Ciri-Ciri Kepemimpinan Kristen

Karakteristik Pemimpin Sejati Menurut Kristen

Bersamakristus.org – Ciri-ciri kepemimpinan Kristen. Sebagai orang Kristen, kita harus menunjukkan sikap layaknya orang Kristen. Karena kita merupakan perwujudan dari Tuhan Yesus.

Termasuk pada saat menjadi pemimpin, kita juga harus menunjukkan sikap seorang umat Kristen yang baik. Jangan sampai citra Kristen menjadi buruk akibat perbuatan kita yang salah.

Dalam memilih pemimpin pun demikian, kita harus memperhatikan cara memilih pemimpin menurut Kristen. Jangan sampai pilihan kita membuat kehidupan di masa depan menjadi suram atau bahkan hancur.

Ciri-ciri kepemimpinan sejati menurut agama Kristen perlu kita perhatikan. Apa saja yang menunjukkan seseorang memiliki jiwa kepemimpinan layaknya karakter Kristen sejati? Berikut ulasannya.

Ciri-ciri Kepemimpinan Sejati Menurut Kristen

Tanpa banyak basa basi kembali, mari langsung saja kita simak pembahasan mengenai ciri-ciri kepemimpinan Kristen sejati. Simak ulasannya yang kami sadur dari banyak referensi terpercaya.

1. Dilakukan untuk Pelayanan

Kepemimpinan Kristen sama seperti kepemimpinan pada umumnya, yaitu merupakan proses terencana dan dinamis di mana seorang peimpin mempengaruhi pengikut atau bawahannya. Tapi kepemimpinan Kristen dilakukan dalam konteks pelayanan.

Artinya, sebuah tugas pelayanan sebagai pemimpin, bukan jabatan maupun posiis. Suatu faktor situasi yang berkenaan dengan unsur waktu, situasi, serta tempat secara khusus. Konteks pelayanan di sini yaitu memberikan konteks hidup berbeda yang memberi nilai lebih dalam kepemimpinan.

2. Merupakan Anugerah

Pemimpin dalam kepemimpinan kristen merupakan orang yang sudah Allah panggil untuk memimpin umat-Nya. Ini merupakan anugerah tinggi untuk dipanggil menjadi pelayan-Nya, serta diberikan karunia untuk menjadi pemimpin yang bijaksana.

3. Bertanggung Jawab

Ciri-ciri kepemimpinan Kristen berikutnya yaitu memiliki tanggung jawab integral, maksudnya yaitu sebagai orang pilihan allah, pemimpin memiliki kewajiban untuk terlibat dalam pelayanannya. Pasalnya, individu diberi anugerah tersendiri, kepercayaan tersendiri oleh Allah untuk meyalani Tuhan dengan caranya sendiri.

4. Tujuan Allah Menjadi Dasar

Tujuan Allah menjadi dasar utama dalam kepemimpinan Kristen. Di atas tujuan Allah ini, tujuan gereja-Nya dibangun, menjelaskan alasan dibanggunnya gereja. Hal tersebut juga berlaku pada organisasi Kekristenan lainnya.

5. Kerajaan Allah adalah Tujuan

Kerajaan Allah dalam kepmimpinan Kristen menjadi tujuan dibangun dan dijalankannya gereja. Kerajaan Allah juga menjadi tujuan hidup anggota gereja yang kebanyakan merupakan umat Allah.

6. Memiliki Pemimpin Berkapasitas

Seorang pemimpin yang baik memiliki ciri-ciri berkharisma, pandangan ke dpean, daya persuasi tinggi, dan intensitas tinggi. Pemimpin dalam kehidupan Kristen juga harus memiliki karakter Kristen sejati, seperti jujur, menjaga kesucian, pendirian kokoh, disiplin, berani, rendah hati, kerja keras, rela berkorban, dan berhikmat.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai ciri-ciri kepemimpinan menurut kristen. Semoga kita bisa menjadi pemimpin yang baik, dalam keluarga, rumah tangga, organisasi, atau negara.

Baca: