Ayat Alkitab Tentang Pernikahan Kristen

Firman Tuhan Mengenai Menikah dalam Kristen

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab tentang pernikahan Kristen. Setiap orang tentu akan bertemu dengan jodohnya suatu saat, bisa secara langsung atau aplikasi jodoh katolik.

Dan tujuan pertemuan dengan jodoh atau pasangan hidup tersebut pada akhirnya adalah pernikahan. Menikah untuk membangun rumah tangga maupun keluarga yang harmonis.

Namun untuk mencapai tujuan tersebut bukanlah hal yang mudah. Sebab kadang di masa sekarang banyak yang menikah tidak atas didasarkan kepada keinginan mendekatkan diri dengan Tuhan, namun hanya dilatarbelakangi cinta saja.

Padahal menyertakan Tuhan dalam setiap urusan kehidupan merupakan hal yang penting dilakukan oleh umat Kristiani. Termasuk dalam urusan pernikahan, sehingga kegiatan perkawinan dan rumah tangga seterusnya bisa berjalan dengan lancar.

Hal tersebut telah banyak dijelaskan dalam ayat Alkitab atau firman Tuhan tentang pernikahan Kristen. Bagi yang belum tahu, di sini kami akan mejelaskan ayat-ayat tersebut.

Daftar Ayat Alkitab Tentang Pernikahan Agama Kristen

Langsung saja, berikut adalah beberapa ulasan mengenai ayat Alkitab tentang pernikahan Kristen, cinta, beda agama, singkat, memotivasi, menginspirasi, menyejukkan, dan membuat kehidupan rumah tangga bahagia.

1. Memilih Pasangan dalam Kristen

“Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

1 Korintus 6:19-20

“Kusumpahi kamu, puteri-puteri Yerusalem, demi kijang-kijang atau demi rusa-rusa betina di padang: jangan kamu membangkitkan dan menggerakkan cinta sebelum diingininya!”

Kidung Agung 2:7

“Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?”

2 Korintus 6:14

“TUHAN Allah berfirman: ‘Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.’”

Kejadian 2:18

“Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi percabulan, supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isterimu sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan, bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang dibuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Allah.”

1 Tesalonika 4:3-5

“Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada hawa nafsu yang memalukan, sebab isteri-isteri mereka menggantikan persetubuhan yang wajar dengan yang tak wajar. Demikian juga suami-suami meninggalkan persetubuhan yang wajar dengan isteri mereka dan menyala-nyala dalam berahi mereka seorang terhadap yang lain, sehingga mereka melakukan kemesuman, laki-laki dengan laki-laki, dan karena itu mereka menerima dalam diri mereka balasan yang setimpal untuk kesesatan mereka.”

Roma 1:26-27

“Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.”

Kejadian 2:24

“Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: ‘Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.’”

Kejadian 1:28

“Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.”

Korintus 11:3

“Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.”

Matius 19:5-6

2. Perkawinan yang Baik

“Pernikahan merupakan sesuatu yang baik dan berkenan di mata Tuhan.”

Amsal 18:22

“Setiap orang hanya memiliki seorang pasangan sehingga poligami tidaklah diperbolehkan.”

1 Korintus 7:2

“Pasangan seharusnya beribadah kepada Allah yang sama.”

Yosua 24:15

“Suami menjadi kepala bagi seorang isteri.”

Efesus 5:22-23

“Menasehati para suami untuk tetap menghormati isterinya.”

1 Petrus 3:7

“Suami harus mengasihi isterinya dan isteri harus menghormati suaminya.”

Efesus 5:33

“Pasangan memenuhi kewajiban dalam kehidupan pernikahan baik sebagai suami maupun sebagai isteri.”

1 Korintus 7:3

“Seseorang harus memenuhi kebutuhan pasangannya.”

1 Timotius 5:8

“Setiap pasangan untuk memakai kasih sebagai landasan kehidupan pernikahan mereka.”

Kolose 3:14

“Allah membenci perceraian.”

Maleakhi 2:14-16

Kumpulan Ayat Alkitab Lainnya

Kami juga memiliki beberapa daftar kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan lainnya mengenai perkawinan dalam agama Kristen. Simak selengkapnya di pembahasan berikut.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat megenai ayat emas Alkitab tentang pernikahan kristen. Semoga ayat-ayat tersebut bisa memberi kita motivasi dan petunjuk untuk melaksanakan pernikahan Kristen yang menyertakan Tuhan di dalamnya.

Baca: