Hari Besar Agama Kristen

Hari Raya Keagamaan dalam Kristen

Bersamakristus.org – Hari besar agama Kristen. Setiap agama memiliki hari besarnya masing-masing. Hari besar keagamaan dirayakan setiap tahun pada tanggal dan bulan tertentu.

Dalam agama Kristen dan Katolik, juga dikenal beberapa hari besar yang dirayakan umatnya. Contohnya saja Natal, Jumat Agung, Paskah, Kenaikan Yesus, dan Pentakosta.

Kapan saja hari raya Kristen tersebut dirayakan? Tanggal berapa? Bagaimana bentuk perayaannya? Apa makna yang ada di baliknya? Dan sejarah peringatan hari besar Kristen tersebut?

Bagi yang penasaran dengan jawaban-jawaban tersebut, kami akan menjelaskannya secara rinci kepada Anda melalui pembahasan berikut. Silahkan simak ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Daftar Hari Besar Agama Kristen

Berikut di bawah ini akan kami sampaikan kepada Anda macam-macam hari besar agama Kristen yang dirayakan. Berikut ulasannya yang kami ambil dari banyak referensi terpercaya.

1. Paskah

Paskah adalah perayaan terbesar agama Kristen, karena di sini Yesus berhasil bangkit dari maut. Sebelum peringatan Paskah, umat Kristiani akan mengikuti Tri Hari Suci lebih dulu. Ada banyak makna paskah bagi umat Kristiani, yaitu:

  • Yesus bangkit dan mengalahkan maut, pengorbanan Yesus berhasil membuat dosa manusia diampuni. Yesus berhasil memberikan kepercayaan bagi mereka yang percaya, bahwa mereka yang percaya akan mendapatkan kehidupan kekal dengan Tuhan.
  • Kehidupan baru bagi umat manusia terbukti dari makna kebangkitan Yesus. Manusia yang dulunya hilang pengharapan kini tak perlu cemas lagi, darah-Nya yang kudus berhasil membebaskan manusia dari dosa asal.
  • Kebangkitan Yesus menjadi ubkti bahwa Dia berkuasa di bumi dan surga. Sebagai manusia kita wajib memuliakan-Nya.

2. Pentakosta

Pentakosta dalam bahasa Ibrani adalah Shavout yang artinya “Minggu-minggu”. Perjanjian Lama menyebutkan Pentakosta sebagai perayaan atas pencurahan ramhat Tuhan ke dalam kehidupan mereka. Berkat hal itu diwujudnyatakan secara spiritual melalui hukum Taurat Tuhan.

Ada beberapa mana penting Pentakosta, yaitu:

Penggenapan Janji Tuhan

“Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.”

Lukas 24:49

“Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya.”

Yohanes 14:16

Peristiwa Pencurahan Berkat Tuhan

Ketika Pentakosta, berkat jasmani dan rohani akan dilimpahkan Tuhan bagi umat manusia. Berkat yang dicurahkan itu melalui roh kudus. Roh Kudus ini yang nantinya akan menyelimuti murit-muridNya dan para pengikut-Nya.

Kedahsyatan Roh Kudus bisa dilihat dari keberanian murid Yesus dalam memberitakan Injil. Mereka tidak takut kekuatan manusia, melainkan hanya takut akan Tuhan.

Peristiwa Lahirnya Gereja

Gereja adalah persekutuan orang beriman Kristen, gereja bisa ada berkat hadirnay Roh Kudus di peristiwa Pentakosta. Roh Kudus yang dicurahi Allah jadi awal sejarah gereja perdana. Jadi, gereja tidak berdiri dengan sendirinya.

3. Ekaristi

Untuk mengenal sengsara dan wafat Yesus, umat Kristiani melakukan perayaan Ekaristi atau Perjamuan Suci setiap minggunya. Perayaan ini sebagai tanda Yesus tidak lagi harid dalam wujud manusia,e malinkan Roh yang hidup.

Meski Dia pergi, namun tidak pernah benar-benar pergi dari hidup umat manusia. Dia akan selalu hadir di tengah umat Kristiani, terutama pada saat perayaan Ekaristi di gereja.

“Kemudian Ia mengambil sebuah cawan, mengucap syukur, lalu berkata: Ambillah ini dan bagikanlah di antara kamu. Sebab Aku berkata kepada kamu: mulai dari sekarang ini aku tidak akan minum lagi hasil pokok anggur sampai Kerajaan Allah telah datang. Lalu Ia mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka, kata-Nya: Inilah Tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku. Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: Cawan ini adalah Perjanjian Baru oleh Darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.”

Lukas 22:17-20

4. Kenaikan Yesus Kristus

Kenaikan Yesus Kristus adalah hari yang dirayakan setelah 40 hari peristiwa kebangkitan Yesus dari maut. Peristiwa ini disaksikan sendiri oleh murid-murid-Nya, Yesus terangkat ke surga dan tiba-tiba menghilang tertutup awan.

Sebelum terangkat ke surga, Dia berpesan kepada murid-murid-Nya untuk segera menjadi saksi Yesus dan memberitakan Injil. Khususnya bagi seluruh umat yang ada di Yerusalem, Yudea, Samaria, hingga ke ujung bumi.

Para murid Yesus sebenarnya belum mengerti apa yang dipesankan, namun dua malaikat Tuhan datang dan memperingatkan murid-murid untuk melakukan perintah Tuhan. Dari sini, murid Yesus kemudian mulai memberitakan Injil sampai ke penjuru dunia.

5. Natal

Natal berasal dari bahasa Portugis, artinya kelahiran. Natal diperingati sebagai hari lahirnya Yesus Kristus ke dunia, setiap tanggal 25 Desember. Natal juga menjadi peringatan krusial dan umat biasanya kerap memanjatkan doa syafaat Natal pada hari tersebut.

Sebelum Natal tiba, umat Kristiani akan melangsungkan beberapa kegiatan, di antaranya:

Menghias Rumah

Pohon natal, lampu natal, bel, bola-bola salju, dan boneka sinterklas menjadi aksesoris penting saat perayaan Natal serta kerap dihadirkan pada perayaan natal.

Menyiapkan Kado

Kado Natal juga menjadi simbol Natal sudah tiba. Setiap umat Kristiani melakukannya, tradisi bertukar kado saat Natal juga menjadi kebudayaan orang Amerika dan Eropa. Isinya juga beragam sesuai kemampuan ekonomi masing-masing.

Misa Malam Natal

Malam Natal dirayakan untuk menyambut kelahiran Yesus. Pada malam ini ada gua replika sebagai kandang tempat Yesus dilahrirkan. Gua itu juga akan diisi patung Yesus, Bunda Maria, Yusuf, dan para gembala, domba. Sesuai sejarahnya, pada malam Natal Santa Claus akan datang membagikan hadiah.

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan mengenai daftar hari besar kristen. Informasi yang sudah kami sampaikan semoga bermanfaat dan bisa menjadi pedoman bagi kita semua.

Baca: