akhirnya, Kristus juga menjadi nama diri untuk Yesus dan sekarang kita mengenalnya sebagai Yesus Kristus.

Dalam kata Kristus tersebut ada banyak karakter yang bisa kita teladani, dan dicontoh untuk diaplikasikan di masa sekarang. Apa saja? Berikut ulasannya kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Arti Karakter Kristus dalam Alkitab

Langsung saja mari kita simak pembahasan lengkap arti karakter Kristus dalam Alkitab. Berikut ulasannya yang kami rangkum dari banyak sumber terpercaya, silahkan disimak.

1. Penuh Perhatian

“Ketika Yesus masuk ke Kapernaum, datanglah seorang perwira mendapatkan Dia dan memohon kepada-Nya: Tuan, hambaku terbaring di rumah karena sakit lumpuh dan ia sangat menderita. Yesus berkata kepadanya: Aku akan datang menyembuhkannya.”

Matius 8:5-7

Hati Yesus terus tergerak oleh belas kasihan, maka dari itu Dia tidak tinggal diam jika manusia mengalami kesusahan. Ayat di atas menjadi bukti Yesus sangat prihatin kepada manusia. Dia takkan membiarkan umat-Nya berlarut dalam penderitaan.

2. Hidup Miskin dan Sederhana

“Kukatakan ini bukanlah kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. Aku tahu apa itu kekurangan dan apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.”

Filipi 4:11-12

Miskin bukan sebuah dosa, bukan juga menjadi salah satu hal yang luar biasa. Melainkan menjadi tujuan hidup orang Kristen untuk meneladani Yesus. Yesus memiliki karakter yang sederhana dan mau hidup miskin, tujuannya supaya Dia bisa seperti manusia.

3. Kaya Tanpa Tamak

Karakter Kristus lainnay adalah kaya tanpa tamak, Dia memmiliki kuasa atas alam semesta, namun memilih tidak tamak akan semuanya. Dia berbagi kuasa-Nya dengan melakukan mujizat Tuhan, Allah sangat senang jika kebutuhan anak-anak-Nya terpenuhi. Bagi mereka, yang dekat dan sudah belajar, Yesus membukakan kelimpahan.

4. Berani

“Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu. Aku akan meneguhkan bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”

Yesaya 41:10

Yesus memiliki karakter pemberani, bisa dilihat pada saat Dia menjungkirbalikkan meja-meja penyamun di Bait Allah. Tindakan itu mengundang perhatian, namun Dia tegas mengatakan: “Jangan Menjadikan Rumah Bapa-Ku sebagai sarang penyamun.”

5. Penuh Pertimbangan

Allah selalu mempertimbangkan segala sesuatu sebelum mengambil keputusan. Dia memikirkan kapan waktu terbaik untuk melakukan sesuatu. Sama seperti kita, jangan terburu-buru ketika mengambil keputusan, melainkan pertimbangkan dampaknya dulu.

6. Tegas

Yesus selalu bersifat tegas khususnya ketika dihadapkan pada keputusan sulit. Ketegasan ini bisa diperoleh dengan cara belajar. Caranya dengan melakukannya dan menyerahkannya ke dalam tangan Tuhan. Ketegasan akan selalu menuntun kita pada hidup yang memiliki tujuan.

7. Berbelas Kasih

Yesus Maha Pengasih dan Penyayang, kita juga dituntut untuk mengasihi musuh-musuh kita supaya kita bisa bertumbuh dalam Kristus. Hal ini menjadi bagian tersulit dalam hitup kita jika kita masih memiliki rasa benci dan dendam.

8. Tidak Butuh Ketenaran

Diri-Nya tidak butuh sanjungan orang, Dia juga tak meminta dikenal banyak orang, tapi Dia memilih mati dalam diri sendiri. Artinya, meski kita tidak dikenal dan diacuhkan, tetaplah bergembira dan merasa layak.

9. Tahan Godaan

Ingatkah Anda ketika Yesus dicobai di padang gurun? Dia bisa menahan diri dari berbagai godaan iblis. Namun kita sulit menahan nafsu dan keinginan hati. Penyembahan berhala dan kejahatan laiannya dilakukan untuk mendapatkan harta duniawi.

10. Selalu Bersyukur

Kristus penuh syukur atas berkat yang diberikan Bapa, tapi tidak dengan manusiasa biasa. Contohnya kita selaku umat Kristiani kerap bersikap tamak dalam hidup. Bukannya hidup sederhana malah ingin kemewahan.

11. Pemaaf

“Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.”

Lukas 6:37

Karakter manusia yang ada dalam Yesus lainnya adalah pemaaf, Dia mau memaafkan siapa saja yang berbuat dosa. Tidak pandang apakah dosa itu berat atau tidak, sifat ini tampak jelas ketika Dia memaafkan dosa seluruh manusia.

12. Rendah Hati

Dia merendahkan diri-Nya sendiri supaya sama dengan manusia lainya. Kerendahan hati ini dibuktikan ketika diri-Nya dibaptis oleh Yohanes. Kita juga harus bisa demikian, walau pujian datang bertubi-tubi, jangan pernah merasa sombong.

13. Penyabar

Yesus memiliki karakter penyabar, ketika dianiaya dan diejek banyak orang. Dia tidak pernah marah, melainkan mendoakan orang itu supaya mau bertobat. Yesus terus sabar menunggu manusia di dunia ini bertobat.

14. Sanggup Dianiaya

Kita sebagai manusia juga akan menerima penganiayaan, cepat atau lamat tuduhan palsu akan dilayangkan pada kita. Tapi jangan membuka pintu kebencian, tetaplah belajar mengasihi musuh kita dan jangan lupa berdoa.

15. Tulus

Yesus juga mengasihi manusia secara ikhlas dan tulus. Tanpa meminta apapun dari manusia yang dikasihi-Nya. Ketulusan Yesus ini membawa terang dan kesempurnaan bagi kehidupan manusia. Dia adalah manusia yang menunjukkan semua hal itu bisa dilakukan.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai arti karakter kristus. Semoga dengan ini kita bisa lebih memahami mengenai karakter Kristus yang hidup dalam hati dan jiwa kita.

Baca: