Ayat Alkitab Tentang Merendahkan Diri

Ayat Firman Tuhan Tentang Rendah Diri

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab tentang merendahkan diri. Ketika bersosialisasi dengan orang lain, umat Kristiani tidak boleh bersikap tinggi hati alias sombong.

Justru sebaliknya, kita harus bersikap merendahkan diri atau rendah hati. Menganggap derajat orang lain lebih tinggi dari kita, supaya kita bisa menjadi sopan kepadanya dan tidak berbuat seenaknya.

Seperti dijelaskan dalam ayat Alkitab tentang sombong, sikap tinggi hati itu memiliki banyak sekali dampak buruk bagi kehidupan orang percaya. Tidak hanya merugikan diri sendiri melainkan juga orang lain.

Demikian pulsa soal merendahkan diri, ada banyak ayat Alkitab yang menjelaskan tentang manfaat merendahkan diri. Apa saja? Langsung saja simak pemahasan berikut ini.

Ayat Emas Alkitab Tentang Merendahkan Diri

Tanpa banyak basa basi lagi, mari kita simak pembahasan lengkap mengenai kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang merendahkan diri. Berikut pembahasan dan ulasannya untuk Anda.

1. Firman Tuhan Tentang Merendahkan Diri

Bersorak-soraklah dengan nyaring, hai puteri Sion, bersorak-sorailah, hai puteri Yerusalem! Lihat, rajamu datang kepadamu; ia adil dan jaya. Ia lemah lembut dan mengendarai seekor keledai, seekor keledai beban yang muda.

Zakharia 9:9

Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.

Yohanes 3:30

Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamu pun wajib saling membasuh kakimu

Yohanes 13:14

Celakalah orang yang berbantah dengan Pembentuknya; dia tidak lain dari beling periuk saja! Adakah tanah liat berkata kepada pembentuknya: ”Apakah yang kaubuat?” atau yang telah dibuatnya: ”Engkau tidak punya tangan!”

Yesaya 45:9

Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu.

Yakobus 4:10

Siapakah di antara kamu yang bijak dan berbudi? Baiklah ia dengan cara hidup yang baik menyatakan perbuatannya oleh hikmat yang lahir dari kelemahlembutan.

Yakobus 3:13

Baiklah saudara yang berada dalam keadaan yang rendah bermegah karena kedudukannya yang tinggi, dan orang kaya karena kedudukannya yang rendah sebab ia akan lenyap seperti bunga rumput.

Yakobus 1:9-10

Karena ada tertulis: ”Demi Aku hidup, demikianlah firman Tuhan, semua orang akan bertekuk lutut di hadapan-Ku dan semua orang akan memuliakan Allah.”

Roma 14:11

”Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?”

Mikha 6:8

Masuklah, marilah kita sujud menyembah, berlutut di hadapan TUHAN yang menjadikan kita.

Mazmur 95:6

Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan.

Mazmur 8:4

TUHAN itu baik dan benar; sebab itu Ia menunjukkan jalan kepada orang yang sesat. Ia membimbing orang-orang yang rendah hati menurut hukum, dan Ia mengajarkan jalan-Nya kepada orang-orang yang rendah hati.

Mazmur 25:8-9

Sebab TUHAN berkenan kepada umat-Nya, Ia memahkotai orang-orang yang rendah hati dengan keselamatan.

Mazmur 149:4

2. Firman Tuhan Tentang Rendah Diri

Bukan kepada kami, ya TUHAN, bukan kepada kami, tetapi kepada nama-Mulah beri kemuliaan, oleh karena kasih-Mu, oleh karena setia-Mu!

Mazmur 115:1

Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

Matius 6:9-10

Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Matius 6:2

”Dan apabila kamu berpuasa, janganlah muram mukamu seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Matius 6:16

Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu.

Matius 20:26-27

Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan.”

Matius 11:29-30

Lalu Yesus duduk dan memanggil kedua belas murid itu. Kata-Nya kepada mereka: ”Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya.”

Markus 9:35

Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

Markus 10:45

Dan berkata kepada mereka: ”Barangsiapa menyambut anak ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku; dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia, yang mengutus Aku. Karena yang terkecil di antara kamu sekalian, dialah yang terbesar.”

Lukas 9:48

Hai isteri-isteri, tunduklah kepada suamimu, sebagaimana seharusnya di dalam Tuhan. Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.

Kolose 3:18-19

Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran.

Kolose 3:12

Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih.

Galatia 5:13

Kumpulan Ayat Alkitab Lainnya

Kami juga masih punya sejumlah ayat emas Alkitab lainnya yang membahas hal-hal menarik dan inspiratif. Anda dapat melihat renungannya pada pembahasan berikut ini.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu pembahasan dari kami mengenai ayat emas alkitab tentang merendahkan diri. Semoga ulasan yang telah kami bahas bisa membuat kita lebih bisa merendahkan diri dibanding menunjukkan kesombongan.

Baca: